Hantaman dari Langit! Sang Pengayun Palu Raksasa Wendy! – Guide Wendy

GCUBE heroes-evolved-hero-wendy-portrait

Pendahuluan

heroes-evolved-hero-wendy-new-year-bash-skin

Dirilis sejak 31 Januari kemarin, Wendy merupakan hero ketiga berparas imut yang hadir di Heroes Evolved. Melengkapi pendahulunya Una tipe Intelligence dan Lapina tipe Agility, Wendy merupakan hero tipe Strength yang keras dan sulit dibunuh. Selain itu, hero pemikul palu raksasa ini juga memiliki skill-skill yang sangat berguna dan membantu dalam pertarungan tim.

Meski tak digolongkan sebagai tipe hero durable, bukan berarti Wendy tidak dapat digunakan sebagai tank. Memang Wendy tidak setahan hero-hero tipe durable, namun kekurangan ini tertutup oleh skill-skill miliknya. Dengan skillnya, Wendy dapat dengan baik membuka pertarungan, menjadi pusat perhatian lawan sembari memberi waktu bagi hero teman untuk menyerang.

Guide ini akan memberikan susunan item, glyph dan jewel terbaik untuk Wendy, sekaligus menulusuri cara bermain dan build skill yang tepat. Dengan mengikuti guide ini, maka Wendy-mu akan menjadi pembuka pertarungan yang baik dan akan sangat berguna bagi seluruh anggota tim.

Kelebihan dan Kekurangan Wendy

Kelebihan:

  • Memiliki mobilitas yang tinggi dengan skill 1 dan skill Ultimate miliknya. Ini membuat Wendy sangat baik dalam mengejar ataupun lari dari musuh.
  • Memiliki banyak skill damage area sehingga mudah melakukan push dan membunuh gelombang troop musuh.
  • Knockup dari skill 1 sangat baik untuk melakukan gank maupun membuka pertarungan.

Kekurangan:

  • Seluruh skill aktif memiliki "jeda" tertentu saat mengaktifkan sehingga timing skill harus diprediksi secara tepat.
  • Membatalkan skill 1 tetap menyebabkan cooldown sehingga harus hati-hati saat menggunakannya.
  • Wendy tidak dapat bertahan selama hero tank lain, terutama di akhir permainan.

Glpyh dan Jewel

Glyph

Selain membuka pertarungan, Wendy juga memiliki tugas untuk melakukan gank serta membantu anggota tim yang sedang bertarung. Untuk melakukan ini dengan lebih baik, glyph hijau Back and Forth (Pulang Pergi) yang menambah efek teleport menjadi pilihan paling tepat.

Untuk glyph merah, gunakanlah Skill Master (Pakar Keahlian) untuk glyph merah Wendy. Ini disebabkan karena selama game Wendy akan sering berada di barisan depan dan menerima banyak damage. Glyph ini akan mengurangi cooldown dari Heal sehingga Wendy lebih cepat memulihkan diri. Selain itu, penambahan kecepatan gerakan saat melakukan Heal juga membantu Wendy saat ingin kabur atau mengejar lawan.

Untuk alasan yang sama seperti glyph merah, Bulldozer menjadi pilihan glyph biru paling tepat. Selama pertandingan akan banyak situasi dimana Wendy menerjang lawan yang berada di belakang tower lawan. Dengan glyph Bulldozer, damage yang diterima Wendy akan lebih kecil. Selain itu, Wendy juga memiliki skill yang tepat untuk menghabisi barisan troop lawan dengan cepat. Akan ada beberapa saat dimana Wendy melakukan pushing, dan Bulldozer juga akan membantu di saat-saat ini.

Jewel

Susunan jewel Wendy hanya memiliki satu tujuan, yaitu memperkeras Wendy sebagai tank. Agar selaras dengan skill 4 Wendy yang memberikan bonus armor, maka sebaiknya jewel yang digunakan juga jewel-jewel yang menambahkan status armor Wendy. Oleh karena itu, pilihan jewel yang digunakan adalah seperti di atas.

Build Item Wendy

Ketika Memulai Permainan
Boots-1-Dash-Boots
Dash Boots
(Sepatu Gesit)

Mulailah dengan membeli Dash Boots (Sepatu Gesit). Penambahan kecepatan gerakan dari item ini akan sangat membantu saat permainan dimulai dan Wendy berada di lane. Sejak awal, Wendy akan sering menggunakan skill 1 untuk menerjang hero musuh dan menyicil damage. Item ini akan memudahkan Wendy saat ingin mundur.

