Pengantar

Buat kamu yang baru main : Guide ini akan kasih kamu semua informasi tentang hal-hal yang harus dipahami mengenai cara bermain Heroes Evolved!

Cara Menang di Heroes Evolved

Kamu tidak akan menang di Heroes Evolved dengan mengumpulkan jumlah kill atau coin yang paling besar. Heroes Evolved adalah permainan tim. Untuk menang, tim kamu harus bisa menghancurkan Aegis (bangunan besar di tengah markas) tim lawan. Meskipun tim kamu ketinggalan dalam jumlah kill atau coin, masih ada kemungkinan menang bagi tim kamu jika menggunakan strategi yang tepat.

Mengendalikan hero

heroes-evolved-basic-beginner-guide-controls

(i) Analog untuk menggerakan hero yang kamu kendalikan.

(ii) Lakukan serangan pada musuh (creep ataupun hero) menggunakan tombol ini.

(iii) Gunakan pilihan skill unik yang dimiliki hero yang kamu kendalikan dengan menekan salah satu tombol skill.

(iv) Tombol Teleport, Heal, dan Observer Ward. Pindahkan hero secara langsung ke salah satu bangunan tim kamu dengan tombol Teleport. Pulihkan darah & mana yang dimiliki hero kamu dengan tombol Heal. Taruh ward yang kamu miliki di lokasi yang kamu inginkan dengan tombol Observer Ward.

Kamu juga bisa melakukan pengaturan terhadap pengendalian gerakkan hero yang lebih kompleks, seperti menentukan target (hero, tower atau creep) secara manual. [Baca selengkapnya]

Memahami peta permainan

aegis-and-twoers

Heroes Evolved dimainkan 5 lawan 5 di arena yang bernama Altar of Strife. Altar of Strife memiliki 3 lane (atas, mid dan bawah). Masing-masing tim nantinya akan mencoba untuk menghancurkan Aegis (i) lawannya. Tiap Aegis akan dilindungi oleh 3 tower (ii) di masing-masing lane yang harus tim kamu hancurkan sebelum bisa menyerang Aegis lawan.

 

heroes-evolved-forest-protectors

Area di sekitar lane yang diselimuti Fog of War biasa disebut Jungle. Di dalam Jungle kamu akan temuin banyak jungle creep. Selain creep, Jungle juga memiliki 2 forest protector (iii) yang akan memberikan buff secara acak untuk hero yang berhasil bunuh mereka.

 

heroes-evolved-zakar-and-dragon

Kedua tim dipisahkan sebuah oleh sungai yang membagi arena permainan jadi dua. Di tengah-tengah kedua sisi sungai kamu akan temukan markas dari monster kuat yaitu Dragon (iv) dan Zakar (v).

 

heroes-evolved-fountain

Saat salah satu hero mati, dia akan respawn di fountain (vi) tim-nya. Hero yang berdiri di area fountain akan dipulihkan darah dan mana-nya.

Memahami jenis hero dan attributnya

heroes-evolved-hero-types

Jenis Hero
Melee Hero yang melalukan serangan dari jarak dekat.
Ranged Hero yang melakukan serangan dari jarak jauh.
Nuker Dapat memberikan jumlah damage yang besar menggunakan skill dengan waktu cooldown yang pendek.
Tugas Utama:
Manfaatkan skill yang dimiliki di tahap awal permainan untuk membunuh hero musuh yang mungkin berbahaya di akhir.
Durable Dapat menerima damage dari musuh dalam jumlah besar. Biasanya memiliki nilai armor, regen atau shield yang tinggi.
Tugas Utama:
Menjadi umpan agar musuh menargetkan skill mereka ke hero kamu sehingga mengurangi jumlah damage yang diterima anggota tim lain.
Disabler Hebat dalam mengganggu pergerakan musuh (dengan stun atau slow) dan membuat mereka lebih mudah dibunuh.
Tugas Utama:
Memberikan status effect (stun atau slow) pada musuh untuk memulai pertarungan atau untuk menghalangi musuh yang sedang kabur.
Ganker Biasanya baik dalam melawan musuh dari jarak jauh atau memiliki kemampuan untuk mendekati musuh secara cepat.
Tujuan Utama:
Mengitari arena dan mengincar hero musuh yang mudah untuk dibunuh.
Carry Cenderung lemah di tahap awal permainan, namun sangat berpotensi untuk mendominasi tahap akhir permainan jika dimainkan secara tepat.
Tujuan Utama:
Sebisa mungkin hindari terbunuh di tahap awal, tingkatkan level dan item secara cepat agar dapat membawa tim menuju kemenangan.
Pusher Biasanya memiliki Damage atau Kecepatan Serangan yang tinggi sehingga dapat menghancurkan bangunan (tower atau aegis) secara cepat.
Tujuan Utama:
Mengendalikan lane dan melakukan pushing untuk menghancurkan tower pada saat yang tepat.

