Support Freya?!! Build Ini Cuma untuk Dipakai Para Pecinta Freya Sejati!

heroes-evolved-freya-support-featured

Sebelumnya, kami telah membahas mengapa Freya adalah hero yang overrated. Namun, ini bukan berarti Freya adalah hero yang lemah. Hanya saja, banyak orang yang memainkan hero ini secara monoton, dengan menggunakan build dan memainkan Freya sebagai hitter biasa.

Guide ini akan berusaha menelurusi satu build untuk Freya yang unik dan tidak lazim, yaitu Freya sebagai hero support. Salah satu kelebihan yang dimiliki Freya terletak pada skill 2 miliknya. Selain jaraknya jauh, cooldown skill ini juga sangat sebentar dan sangat cocok untuk di-spam. Build ini akan memaksimalkan fungsi dari skill 2 sehingga Freya dapat membantu dalam pertarungan dari tempat aman di kejauhan.

Ide Build

heroes-evolved-freya-support-ide

Ide di balik build ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu bagaimana memanfaatkan skill 2 Freya semaksmal mungkin. Salah satu kekurangan paling fatal milik Freya adalah betapa mudahnya hero ini dibunuh, dikarenakan health-nya yang tipis serta mobilitas kaburnya yang rendah. Maka dari itulah cara terbaik bagi Freya untuk dapat bertahan hidup sambil tetap berguna bagi tim adalah dengan bertahan di barisan belakang sambil melemparkan tombak miliknya untuk memberi damage dari kejauhan.

Cara paling baik mencapai ini adalah dengan memaksimalkan skill 2. Untuk melakukannya, build ini akan fokus terhadap 2 hal: pengurangan cooldown dan penambahan damage skill. Selain itu, Freya juga akan memiliki item-item support yang akan digunakan baik untuk membantu tim dalam kesulitan maupun memperkuat tim secara keseluruhan.

Build Item Freya Support

Support Freya
Rekomendasi Build Item
Boots-2-Mana-Boots Durable-3-Berserk-Locket Physical-5-Death-Claw
Mana Boots
(Sepatu Magis)
Berserk Locket
(Jantung Gargoyle)
Death Claw
(Cakar Dewa Kematian)
1500 3000 5500
Physical-5-Shattering-Spike Physical-5-Corrosive-Cleaver Durable-5-King's-Armor
Shattering Spike
(Tombak Peluluh Lantak)
Corrosive Cleaver
(Duri Neraka)
King's Armor
(Armor Kaisar)
5100 5300 5250
  • Mana Boots (Sepatu Mana)
    Sangat penting karena build ini mengharuskan Freya menggunakan skill 2 lagi dan lagi. Tanpa sepatu ini, jumlah mana Freya tidak akan cukup. Selain itu, Mana Boots juga bisa ditingkatkan menjadi Mercy Guards yang sangat berguna untuk memberikan support untuk tim.
    (catatan) Kamu dapat meningkatkannya setelah mendapatkan item ke-3: Death Claw.
  • Berserker’s Locket (Jantung Gargoyle)
    Berguna sekali karena pengurangan cooldown 15% dan harga yang murah. Item ini juga dapat menambahkan kecepatan bergerak agar Freya bisa kabur atau lebih cepat dalam melakukan gank. Item ini juga bagus untuk support terutama jika digunakan di dekat hero ranged lainnya sehingga kecepatan serangan mereka bertambah.
  • Death Claw (Cakar Dewa Kematian)
    Item ini akan membuat skill 2 Freya menjadi lebih sakit karena efek pasifnya. Juga tidak kalah penting adalah pengurangan cooldown milikinya sebesar 15%.
  • Shattering Spike (Tombak Peluluh Lantak)
    Memiliki efek yang hampir mirip dengan Death Claw, item ini akan membuat skill 2 milik Freya menjadi lebih sakit.
  • Corrosive Cleaver (Duri Neraka)
    Digunakan untuk efek 10% pengurangan cooldown agar mencapai nilai maksimum (40%). Di tingkat 40%, cooldown dari skill 2 milik Freya akan berada di waktu kurang dari 4 detik. Namun jika kamu memiliki jewel yang mumpuni untuk menutupi 10% ini, kamu bisa langsung beralih ke item selanjutnya.
  • King’s Armor (Armor Kaisar)
    Penambahan kecepatan serangan dari efek item ini akan membantu hero-hero yang berada di sekitar Freya (terutama hero ranged).

