Dapatkan Kill Terbanyak dengan Pembunuh Hero Terbaik Mikio – Guide Mikio

GCUBE heroes-evolved-guide-mikio-godlike

Pendahuluan

heroes-evolved-heroes-mikio-silver-swordsman

Mikio bisa dibilang sebagai salah satu pembunuh hero terbaik di Heroes Evolved. Ini disebabkan kemampuannya untuk memberikan damage tinggi dalam waktu singkat. Selain itu, Mikio juga memilki mobilitas yang tinggi, sehingga dia juga merupakan salah satu ganker yang ideal, khususnya di awal game. Jika dimainkan secara benar, dan dengan susunan build skill, item, glyph serta jewel yang tepat, maka meraih kill terbanyak dan medali MVP bukanlah hal sulit bagi seorang Mikio.

Guide ini akan membawamu untuk mendalami Mikio. Dengan build item, glyph dan jewel yang mengutamakan penambahan damage, serta dengan susunan skill yang sesuai, kamu akan menemukan Mikio sebagai pembunuh hero terhebat di Heroes Evolved.

Kelebihan dan Kekurangan Mikio

Kelebihan:

  • Mikio dapat memberikan damage ke musuh dalam waktu cepat dengan skill-skill yang dimilikinya.
  • Mobilitas yang dimiliki Mikio cukup tinggi akibat skill 1 yang dimilikinya. Mikio bisa dengan sangat mudah mengejar ataupun lari dari musuh.
  • Dengan damage dan mobilitas tinggi, Mikio merupakan ganker yang ideal.
  • Cooldown skill Mikio bisa dimanipulasi dengan penggunaan skill 4.

Kekurangan:

  • Mana yang dimiliki Mikio cukup rendah sehingga dapat menghalangi penggunaan skill.
  • Mikio merupakan hero melee yang tipis, sehingga harus berhati-hati terutama di awal permainan.
  • Bila tertinggal di awal permainan, akan sulit untuk Mikio untuk mengejar perkembangan lawan. Oleh karena itu, cara memainkan Mikio harus sedikit agresif bahkan di awal permainan.

Glyph dan Jewel

Glyph

Memiliki perkembangan item yang lebih cepat dibanding musuh merupakan hal yang penting bagi Mikio untuk menjadi pembunuh hero yang efektif. Glyph merah Miser (Kikir) akan memberikan keuntungan di awal game, sedangkan Glyph biru Bounty Hunter (Pemburu Hadiah) akan mempercepat proses pengembangan item.

Sedangkan untuk Glyph hijau, kamu harus menyesuaikan dengan cara bermain yang ingin digunakan. Devourer (Pelahap) dan Back and Forth (Pulang Pergi) menjadi pilihan yang lebih tepat untuk Mikio.

Salah satu kekurangan Mikio terletak pada jumlah mana-nya yang cenderung tipis. Devourer dapat mengatasi kekurangan ini dengan menawarkan cara mudah untuk memulihkan mana. Saat menggunakan Glyph ini, Mikio dapat melakukan jungling saat kondisi mana-nya rendah sekaligus mengumpulkan coin dari hasil creeping (sekaligus memulihkan health dengan efek lifesteal).

Di sisi lain, Back and Forth akan membawa potensi Mikio sebagai ganker ke level yang lebih tinggi. Dengan Glyph yang dapat melakukan teleport ke minion ini, melakukan gank akan lebih mudah dan mematikan. Namun pemulihan mana Mikio akan terbatas pada kemampuan Heal dan kembali ke markas.

Pilihan yang tepat adalah yang sesuai dengan gaya mainmu. Devourer lebih cocok untuk Mikio yang banyak berada di sisi lawan, siap membantu pertempuran tim atau membunuh hero yang muncul di dekatnya. Back and Forth adalah untuk Mikio yang siap membantu teman di manapun, ataupun membunuh hero musuh yang sedang nyaman farming sendirian.

Jewel

Red Jewel Blue Jewel Green Jewel
Thievery (Pencurian) x9 Mana x9 Attack (Serangan) x9

Untuk build Jewel (Batu Mulia), fokusnya berada pada peningkatan damage serta menutupi kekurangan Mikio sebagai hero. Untuk efek maksimal, fokus terhadap satu jenis jewel (menggunakan 9 jewel merah/biru/hijau yang sama) akan lebih baik dibanding menggunakan beberapa jenis jewel. Tentu saja, ini bergantung pada cara bermain dan kenyamanan masing-masing pemain.