Attribut Utama Hero
Strength (kekuatan)
Nilai Kekuatan memengaruhi health (darah) dan health regeneration.
Agility (kelincahan)
Nilai Kelincahan memengaruhi Kecepatan Serangan serta armor.
Intelligence (kecerdasan)
Nilai Kecerdasan memengaruhi mana dan mana regeneration.

Attribut Lainnya
Health (kesehatan)
Saat nilai health(kesehatan) mencapai nilai 0, artinya hero sudah terbunuh dan harus menunggu waktu respawn.
Mana Menggunakan skill(jurus) hero umumnya menggunakan attribut Mana. Kamu tidak akan dapat menggunakan skill jika tidak memiliki Mana yang cukup.
Health Regeneration (regenerasi kesehatan)
Pemulihan health tiap detik. Semakin tinggi attribut ini dalam sebuah hero, semakin cepat pula pemulihan health yang dilakukan.
Mana Regeneration (regenerasi mana)
Pemulihan mana tiap detik. Semakin tinggi attribut ini dalam sebuah hero, semakin cepat pula pemulihan mana.
Pure Damage (kerusakan murni)
Nilai damage(kerusakan) yang tidak terpengaruh attribut Armor dan Spell Resistance (resistensi mantra) lawan.
Armor Mengurangi nilai damage dari serangan lawan.
Spell Power (kekuatan mantra)
Meningkatkan nilai damage dari skill yang bertipe magis.
Spell Resist (resistensi mantra)
Mengurangi nilai damage diterima dari skill yang bertipe magis.
Attack Speed (kecepatan serangan)
Menentukan kecepatan dari serangan biasa hero. Semakin tinggi attribut ini, semakin cepat waktu yang dibutuhkan hero untuk melakukan satu serangan.
Movement Speed (kecepatan gerakan)
Menentukan seberapa cepat hero bergerak.
Critical Rate (peluang kerusakan kritis)
Menentukan persentase kemungkinan serangan hero memberikan kerusakan Critical Damage(kerusakan kritis) kepada musuh.
Critical Damage (kerusakan kritis)
Memberikan jumlah damage yang besar kepada musuh.
Dodge Chance (peluang menghindar)
Semakin tinggi attriibut ini, semakin tinggi kemungkinan hero menghindari serangan biasa (0 damage).
Reduce Cooldown (jeda jurus)
Menentukan seberapa cepat sebuah skill dapat digunakan lagi.
Physical Lifesteal (curi nyawa fisik)
Menambahkan health hero kamu berdasarkan persentase Physical Damage(kerusakan fisik) yang diberikan kepada musuh.
Magical Lifesteal (curi nyawa magis)
Menambahkan health hero kamu berdasarkan persentase Magical Damage(kerusakan magis) yang diberikan kepada musuh.

Rekomendasi Hero untuk Pemula

recommended-heroes-for-beginners

Hero Jenis
Heroes-Evolved-Pengwing
Pengwing
Ranged
Pusher
Carry
Meskipun Pengwing memang cenderung "tipis" di awal permainan, namun ia dapat melakukan farming dengan mudah menggunakan damage AoE dari skill 1 dan passive skill (skill 4)-nya.

Skill 2-nya pun memiliki banyak kegunaan. Jika sedang menyerang, skill ini dapat memberikan damage sekaligus menutup jalan kabur lawan. Namun skill ini juga dapat digunakan untuk kabur dari lawan (dorong musuh dengan ultimate skill-nya, lalu kabur dengan skill 2).

Heroes-Evolved-Rockman
Rockman
Melee
Durable
Rockman adalah hero yang sangat mudah digunakan. Semua skill-nya miliki tidak mengharuskan kita untuk membidik. Skill passive regeneration-nya juga membuat dia sulit dibunuh meski di awal permainan dimana Rockman rentan terhadap serangan jarak jauh.
Heroes-Evolved-Electros
Electros
Melee
Ganker
Pusher
Menggunakan Electros tidak terlalu sulit mengingat skill aktif yang ia miliki hanya 2. Dia juga dapat memberikan sejumlah damage ke beberapa musuh dengan skill pasifnya serta lumayan mudah untuk kabur dari atau membuka pertarungan dengan skill 2-nya.
Heroes-Evolved-Crystal
Crystal
Ranged
Ganker
Nuker
Meski "tipis", Crystal dapat mendominasi lane menggunakan AoE skill 1-nya dan sering-sering menggunakan skill 2 (cooldown hanya 3 detik).