Fase awal permainan sangatlah penting bagi Wendy. Ini dikarenakan di fase ini hero-hero carry lawan cenderung masih lemah dan sangat rentan terhadap gank. Di sisi lain, skill Wendy memudahkannya melakukan ganking sejak awal permainan.

Oleh sebab itu, perkembangan item Wendy di fase ini harus cepat agar membuat gank lebih mudah. Kamu bisa mencapai hal ini dengan membeli item bintang kecil tanpa perlu meningkatkannya hingga maksimum.

Mulailah dengan meningkatkan sepatu menjadi Guardian Boots (Sepatu Penjaga). Status armor yang diberikan sepatu ini akan menambah efek skill 4 yang dimiliki Wendy agar menjadi lebih keras.

Item berikutnya yang harus dimiliki adalah Searing Longsword (Kaisar Bersinar) dan Heaven's Hammer (Godam Penghakiman). Namun, membeli kedua item ini akan membutuhkan waktu cukup lama. Karena itu, seperti yang telah disebutkan di atas, kamu dapat terlebih dahulu membeli Scorching Mace (Energi Cahaya) dan Magical Warhammer (Palu Perang Ajaib). Meski lebih lemah dari item tingkat maksimum mereka, mendapatkan efek kedua item ini dengan cepat akan membuat Wendy lebih berguna.

Sebelum meningkatkan kedua item sebelumnya, belilah King’s Armor (Armor Kaisar). Ini karena sebaiknya Wendy mendapatkan sebanyak-banyaknya efek item selama masih bisa memberikan damage yang signifikan. Selain murah, aura pengurang armor dari King’s Armor akan membantu dalam hal ini. Item ini juga membantu hero-hero carry teman sehingga berguna hingga fase akhir permainan.

Setelah berhasil mendapat King’s Armor, kamu dapat meningkatkan Scorching Mace dan Magical Warhammer. Kamu dapat memilih salah satu untuk ditingkatkan terlebih dahulu sesuai situasi permainan. Jika kamu merasa damage Wendy-mu masih signifikan dan ingin menambah damage, maka tingkatkanlah Magical Warhammer menjadi Heaven’s Hammer terlebih dahulu. Namun jika kamu merasa sebaiknya memperkeras Wendy, beliliah Searing Longsword terlebih dahulu.

Item fase akhir pertama yang cocok untuk Wendy adalah Decimation Mace (Godam Kiamat). Item ini sangat cocok untuk Wendy karena efek aktif miliknya akan menambah fungsionalitas Wendy. Pada dasarnya, Wendy akan sering melakukan terjangan dan membuka pertarungan dengan skill 1. Menggunakan efek Decimation Mace setelah skill 1 akan menjadi kombinasi baik untuk memberi damage pada musuh sekaligus memberi disable berupa slow.

Terakhir, kamu dapat membeli Phoenix Heart (Jantung Titan). Item ini sudah sangat umum dijadikan item terakhir bagi hero tank. Status dan efek dari item ini akan memperkuat Wendy di akhir-akhir permainan.

Build Skill Wendy

Untuk urutan skill Wendy, pertama-tama ambilah setiap skill dengan urutan skill 1, 2, 4 dan 3. Skill 1 merupakan skill yang paling berguna karena dapat menyerbu lawan sekaligus membunuh banyak minion atau creep jungle sekaligus. Di sisi lain, skill pasif dari Wendy sedikit sulit digunakan karena harus melakukan serangan biasa berkali-kali agar tetap memilki efek maksimum.

Meski skill 1 lebih berguna, skill 2 pun akan sering digunakan setelah skill 1. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu fokus pada skill 1 dan 2. Tingkatkan kedua skill ini bergantian saat tidak dapat meningkatkan skill Ultimate. Setelah keduanya mencapai tingkat maksimum, baru tingkatkan skill 4.

Cara Memainkan Wendy

Early Game

heroes-evolved-guide-wendy-early

Wendy melakukan ganking sejak awal permainan

Wendy dapat mengambil top atau bottom lane sesuai tim-mu. Wendy sebaiknya dipasangkan dengan hero jarak jauh agar mudah mendapatkan kill. Di awal permainan, jika ada spot hutan kosong, Wendy dapat melakukan jungling di sana dengan menggunakan skill 1. Saat berada di lane, Wendy juga dapat menggunakan skill 1 untuk menyicil hero lawan. Setelah menggunakan skill 1, langsung mundur (bisa dengan skill 2) jika tidak memungkinkan untuk membunuh hero tersebut.