Pilihan jewel merah terbaik adalah Thievery (Pencurian) yang meningkatkan damage sekaligus memberikan efek lifesteal. Lifesteal sangatlah penting karena hampir setiap kali pertarungan berakhir, Mikio biasanya memiliki health yang rendah. Jika digabungkan dengan Glyph Devourer, Mikio dapat memulihkan health dan mana sekaligus mengumpulkan coin dengan memburu creep jungle.

Piilihan jewel biru untuk Mikio lebih terbuka. Jika ingin memaksimalkan damage, gunakan jewel Burst (Ledakan) karean itulah jewel biru satu-satunya yang meningkatkan damage.Namun penambahan damage yang ditawarkan Burst cenderung kecil (hanya +0.56 per jewel lv 5). Karena itu, jewel biru Mana mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk menutupi kekurangan mana Mikio.

Sedangakan untuk Jewel hijau, yang paling cocok untuk Mikio adalah Attack (Serangan). Jewel ini meningkatkan damage dan semakin tinggi damage Mikio semakin cepat pula dia bisa membunuh hero-hero lawan.

Build Item Mikio

Seperti kebanyakan hero dengan damage tinggi lainnya, item pertama yang harus dibeli Mikio adalah Attack Talons (Cakar Serangan) dan Dash Boots (Sepatu Gesit). Attack Talons memberikan damage tambahan yang akan sangat berguna untuk creeping di awal permainan. Sedangkan Dash Boots memberikan penambahan movement speed (kecepatan gerakan) untuk lari ataupun mengejar hero lawan. Kedua item ini akan digabungkan menjadi War Boots di game tahap awal.

Untuk pilihan sepatu War Boots (Sepatu Perang) merupakan yang paling cocok untuk hero hitter seperti Mikio. Setelah sepatu, item core yang harus dimiliki Mikio berikutnya adalah Executioner's Cut (Algojo). Executioner's Cut merupakan pilihan item yang sangat penting karena memberikan 3 hal yang dibutuhkan Mikio: damage, lifesteal dan pengurangan cooldown (yang merupakan tiga poin yang difokuskan dalam build item ini). Perlu diingat jika kamu memiliki susunan jewel yang memberikan efek lifesteal yang cukup, maka item ini dapat dilewatkan.

Item ketiga yang harus kamu beli sebagai Mikio adalah Shattering Spike (Tombak Peluluh Lantak). Item ini mengubah 30% damage physical dari serangan biasa atau skill menjadi pure damage. Ini sangat cocok untuk Mikio bukan hanya karena semua skill Mikio bersifat physical, namun juga karena kecocokannya dengan skill 4 Mikio. Skill 4 Mikio memberikan bonus damage physical untuk serangan atau skill berikutnya yang digunakan Mikio. Dengan efek Shattering Spike, 30% dari bonus damage Skill 4 akan menjadi pure.

Sebagai alternatif, Death Claw (Cakar Dewa Kematian) dapat dibeli sebagai pengganti Shattering Spike. Death Claw menawarkan lebih sedikit damage, namun memperkeras Mikio (menambah Strength) dan mengurangi cooldown. Cocok digunakan jika berhadapan dengan lawan yang sulit dibunuh dan lebih membutuhkan Mikio yang dapat bertahan lama meskipun harus mengorbankan damage. Death Claw juga menjadi pilihan yang baik jika kamu merasa tidak membutuhkan efek lifesteal dari Executioner's Cut.

Setelah memiliki ketiga item core, Mikio-mu seharusnya sudah memiliki damage yang signifikan (terlebih lagi jika dapat mendapatkan item dalam waktu cepat). Pilihan item selanjutnya lebih bebas dan dapat disesuaikan dengan gaya bermain masing-masing. Secara pribadi, Heaven's Hammer (Godam Penghakiman) menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain memberikan damage tambahan untuk serangan biasa Mikio (setelah menggunakan skill), item ini juga memberikan mana lebih dan pengurangan cooldown sehingga kamu dapat menggunakan lebih banyak skill dengan lebih cepat.

catatan: batas maksimal pengurangan cooldown adalah 40%, jadi jika kamu membeli Executioner's Cut dengan Death Eater Claw (total pengurangan cooldown 35%), maka Heaven's Hammer bukanlah pilihan yang efektif.