Crystal juga dapat memberikan status effect slow dan freeze pada musuh, sangat berguna saat sedang mengejar atau dikejar.

Status Effects (Buffs, Debuffs, Disables, etc.)

Status Effects (Buffs, Debuffs, Disables, etc.)
Bonus Damage Meningkatkan damage serangan biasa
Bonus Spell Power Meningkatkan damage skill tipe magis
Bonus Armor Meningkatkan damage reduction(pengurangan kerusakan) dari serangan lawan
Bonus Spell Resistance Meningkatkan damage reduction untuk skill tipe magis dari lawan
Bonus Movement Speed Meningkatkan Movement Speed
Bonus Attack Speed Meningkatkan Attack Speed
Bonus Health Regeneration Meningkatkan Health Regeneration
Bonus Mana Regeneration Meningkatkan Mana Regeneration
Bonus Dodge Meningkatkan persentase Dodge chance
Bonus Coin Mengingkatkan pendapatan coins dan experience
Immunity (kekebalan)
Target tidak dapat dipengaruhi skill atau item hero lain
Invisibility (tersembunyi)
Target tidak dapat terlihat tanpa true sight(visi akurat)
Stunned (linglung)
Target tidak dapat melakukan aksi apapun
Rooted (kurungan)
Target tidak dapat bergerak (namun dapat menyerang dan menggunakan skill)
Banished (pengasingan)
Target diasingkan sementara dari permainan dan tidak dapat diserang atau terkena skill
Blinded (pembutaan)
Target tidak dapat melihat area sekitar
Silenced (hening)
Target tidak dapat menggunakan skill
Confused (bingung)
Target akan bergerak secara random dan tidak dapat melakukan apapun (tidak dapat dikendalikan)
Taunted (terejek)
Target dipaksa menyerang hero yang melakukan taunt. Target juga tidak dapat menggunakan skill
Damage Reduction (pengurangan kerusakan)
Mengurangi damage serangan biasa
Movement Slow (pelambatan kecepatan gerakan)
Mengurangi Movement Speed
Attack Speed Slow (pelambatan kecepatan serangan)
Mengurangi Attack Speed
Armor Reduction (pengurangan armor)
Mengurangi damage reduction terhadap serangan biasa
Spell Resistance Reduction (pengurangan resistensi mantra)
Mengurangi damage reduction dari skill tipe magic

Farming, Jungle Creeps & Buffs

farming-jungle-creepsUntuk menjadi lebih kuat, hero kamu membutuhkan Coins untuk membeli item(barang) dan experience untuk meningkatkan level hero dan mempelajari skill baru. Kedua hal ini didapatkan dengan cara farming. Farming berarti membunuh unit musuh (pasukan musuh, jungle creep, hero musuh, dll) untuk mendapatkan Coins dan experience.

Jungle creeps yang berada di area Jungle adalah sumber daya tambahan yang dapat dibunuh tim manapun. Beberapa Jungle Creeps di Heroes Evolved akan memberikan status buffs kepada hero yang membunuhnya.

Lihat rincian status jungle creeps dan buff yang mereka berikan di sini. [Baca selengkapnya]

Warding

warding

Vision (penglihatan) sangatlah penting dalam bermain game MOBA seperti Heroes Evolved. Area di luar jarak pandang tidak akan dapat dilihat karena adanya Fog of War.

Kekurangan vision dapat menyebabkan hero kamu di-gank (dikeroyok) tim lawan sehingga memungkinan gerakkanmu menjadi terbatas. Untuk mengatasi masalah ini, pemain harus menggunakan ward.

Kamu akan diberikan sebuah Observer Ward pada awal permainan yang dapat memberikan jarak pandang yang luas. Ward ini dapat di-upgrade menjadi Detection Gem dan True Sight Gem yang membuatmu dapat memberi tim-mu true sight (dapat melihat musuh invisible ataupun ward lawan).

Baca tentang rincian ward di sini. [Baca selengkapnya]

Zakar and Dragon

zakar-and-dragon

Zakar dan Dragon merupakan creep yang terkuat dalam map Heroes Evolved yang dapat dengan mudah membunuh hero-mu dengan mudah jika level hero-mu rendah. Mereka memiliki markas masing-masing di sisi sungai yang berbeda. Saat membunuh Zakar atau Dragon, seluruh anggota tim akan diberika Coins dan experience.

Zakar juga memberikan buff kepada tim yang melakukan last hit padanya.

