Membawa Tim-mu Menang Dengan Diana – Guide Diana Untuk Patch 10.18

hero-diana-portrait

Pendahuluan

Diana adalah hero carry yang fleksibel dan dapat dimainkan dengan beberapa cara. Dia merupakan petarung satu lawan satu yang cukup kuat jika kamu dapat memposisikan diri dengan baik. Selain itu, dia juga dapat melakukan splitpush dengan mudah jika kamu membeli item yang tepat untuknya.

Di guide ini kamu dapat melihat apa build item dan skill terbaik untuk Diana baik untuk bertarung maupun splitpush.

Kelebihan dan Kekurangan Diana

Kelebihan:

•  Skill - skillnya mempermudah Diana melakukan banyak hal. Mulai dari disable, inisiasi, melarikan diri, maupun memposisikan dirinya ulang dalam teamfight. Semua dapat dilakukannya tanpa mengorbankan potensinya sebagai carry late game.

•  Serangannya tidak memperdulikan armor musuh. Sehingga Diana dapat dengan mudah menghabisi hero tank maupun tower - tower tim musuh

Kekurangan:

•  Seluruh skillnya hanya memungkinkan Diana untuk berurusan dengan satu target saja, sehingga Diana amat rentan terhadap gank dan  amat bergantung pada teman setim-nya dalam teamfight.

•  Skill ultinya mengupgrade seluruh skill lainnya. Kamu harus tau kapan momen yang tepat untuk mengupgrade skill tertentu.

Glyph dan Jewel

Sebagai hero carry, kamu sangat memerlukan uang untuk dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itulah, kamu mengambil glyph Miser dan Bounty Hunter yang akan terus meningkatkan pendapatanmu.

Untuk glyph hijau kamu dapat lebih fleksibel. Namun, Back and Forth dapat sangat membantu kekuatan splitpush-mu dengan teleport ke arah troop yang sudah dekat dengan tower musuh. Jika kamu ingin menggunakan Diana untuk splitpush, maka Back and Forth adalah pilihan terbaik.

Jika kamu tidak menggunakan Diana untuk splitpush, maka pilihan glyph lainnya adalah Life and Death yang memungkinkan kamu untuk respawn lebih cepat disaat kritis. Devourer nampak cukup bagus. Namun, penggunaan mana Diana tidak terlalu boros. Sehingga jelas lebih banyak keuntungan yang ditawarkan oleh Life and Death daripada Devourer.

Build Item Diana

Ketika memulai permainan belilah kedua item ini. Dengan Attack Talons kamu akan dapat melakukan last hit dengan lebih mudah  sehingga pendapatan coin dan XP mu akan meningkat pesat. Sedangkan Dash Boots di awal permainan memungkinkan Diana mengejar musuh dari awal jika ada kesempatan mendapatkan first blood maupun melarikan diri dengan mudah ketika ada musuh yang mengejar. Mengingat tipisnya Diana di tahap awal permainan, Dash Boots adalah investasi awal yang sangat baik.

War Boots dan Reaper Mask akan sangat membantu Diana dalam memberikan damage dan bertahan hidup dengan banyaknya tambahan attack speed, damage, dan stats yang diberikan oleh kedua item tersebut.

Kamu kemudian perlu memilih core item ke-3. Jika kondisi pertarungan mengharuskanmu untuk terjun ke teamfight lebih awal, maka belilah Mana Slicer yang memberikan damage dan attack speed yang cukup tinggi ditambah dengan kemampuan pasif item ini yang dapat membakar mana hero lawan.

Namun, jika tim lawan menurutmu jauh lebih kuat dibanding tim-mu dalam teamfight, maka belilah Shapeshifter's Axe yang dapat membuat bayangan dirimu sehingga kamu dapat melakukan splitpush dengan cepat agar kamu dapat memecah formasi lawan dan memungkinkan tim-mu untuk menghadapi lawan yang sudah terpecah belah.

Setelah core item-mu lengkap, kamu mulai dapat membeli item - item mewah yang dapat membuka potensi terbesar Diana sebagai hero. Butterfly Wings adalah item mewah-mu yang pertama. Damage, attack speed, movement speed, dan evasion adalah hal - hal yang sangat berguna untuk Diana dan item ini memberikan segalanya.

Jika sebelumnya kamu memilih item untuk teamfight, maka lanjutkan dengan membeli Ragnorak Cannon yang memberikan tambahan damage yang sangat besar dan menguatkan damage serta kesempatan critical-mu. Dengan item ini, Diana dapat terus - menerus memberikan damage critical.

Sedangkan jika kamu telah memilih item splitpush, maka belilah Corrosive Cleaver yang dapat mengurangi armor target sehiingga kamu dapat menghabisi tower musuh dengan cepat.

Item terakhir yang harus kamu beli adalah Metronome Staff. Item ini memberikan damage yang tinggi dan memberikan damage tambahan berdasarkan HP musuh, sehingga serangan Diana akan memberikan damage yang sangat mematikan. Pada tahap ini seharusnya kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menghabisi hero musuh bahkan hero tank sekalipun.