Pilihan item berikutnya dapat berupa item pengurang armor lawan agar damage Mikio terasa lebih sakit. Untuk ini, kamu dapat membeli King's Armor (Armor Kaisar) atau Corrosive Cleaver (Duri Neraka). Corrosive Cleaver menawarkan damage yang lebih tinggi (pengurangan armor lawan terjadi saat melakukan serangan biasa), namun King's Armor akan membuat Mikio lebih tahan lama dalam pertarungan (pengurangan armor berupa aura dan dapat memengaruhi banyak lawan).

Untuk pilihan item terakhir, kamu dapat memilih item untuk meningkatkan damage Mikio lebih jauh lagi. Kamu dapat memilih antar Metronome Staff (Tongkat Kayu Emas) ataupun Ragnorak Cannon (Meriam Dewa). Metronome staff memiliki status penambahan damage paling tinggi. Namun jika game sudah berjalan lama dan Mikio-mu harus menjadi hitter, efek critical Ragnorak Cannon juga dapat menjadi pilihan baik. Selain kedua item itu, kamu juga dapat memilih Accursed Eye (Mata Pengusir Setan) bila berhadapan dengan banyak disabler.

Build Skill Mikio

Tingkatkan skill 2 saat permainan dimulai. Skill 2 merupakan skill yang sangat penting untuk diambil pertama. Ini karena skill ini membuat Mikio dapat menyerang dari jarak jauh, dan sangat membantu proses creeping juga mencicil (harrassing) lawan.

Setelah skill 2, ambil skill 1 untuk mempermudah lari dari ganking. Skill 1 juga berguna untuk menghampiri lawan seandainya mereka sedang sekarat.

Setelah meningkatkan skill 2 dan skill 1 sebanyak sekali, fokuskan pada peningkatan skill 4 (kecuali dapat meningkatkan skill Ultimate). Skill 4 akan lebih berguna karena penggunaannya yang lebih fleksibel. Skill 4 dapat digunakan sebelum skill 1, skill 2 ataupun serangan biasa sesuai situasi. Oleh karena itu peningkatan damage dari skill ini sangatlah penting bagi Mikio.

Cara Memainkan Mikio

Early Gameheroes-evolved-strategy-guide-mikio-early

Pasang ward di jungle protector musuh dan sembunyi di tempat Zakar untuk mempersiapkan buff stealing.

Saat permainan dimulai, segera lakukan teleport ke lane atas untuk melakukan buff stealing. Buff stealing adalah aksi untuk mencuri buff yang ingin didapatkan lawan (baca selengkapny di sini). Pastikan kamu telah membeli item awalmu untuk damage lebih dan telah meningkatkan skill 2. Pasang ward di area jungle protector (creep jungle yang memberikan buff) lawan kemudian pergilah bersembunyi di area Dragon/Zakar. Setelah creep jungle muncul, tunggu hero lawan yang ingin mendapatkan buff hingga health creep sekarat dan gunakan skill 2 untuk mencuri last hit dan mendapatkan buff dari jungle protector lawan.

Di tahap awal permainan, tetap fokus pada farming dan meningkatkan level. Jika berhadapan dengan hero ranged, gunakan skill 2 untuk mendapat last hit dari jarak jauh. Arahkan skill agar juga mengenai hero lawan jika bisa. Saat memiliki skill 4, jangan ragu untuk menggunakannya untuk mengurangi cooldown skill 2. Spam skill 2 sebisa mungkin untuk memberi damage pada hero lawan dan mengganggu farm mereka. Jangan pernah takut kehilangan mana di tahap ini dan jangan ragu untuk menggunakan heal.

Saat berada dalam kondisi sekarat dan tidak memiliki heal, kamu dapat melakukan farming di area jungle. Namun pastikan kamu sudah memiliki lifesteal yang cukup agar tidak terbunuh. Usahakan tidak balik ke markas hingga setidaknya mendapatkan skill ultimate. Gunakan skill 1 untuk menjauh dari musuh yang ingin membunuhmu. Saat sudah mendapat skill ultimate dan damage yang cukup, kamu bisa lanjut ke strategi tahap berikutnya.