Baca rincian tentang Zakar dan Dragon di sini. [Baca selengkapnya]

Istilah-Istilah Umum

Istilah-Istilah Umum
Vision Semua hal di map yang dapat dilihat.
Fog of War Area gelap dalam map. Area ini tidak dapat kamu lihat tanpa vision dari unit tim. Dapat menggunakan Observer Ward untuk menghilangkan Fog of War di area sekitar
Farm Membunuh unit lawan untuk mendapatkan Coins dan experience.
Bot, Mid, Top Nama dari ketiga lane (Bottom, Middle, Top).
Jungle Area di antara lane yang ditutupi Fog of War. Ada banyak tempat Jungle Creep di dalam Jungle.
Juke Memalsukan arah gerak untuk memaksimalkan Fog of War saat dikejar hero lawan.
Kite Memancing hero lawan (biasanya hero melee tanpa skill kabur) agar mengejar hero kamu dan membawanya ke tim-mu.
Zone/Zoning Membatasi posisi musuh dalam lane menggunakan skill atau serangan. Jika dilakukan secara tepat, dapat menjauhkan lawan dari creep sehingga mengurangi pendapatan Coin dan experience mereka.
Harass Menyerang hero lawan dengan serangan jarak jauh atau skill yang dapat di-spam untuk memaksa mereka untuk memulihkan diri atau kembali ke markas.
Crowd Control Semua aksi yang mengganggu kemampuan hero untuk bergerak (stun, slow atau root).
Roam Aksi hero meninggalkan lane mereka untuk menekan lane lain ataupun melakukan gank pada hero lawan.
AoE Area of Effect. Skill atau efek item yang memilki target area yang besar.
Clear Up Membunuh gelombang pasukan secara cepat agar tim dapat menyelesaikan hal lain.
Gank Serangan dadakan pada hero lawan yang sedang lengah. Biasanya dilakukan oleh hero yang cocok untuk roaming (hero dengan kemampuan bergerak yang baik).
Deathball Sebuah strategi dimana 5 anggota tim berkumpul dan menyerang satu lane tertentu. Jika dilakukan dengan baik, mungkin dapat membunuh hero lawan satu per satu sambil menghancurkan tower mereka secara cepat.
Splitpush Sebuah strategi dimana tim menyerang lane yang berbeda secara bersamaan agar dapat menghancurkan tower yang tidak dilindungi atau memecah musuh yang berkumpul.
Enemy Missing/MIA Peringatan kepada anggota tim bahwa hero lawan mungkin sedang meninggalkan lane untuk melakukan gank atau farming dalam jungle.
Last Hitting Melakukan serangan terakhir pada unit lawan untuk mendapat Coins dan experience lebih.
Skillshots Skill yang harus dibidik pemain secara manual. Cenderung sulit mengenai lawan, namun biasanya memiliki efek yang sepadan.
Feeding and Fed Istilah saat seseorang terbunuh terus menerus dan membantu hero lawan meningkatkan level dan membeli item dari experience dan Coins yang didapat dari membunuh hero tersebut.
Squishy (tipis)
Hero yang mudah dibunuh. Hero dengan HP dan/atau armor yang rendah.
Glass Cannon Hero yang mudah dibunuh namun dapat memberikan damage yang besar.
AFK Away From Keyboard. Ketika seorang pemain tidak melakukan apapun dan meninggalkan hero mereka di markas karena masalah internet atau perilaku yang kurang baik.

Komunikasi

quick-chat

Komunikasi adalah bagian yang penting dalam memenangkan permainan. Dengan komunikasi yang baik, tim kamu dapat melakukan gank yang sempurna, melakukan splitpush dengan mudah, serta memenangkan teamfight. Untuk mempermudah komunikasi, kamu dapat:

(i) menulis pesan kepada anggota tim kamu.

(ii) tampilkan atau sembunyikan pesan dari pemain lain.

(iii) menggunakan fitur voice chat.

Tombol untuk ketiga fitur tersebut dapat kamu temukan di sebelah map.

 

communication-hot-keys

Selain dapat mengirim pesan dan mengaktifkan voice chat, kamu juga dapat menggunakan hotkey yang telah disediakan di sisi kanan layar anda.

(i) attack - menyarankan tim untuk menyerang

(ii) fall back - menyarankan tim untuk mundur

(iii) group up - menyearankan tim untuk berkumpul

(iv) kamu juga dapat menunjukkan tempat tertentu dalam map dengan menekan pada map yang diperbesar

Cara Menjadi Lebih Baik

Tingkatkan Jewel untuk menambahkan status hero dan gunakan Glyphs sesuai cara bermain masing-masing. [Baca Selengkapnya]
Pelajari mengenai status dan skill Hero. [Baca Selengkapnya]
Baca panduan mengenai strategi dan build terbaik untuk masing-masing hero. [Coming Soon]