Tips Meningkatkan Rank dengan Cepat hingga Electrum

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-featured

Salah satu hal yang paling seru dalam memainkan game-game MOBA adalah tingkat kompetisinya yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan banyak game-game MOBA diklasifikasikan sebagai eSports. Begitu pula di game Heroes Evolved. Seperti design game MOBA pada umumnya, Heroes Evolved juga menunjukkan tingkat kompetitif game-nya dengan menghadirkan ranked match (pertandingan bertingkat). 

Rank yang ada di Heroes Evolved dimulai dari Novice > Bronze > Silver > Gold > Diamond > Electrum > Palladium. Tentu saja, semakin tinggi rank-mu akan semakin sulit lawan-lawan yang kamu hadapi dan membuat meningkatkan rank (atau sering disebut push rank) menjadi semakin sulit. Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami kesulitan meningkatkan rank, cobalah baca tips tentang cara menaikkan rank di Heroes Evolved berikut ini!

Pengantar

Meningkatkan rank di Heroes Evolved secara cepat sangat bergantung pada tingkatan rank-mu sekarang dan gaya bermain yang kamu miliki. Bermain pada tingkat rank yang lebih tinggi tentu memerlukan pemahaman mengenai hal-hal yang lebih dalam. Oleh sebab itu, tips meningkatkan rank ini akan dibagi menjadi 2 kategori: sebelum mencapai Gold (Novice - Silver) dan setelah mencapai Gold (Gold - Electrum).

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-1

Selain kedua jenis tips tersebut, juga akan ada tips tambahan yang dapat kamu ikuti apapun tingkat rank-mu.Kamu dapat membaca tips ini sesuai dengan rank-mu saat ini. Jika kamu belum mencapai rank Gold, mulailah di sini. Namun jika kamu sedang mengalami kesulitan di rank Gold atau lebih, mulailah di sini.

catatan: guide ini hanya sampai tingkat rank Electrum karena penulis pun baru pernah mencapai Rank Electrum III pada season 4.

Meningkatkan Rank hingga Gold

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-2

Untuk menaikkan rank-mu hingga Gold tentunya lebih mudah dibandingkan saat kamu sudah mencapai rank Gold. Tantangan terberat adalah jika kamu baru mulai bermain dan belum begitu mengerti Heroes Evolved. Meski tidak, mungkin juga rekan satu tim-mu lah yang merupakan pemain baru (meski besar juga kemungkinan kamu menemukan lawan baru pula). Pada dasarnya, saat kamu terbiasa dengan mekanisme dan hero-hero dalam Heroes Evolved, meningkatkan rank hingga Gold seharusnya tidak menjadi masalah berat.

Berikut beberapa tips khusus untuk meningkatkan rank-mu di Heroes Evolved hingga Gold.

Berlatih Satu Hero

Meski terdengar sangat sederhana, berlatih menggunakan hero merupakan langkah paling mudah yang dapat kamu lakukan jika ingin melakukan push rank di Heroes Evolved. Latihan menggunakan hero di match biasa akan membuatmu lebih mengerti bukan hanya skill-skill hero-mu, namun juga skill hero yang digunakan teman dan lawan mainmu.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-3

Saat berlatih di match biasa, jangan terpaku pada menang kalahnya pertandingan, namun cobalah fokus terhadap skill-skill hero dan coba formulasikan build item yang kira-kira cocok. Kamu juga dapat melihat rekomendasi build item GCube setiap hero di sini.

Pada awalnya, pilihlah satu hero untuk dikuasai. Kamu dapat memilih hero yang menarik perhatianmu agar lebih bersemangat dalam memainkannya. Meskipun satu hero mungkin cukup, namun sebaiknya kamu mempelajari satu hero untuk setiap role yang ada.

Dapat menggunakan setiap role akan membuat pushing rank lebih mudah karena dengan begitu kamu dapat dengan mudah menyeimbangkan pilihan hero dalam tim-mu (terutama di rank-rank rendah dimana banyak pemain kurang memerhatikan keseimbangan tim). Kamu dapat melihat rekomendasi hero terbaik untuk pemula di sini.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-4

Gunakan hero yang telah kamu tentukan lagi dan lagi di match biasa hingga kamu benar-benar menguasainya. Jika kamu merasa sudah cukup mudah menang di match menggunakan hero tersebut, itu menandakan kamu sudah mahir. Setelah berhasil menguasai satu hero, baru kamu boleh berlatih menggunakan hero dengan role yang berbeda. Namun jika kamu belum menguasai satu pun hero dan bingung dalam menentukan, bacalah tips berikutnya.