Kamu harus ingat bahwa sejak awal permainan Wendy sudah dapat melakukan ganking asalkan memiliki skill 1. Oleh sebab ini, kamu harus selalu waspada akan mini-map dan situasi-situasi gank yang mungkin dilakukan. Ini berarti Wendy harus sudah melakukan roaming sejak tahap awal permainan dan melakukan gank ketika memungkinkan. Jika kamu sudah bergerak namun tidak sempat melakukan gank, maka pergilah ke hutan untuk melakukan farming atau melakukan push lane. 

Mid Game

Wendy bersiap membuka pertarungan di belakang tower lawan

Gaya bermain Wendy sebenarnya tidak akan jauh berubah sejak awal permainan. Hanya saja di tahap ini, Wendy-mu seharusnya sudah memiliki item yang mumpuni untuk menjadi sedikit lebih berani. Tahap ini Wendy akan bisa menerobos tower lawan jika situasinya baik untuk melakukan pertarungan tim.

Teruslah lakukan ganking dan bukalah pertarungan tim kapanpun memungkinkan. Bedanya, karena susunan item sudah lebih baik di tahap ini, sebaiknya kamu melakukan pushing saat tidak dalam pertermpuran. Dengan skill yang dimiliki Wendy, menghabisi minion lawan bukanlah urusan yang sulit.

Late Game

Wendy melakukan push di fase akhir pertandingan

Mainkan tahap akhir permainan dengan berkumpul dengan tim sebisa mungkin. Kamu bisa melakukan pushing bersama jika situasi menguntungkan. Di sisi lain, jika sedang ditekan lawan, fokuslah terhadap pertahanan sambil mencari kesempatan untuk membuka pertarungan secara baik agar memenangkan pertempuran tim.

Di tahap ini, kamu harus lebih berani lagi dalam membuka pertarungan. Kamu harus benar-benar fokus terhadap timing untuk membuka pertarungan karena ini sering kali menjadi penentu menang kalahnya tim-mu. Karena di tahap ini hero-hero lawan cenderung sudah lebih terbentuk, maka kamu harus siap biarpun Wendy-mu harus mati demi membuka pertarungan secara baik untuk kemenangan tim.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
Heroes-Evolved-Freya hero-arlequin heroes-evolved-vince
Freya Arllequin Vince

Secara umum, Wendy sangat kuat melawan hero ranged dengan health yang tipis. Dengan skill 1 miliknya, Wendy dapat menerjang hero ranged yang berada jauh di barisan belakang dan menyerangnya. Oleh sebab itu, hero ranged yang mengandalkan jarak seperti Vince dan Arlequin akan menjadi mangsa khusus untuk Wendy.

Hati - Hati terhadap
Heroes-Evolved-yuki Heroes-Evolved-Lotus Heroes-Evolved-Diana
Yuki Lotus Diana

Di sisi lain, Wendy lemah terhadap disable terutama jenis Confused. Hero seperti Yuki dan Lotus dapat dengan mudah menggunakan skill disable mereka untuk membuat Wendy terkena confuse saat Wendy sedang mengisi skill 1 dan bergerak lambat.

Selain itu, Wendy sebagai tank bergantung pada armor yang diberikan skill pasif miliknya. Ini sebabnya melawan Diana yang dapat menembus armor dengan skill-nya akan menjadi masalah bagi Wendy.

Cocok Dengan
heroes-evolved-crystal Heroes-Evolved-Lunaria heroes-evolved-nosferatu
Crystal Lunaria Nosferatu

Untuk hero-hero pendamping Wendy, hero-hero dengan kemampuan untuk memberi efek slow pada lawan lah yang menjadi pilihan tepat. Hero seperti CrystalLunaria atau Nosferatu akan memudahkan Wendy untuk menangkap lawan dengan menggunakan skill 1 miliknya.

Penutup

Wendy merupakan hero yang kuat dimainkan sejak awal pertandingan dimulai. Jika memainkan hero ini dengan benar, kamu akan mendapatkan sejumlah kill dan assist sejak awal permainan dan membuat lawanmu kesulitan untuk mengejar ketertinggalan. Meski tak sekeras hero-hero tank lainnya, namun dalam hal membuka war, Wendy bisa dikatakan sebagai salah satu dari yang terbaik. Mungkin kamu tidak akan mendapat medali MVP di akhir pertandingan, tapi rekan satu tim-mu akan sangat bersyukur bahwa mereka berada dalam tim yang sama denganmu!

heroes-evolved-guide-wendy-win

See you in matches!

BACA JUGA