Build Skill Diana

Tingkatkan skill 4 ketika memulai permainan untuk meningkatkan damage awal Diana sehingga mempercepat kecepatan farming serta kekuatan harrassingnya.

Ulti pertama sebaiknya digunakan untuk upgrade skill 1 agar Diana dapat mengunci musuh di tempat. Sangat berguna untuk mengejar dan melarikan diri. Setelah itu baru tingkatkan dan upgrade skill 4 agar output damage Diana makin sulit ditahan.

Setelah skill 4 sudah ditingkatkan sampai akhir, tingkatkan skill 2 untuk tambahan damage dan mengurangi cooldown dash, dan terakhir baru tingkatkan skill 1 karena kita hanya memerlukan root dari skill 1 dibanding damagenya.

Cara Memainkan Diana

Early Game

 

diana-guide-1

Taruh ward di jungle-mu atau dekat sungai saat laning untuk menghindari gank

Diawal permainan, Diana sebaiknya maju ke bottom lane yang memiliki akses lebih baik ke jungle dan buff. Bermain di bottom lane juga mempermudah kamu untuk bermain di sekitar tower-mu.

Bermainlah secara pasif dan fokus pada farming. Ingat, hero carry seperti Diana sangat lemah jika belum memiliki core itemnya. Jadi jangan memaksakan diri untuk bertarung sejak awal permainan. Gunakan skill 1 dan 2 jika perlu menjaga jarak dari musuh.

Jangan lupa menaruh ward di sekitar sungai atau jungle-mu agar kamu dapat mengantisipasi gank dari musuh. Diana sangat rentan terhadap gank di awal sehingga lebih baik kamu berjaga - jaga dengan menaruh ward tersebut.

 

Mid Game

 

diana-guide-2

Fokus pada farming dan tower musuh

Ketika kamu sudah mendapatkan core item-mu kamu dapat memulai untuk menghancurkan tower lawan. Terus berpindah lane dan berikan tekanan sebanyak mungkin pada sisi map musuh agar ruang farming dan ruang bergerak mereka berkurang.

Kamu juga bisa mulai membantu lane-mu yang diserang sekarang. Namun, jangan paksa melakukan gank sendirian kecuali kamu dapat berkordinasi melakukan gank bersama teman setim-mu.

Selalu taruh ward di sekitar jungle dekat tempatmu menyerang atau melakukan push agar kamu dapat mengantisipasi kedatangan musuh dan tahu kapan kamu harus melarikan diri atau menekan lane yang lain. Sebisa mungkin tekan lane yang tidak dijaga.

 

Late Game

 

diana-guide-3

Kamu dapat terus menekan satu lane sementara teman setim-mu fokus pada lane lain

Pada tahap ini, kamu semestinya sudah memiliki 2 atau 3 luxury item. Damage yang kamu berikan sudah tidak bisa diremehkan lagi. Coba untuk memaksa teamfight dengan push bersama teman setim-mu. Dengan item yang kamu miliki kamu seharusnya tidak akan kesulitan untuk menghabisi hero tank sekalipun berkat item dan skill 4, dan kamu bahkan bisa menghabisi hero - hero tipis hanya dalam 1 atau 2 kali serang.

Jika tim-mu dalam keadaan tertinggal, lakukan splitpush secara terus - menerus sehingga hero musuh harus kembali ke towernya untuk mengantisipasi pergerakanmu. Jika dilakukan dengan benar, maka kamu bisa terus push lane yang berbeda dan tim-mu dapat bertahan dengan mudah untuk sementara waktu.

Ingat untuk selalu fokus menghancurkan bangunan dan jangan mencari kill jika tidak perlu, karena pada tahap ini waktu respawn-mu bisa mencapai hampir 1 menit. Salah sedikit saja akibat terlalu nafsu memburu musuh dapat mengakibatkan kemenangan yang sudah ada di depan mata menjadi kekalahan!

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
Heroes-Evolved-Wolfram heroes-evolved-rockman
Wolfram Rockman

Diana sangat kuat melawan hero - hero yang memiliki health dan armor tinggi seperti Wolfram dan Rockman. Diana juga dapat menghambat mobilitas Wolfram dan Rockman dengan mudah dna kemudan menghabisi mereka sebelum mereka bisa merespon.

Hati - Hati terhadap
heroes-evolved-ares Heroes-Evolved-Lotus
Ares Lotus

Diana sangat rentan menghdapi skill 3 Ares yang bisa mucul dari mana saja dan kemudian mengunci Diana. Diana juga akan kesulitan menghadapi komposisi tim yang memiliki Lotus karena Lotus dapat menyelamatkan temannya dari disable Diana serta mengganggu mobilitas Diana dalam teamfight.

Cocok Dengan
Heroes-Evolved-Jeanne
Jeanne

Jeanne adalah hero support yang sangat cocok untuk laning bersama Diana. Banyaknya disable area yang ditawarkan Jeanne merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi Diana untuk memberikan damage kepada hero musuh dengan mudah. Selain itu kemampuan Jeanne untuk menyembuhkan health Diana juga mengakibatkan Diana dapat dimainkan dengan lebih agresif.

BACA JUGA