Kenali Hero-Hero Populer Saat Ini

Heroes Evolved menyediakan data statistik hero terpopuler yang digunakan para pemainnya. Data ini dapat menjadi sangat berguna untuk menigkatkan rank-mu. Kamu dapat melihat data ini melalui Leaderboards Popular di aplikasi Heroes Evolved. Sebagai alternatif, kamu juga dapat melihat 10 besar hero terpopuler di sini.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-5

Setelah mengetahui data hero-hero terpopuler, maka langkah selanjutnya adalah meneliti apakah hero tersebut populer secara benar atau salah. Hero populer yang benar adalah hero yang sulit ditandingi. Sedangkan hero populer yang salah adalah hero yang sebenarnya mudah untuk di-counter, namun populer karena alasan-alasan lain (seperti mudah dimainkan).

Kita dapat melihat contohnya di daftar hero terpopuler sekarang. Jika dirumuskan, hero terpopuler saat ini adalah E-stein dan posisi atas lainnya kebanyakan diduduki hero marksman (hitter ranged seperti Solus, Minerva, Freya, dll).

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-6

Secara singkat, E-stein tergolong hero populer yang benar karena memang cenderung sulit dikalahkan, terlebih jika menggunakan build yang tepat. Meski bukan mustahil, hero-hero yang dapat menjadi counter bagi E-stein belum banyak diketahui karena E-stein merupakan hero baru.

Di sisi lain, hero-hero populer lainnya, terutama Solus dan Minerva, masuk golongan hero yang salahIni karena kebanyakan pemain memilih mereka atas dasar mudah dimainkan (walaupun terkadang ada juga yang mahir menggunakan mereka). Namun pada dasarnya hero-hero marksman dapat dengan mudah di-counter dengan hero nuker dengan mobilitas tinggi (seperti Mikio dan Estrath).

Jadi jika kamu masih kebingungan harus melatih hero apa agar dapat meningkatkan rank-mu, cobalah pahami E-stein dan Mikio (atau Estrath) lalu lihat seberapa mudahnya mengalahkan Solus atau Minerva. Saat kamu sudah mahir menggunakan suatu hero, lanjutkan ke tips berikutnya.

Gunakan Hero yang Dikuasai di Match Ranked

heroes-evolved-guide-e-stein-records

Saat kamu sudah menguasai betul suatu hero, jangan ragu untuk menggunakannya berulang-ulang saat bermain ranked. Meski bisa jadi perdebatan antar anggota tim di awal game karena tim kurang seimbang, kamu tidak usah terlalu memerdulikannya. Menggunakan hero yang kamu kuasai akan menaikkan kesempatan menangmu di match ranked dibanding tim yang seimbang tapi memakai hero yang tidak kamu kenal.

Di sisi lain, kamu juga harus rasional dan tidak boleh mengabaikan keseimbangan tim seutuhnya. Jika misalkan tim-mu beranggota 5 hero marksman atau 5 hero mage dan tidak ada seorang pun yang terlihat akan mengalah, kamu harus berbesar hati dan mengalah demi kemenangan.

Meningkatkan Rank Setelah Mencapai Gold

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-aftergoldSaat kamu telah berhasil mencapai rank Gold, maka keseruan sebenarnya dari bermain Heroes Evolved baru saja dimulai. Baik di rank Gold, Diamond maupun Electrum (terlebih lagi jika sudah Palladium), lawan ataupun teman yang kamu temui akan semakin piawai dalam memainkan hero-hero yang ada. Inilah salah satu sebab menaikkan rank-mu di rank-rank ini akan terasa semakin sulit. Namun, mengingkatkan kemampuan bermainmu untuk mengatasi kesulitan inilah yang dapat membuatmu ketagihan memainkan game MOBA satu ini.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar dapat mengingkatkan rank-mu saat berada di rank Gold atau lebih.