Memainkan Support Freya

Peningkatan Skill

Lv
1 - 5
hero-freya-skill2 hero-freya-skill4 hero-freya-skill1 hero-freya-skill3 hero-freya-skill2
Skill 2 Skill 4 Skill 1 Skill 3 Skill 2
Lv
6 - 10
hero-freya-skill2 hero-freya-skill4 hero-freya-skill3 hero-freya-skill2 hero-freya-skill4
Skill 2 Skill 4 Skill 3 Skill 2 Skill 4
Lv
11 - 15
hero-freya-skill4 hero-freya-skill3 hero-freya-skill1 hero-freya-skill1 hero-freya-skill1
Skill 4 Skill 3 Skill 1 Skill 1 Skill 1

Fokus pada peningkatan skill 2 untuk damage yang lebih mematikan. Jika merasa akan jarang menggunakan skill Ultimate, kamu bahkan boleh melompati pengambilan skill Ultimate untuk meningkatkan skill 2.

Selain skill 2, skill 4 juga tidak kalah penting untuk meningkatkan damage serangan biasa. Saat skill 2 sudah ditingkatkan 3 kali, kamu boleh meningkatkan skill 4 sekali lagi (menjadi tingkat 2) sebelum memaksimalkan skill 2. Kemudian penuhi skill 4, baru terakhir adalah skill 1.

Cara Bermain

Gunakan skill 2 secara agresif sejak awal permainan. Kamu tidak perlu khawatir tentang menyimpan mana karena Mana Boots akan menutupi kekurangan mana-mu. Pastikan kamu berhasil melakukan harassing terhadap hero lawan dan mengganggu proses farming mereka.

Saat sudah memiliki skil lengkap, kamu dapat sesekali melakukan gank ke lane lain. Gunakan skill 2 dari kejauhan untuk memulai gank. Kamu juga dapat menggunakan Ultimate agar lawan terkena slow. Namun pastikan situasi gank aman dan hero temanmu lebih banyak dan menguntungkan dibanding hero lawan yang sedang di-gank.

heroes-evolved-freya-support-gameplay

Hal yang paling penting dari cara memainkan support Freya, adalah saat pertarungan tim. Saat pertarungan tim berlangsung, pastikan posisi Freya berada jauh di belakang dan di luar jangkauan hero assassin atau mage lawan. Saat hero lawan sudah bertempur melawan hero tank dan hero melee lainnya dari tim-mu, gunakan skill 2 sesering mungkin dari kejauhan untuk memberikan damage kepada hero lawan. Gunakan Ultimate hanya untuk memberi slow pada hero lawan yang kabur dan bukan untuk memberi damage. Jika hero lawan sudah banyak menggunakan skill, kamu boleh mendekat dan memberikan serangan biasa (damage dari skill 4 akan lumayan sakit) dengan tetap memperhatikan jarak.

Hal yang Harus Diperhatikan

Build support Freya adalah build yang sangat bergantung situasi. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan build ini dengan maksimal.

  • Pastikan ada  hero melee dalam tim yang berpartisipasi dalam pertarungan tim.
    Hero melee akan dapat menarik perhatian lawan dalam pertarungan tim. Jika bertarung hanya dengan hero ranged, hero lawan akan lebih tersebar dan sulit bagi Freya untuk menjaga jarak aman
  • Pastikan Freya bukan satu-satunya hero marksman.
    Tentunya, Freya sebagai support berarti tim kamu masih membutuhkan hero marksman yang tulen. Jika Freya sendirian dan dimainkan sebagai support, maka akan sulit untuk bertahan di babak akhir permainan.
  • Komunikasikan sebelumnya dengan anggota tim.
    Jangan sampai tim memilih hero support lain sehingga Freya tidak bisa dimainkan seperti ini.
  • Harus fleksibel!
    Selalu ingat bahwa Freya juga bisa dimainkan sebagai carry dan ganker. Siapkan build ini dan atur gaya mainmu sesuai situasi pemilihan hero.

Kesimpulan

Setelah di-nerf, kapasitas Freya sebagai hero carry menurun drastis, membuatnya tidak lagi menjadi hero ranged terkuat di Heroes Evolved. Namun, bermain MOBA bukanlah tentang satu hero dan satu build saja. Salah satu hal yang seru untuk dilakukan adalah menelusuri berbagai kombinasi item dan skill suatu hero dan membuat build-mu sendiri. Dan mungkin build support Freya ini bisa meningkatkan fungsi dan semangatmu dalam memainkan Freya di Heroes Evolved!

heroes-evolved-freya-support-result

See you in matches!