Buka dan Pelajari Banyak Hero

Meski mungkin cukup membawamu hingga rank Gold, hanya menguasai hero favoritmu tidak lagi cukup di sini. Jika kamu memiliki kesulitan untuk menang di pertandingan rank Gold, maka mungkin ada baiknya kamu berhenti memainkan match ranked untuk sekarang. Karena ini mungkin saat yang tepat untuk membuka dan mempelajari hero-hero lain.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-9

Tentunya, menguasai banyak hero akan meningkatkan peluangmu untuk menang di match ranked. Namun hal yang paling memakan waktu untuk melakukan ini (terutama bagi pemain free) adalah mengumpulkan Gold untuk membeli hero. Oleh karena itu, ada baiknya untuk sementara waktu kamu berhenti memainkan match ranked dan berlatih hero-hero baru di match biasa sembari mengumpulkan Gold.

Kamu dapat menggunakan kartu kontrak atau memilih hero-hero dalam rotasi gratis untuk mempelajari hero di match biasa. Dengan begitu, kamu dapat mencoba hero sekaligus mengumpulkan Gold. Jangan ragu untuk menggunakan item Gold x2 saat bermain. Selain itu, terus ikuti event-event yang diadakan Heroes Evolved karena mendapatkah hadiah seperti Gold atau Hero Shard akan memudahkanmu.

Pelajari Kombinasi Hero

Satu lagi keseruan dalam bermain game MOBA seperti Heroes Evolved adalah pilihan hero-nya yang beragam. Skill yang dimiliki masing-masing hero dapat dengan mudah menjadi penangkal hero lainnya, atau menjadi kombinasi mematikan dengan skill milik hero lain. Dengan mengetahui jenis-jenis kombinasi hero yang ada, kamu akan dapat lebih baik dalam memilih hero yang cocok setiap pertandingannya.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-10

Jenis kombinasi hero dalam guide ini akan dibagi menjadi 2: hero counter dan hero partner.  Hero counter adalah hero dengan susunan skill yang secara otomatis menjadi penangkal dan/atau sangat baik dalam melawan hero tertentu. Sedangkan hero partner adalah hero dengan skill yang sangat baik jika dipasangkan dengan hero tertentu. Kamu dapat melihat daftar kombinasi setiap hero di Heroes Evolved menurut GCube di sini.

(catatan: Jika kamu memiliki saran mengenai kombinasi hero dari hero tertentu, beritahu kami di kolom komentar di bawah. Kamu juga dapat meng-kontribusikan build hero-mu di GCube.)

Sebelum membahas lebih dalam mengenai kombinasi hero, kamu harus tahu bahwa dalam ranked match terdapat 2 mode permainan. Mode biasa di mana kamu bermain sama seperti di pertandingan normal (Altar of Strife) dan mode draft di mana kamu melakukan ban hero. Baca aturan selengkapnya di sini. Mode draft akan otomatis dilakukan jika tim-mu dianggap sudah memiliki skill bermain yang cukup tinggi (cara penentuan tidak dijelaskan). Ini hanya berlaku untuk rank Gold ke atas.

Jika kamu baru memulai bermain di rank tinggi dan belum pernah menemukan mode draft, maka sebaiknya kamu fokus mempelajari berbagai kombinasi hero partner. Ini karena dalam mode biasa ranked match kamu hanya dapat melihat pilihan hero temanmu pada saat memilih hero. Dengan mengetahui kombinasi hero partner dari hero-hero anggota tim-mu, maka kemungkinan menangmu pasti akan bertambah. Tentunya, ini berarti kamu juga harus melakukan banyak latihan menggunakan lebih banyak hero.

heroes-evolved-ranked-match-draft

Namun jika saat memainkan match ranked kamu mulai menemukan mode draft, maka kamu harus mulai mempertimbangkan kombinasi hero-hero counter. Ini akan sangat berguna di mode draft karena kamu dapat melihat pilihan hero lawan. Dengan begitu, mengetahui counter-counter dari hero lawan akan membuatmu lebih mudah dalam memenangkan pertandingan dan menaikkan rank-mu.

Siapkan Berbagai Build Item untuk Berbagai Situasi

Heroes Evolved memiliki fitur yang membiarkanmu menyimpan hingga 3 susunan build item untuk satu hero. Jika ingin meningkatkan rank-mu secara cepat, maka sebaiknya kamu menggunakan fitur ini sebaik mungkin. Dalam tingkat rank tinggi, kamu akan lebih sulit menang jika hanya mengandalkan build item yang sama pada situasi yang berbeda.

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-13

Seperti yang telah dibahas di poin sebelumnya, tiap hero memiliki hero counter-nya masing-masing. Akan lebih sulit memenangkan pertandingan saat bertemu lawan dengan hero counter dari hero pilihanmu. Di situasi-situasi seperti ini, terkadang kita harus menyesuaikan build item yang digunakan hero agar dapat mengatasi hero lawan tersebut.

Ada pula item-item yang memiliki efek yang dapat langsung menjadi penangkal bagi hero-hero tertentu. Beberapa di antarnya adalah:

  • Mana Slicer (Pedang Ignios) untuk melawan Zhang Fei
  • Accursed Eye (Mata Pengusir Setan) untuk melawan hero mage disabler seperti PandoraYukiCrystal, dan lain-lain.
  • Pharoah's Shroud (Kain Kafan Firaun) untuk melawan skill Ultimate E-stein.

Tips dan Trik Tambahan

Selain hal-hal khusus di atas yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rank-mu, ada pula beberapa hal umum sederhana yang dapat meningkatkan kemungkinan menangmu. Berikut beberapa tips dan trik tambahan untuk memperbesar kesempatanmu untuk meningkatkan rank di Heroes Evolved:

Bermain dalam Party

Bermain bersama orang yang dikenal akan menjadikan game sedikit lebih mudah. Setiap anggota party seharusnya telah memiliki peran masing-masing sehingga tim akan lebih mudah seimbang. Selain itu, komunikasi tentunya jauh lebih mudah dengan anggota party yang dikenal. Ini dapat memudahkan tim dalam menggunakan hero-hero yang cocok menjadi hero partner satu sama lain.

Komunikasi dengan Anggota Tim

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-15

Namun jika kamu tidak memiliki party, menyesuaikan dirimu dengan pemain lain akan sedikit lebih sulit. Kamu dapat melakukan ini dengan mencoba berkomunikasi dengan seluruh anggota tim. Diskusikan mengenai pilihan hero yang akan dipilih agar susunan tim dapat seimbang. Beritahukan jika akan melakukan gank atau jika hero lawan menghilang dari lane-mu. Game MOBA seperti Heroes Evolved adalah permainan tim maka komunikasi merupakan hal yang sangat penting.

Perhatikan Minimap dan Pelajari Warding

warding-map-clear

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam memainkan MOBA manapun. Minimap akan memberikanmu informasi tentang pergerakan lawan dan teman satu tim. Dengan terus memerhatikan minimap, kamu akan lebih sadar saat lawan atau teman ingin melakukan gank sehingga kamu dapat merespons tepat waktu. Selain itu, warding juga akan sangat membantu membuka vision dalam minimap sehingga informasi lebih jelas. Kamu dapat membaca mengenai warding yang baik di sini.

Tidak Pernah Berhenti Belajar

Game MOBA seperti Heroes Evolved pada umumnya memiliki struktur mekanisme yang kompleks. Oleh sebab itu, tidak peduli sudah sehebat apa kamu sekarang, pasti masih ada hal baru yang bisa kamu pelajari. Cara terbaik mempelajari game MOBA seperti Heroes Evolved adalah dengan melihat game-game yang dimainkan oleh pemain yang lebih baik. Kamu dapat menyimpan replay game di mana kamu bertemu dengan pemain yang lebih baik untuk ditonton nanti. Atau kamu juga dapat mencari video-video mengenai pertandingan pro Heroes Evolved.

Istirahat

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-18

Tips terakhir agar dapat meningkatkan rank-mu dengan cepat adalah... beristirahat. Bermain Heroes Evolved terkadang bisa membuat ketagihan, terutama jika sedang dalam kemenangan beruntun. Namun jangan sampai kamu lupa beristirahat. Jika sudah merasa sedikit lelah atau kurang fokus, berhentilah bermain sejenak dan beristirahatlah. Bermain dalam kondisi fit pasti akan membuat proses meningkatkan rank lebih mudah.

Penutup

heroes-evolved-guide-meningkatkan-rank-featured

Demikianlah tips dan trik cara bermain Heroes Evolved untuk meningkatkan rank-mu di Heroes Evolved hingga Electrum. Bermain secara kompetitif di Heroes Evolved memang sangat seru, terutama saat kita sadar kita telah dapat bermain lebih baik dari sebelumnya. Namun jangan sampai kita lupa waktu saat bermain sehingga tugas-tugas lainnya terbengkalai. Juga jangat terlalu serius sehingga termakan emosi saat kalah. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk bersenang-senang dalam setiap pertadingan yang kamu lakukan di Heroes Evolved!

See you in matches!