Mid Game

Selalu waspada terhadap kesempatan untuk melakukan ganking

Setelah mendapat skill Ultimate dan item core, Mikio mulai bisa melakukan ganking untuk memburu jumlah kill. Sangat penting untuk selalu memerhatikan map dan memastikan kondisi jalannya permainan. Saat menunggu momen yang tepat, tetaplah berada di lane atas dan sebisa mungkin coba bunuh hero lawan bersama rekan satu lane-mu.

Saat hero mid sendirian sudah mulai push melewati sungai, inilah salah satu momen yang tepat untuk melakukan gank. Untuk lane mid, kamu dapat berjalan dari sungai dan memasuki area jungle lawan dan keluar di dekat tower 1 mid. Gunakan skill 4 saat sudah dekat dengan musuh, kemudian serbu dengan skill 1. Saat sudah mengenai hero lawan, kamu dapat menyerangnya dengan skill 2, serangan biasa, maupun skill Ultimate tergantung situasi saat itu.

Untuk ganking di lane yang jauh, gunakan teleport ke tower terdekat dan lancarkan serangan sesegara mungkin. Penggunaan skill kurang lebih sama di setiap situasi ganking (skill 4 - skill 1 - skill 2 - skill Ultimate). Usahakan menyempatkan auto-attack di sela-sela penggunaan skill. Teruslah membantu rekan dengan melakukan gank dan membunuh hero-hero lawan sepanjang tahap ini. Saat tidak memungkinkan untuk melakukan gank, kamu bisa membantu tim melakukan push atau mengumpulkan coin di area jungle.

Late Game

Ikuti tim-mu agar dapat membantu dapat pushing ataupun teamfight

Semakin lama game berlangsung, akan semakin sulit pula bagi Mikio untuk membunuh hero musuh. Maka dari itu, harus selalu ingat untuk melakukan pushing dan tidak hanya mengejar jumlah kill. Jika kamu sampai pada tahap di mana sudah  terasa sulit untuk membunuh hero lawan, maka gaya permainan Mikio-mu harus disesuaikan. Mulailah berkumpul dengan tim dan membantu mereka dalam push atau pertarungan tim.

Jika pada tahap kamu merasakan kedua tim sudah mulai berkumpul dan bersiap untuk bertempur, maka Mikio juga bisa difungsikan sebagai umpan yang baik. Lompatlah ke tengah-tengah musuh di saat yang tepat menggunakan skill 1. Saat musuh sudah ingin mengincar Mikio-mu, gunakan skill Ultimate untuk menghilang dari pandangan sekaligus memberikan damage. Maka musuh akan kebingungan dan mungkin menghabiskan beberapa skill penting untuk menyerang Mikio-mu. Ini akan memberikan waktu untuk marksman dan mage di tim-mu untuk menyerang lawan. Namun untuk dapat melakukan ini, kamu harus dapat menggunakan skill dengan cepat.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
Heroes-Evolved-Minerva heroes-evolved-crystal Heroes-Evolved-Freya heroes-evolved-saya
Minerva Crystal Freya Saya

Mikio sangat kuat melawan hero-hero dengan health yang tipis. Biasanya hero-hero ini merupakan marksman ataupun mage. Skill Ultimate Mikio juga sangat membantu karena skill tersebut membuatnya menghilang sehingga tidak dapat diserang dan mungkin menggangu skill lawan.

Minerva dan Freya merupakan mangsa ideal bagi Mikio. Akan sangat sulit bagi mereka untuk kabur dari kombinasi skill 1 - skill Ultimate Mikio. Ditambah health mereka yang tipis, akan sangat mudah bagi Mikio untuk membunuh mereka.

Crystal dan Saya juga adalah contoh mage yang tidak cocok melawan Mikio. Skill Ultimate dari kedua hero ini dapat diganggu dengan skill-skill Mikio (terutama skill Ultimate).

Hati - Hati terhadap
Heroes-Evolved-Cao-Cao heroes-evolved-zhang-fei Heroes-Evolved-Lotus heroes-evolved-raven
Cao Cao Zhang Fei Lotus Raven

Mikio secara umum kurang cocok melawan hero-hero tank yang sulit untuk bunuh. Zhang Fei terutama merupakan counter alami Mikio dengan skill Ultimate-nya yang menyerap damage. Begitu pula dengan Cao Cao yang bisa mengubah damage menjadi heal (dan tidak bisa mati selama skill Ultimate aktif). Mikio sangat bergantung pada skill-nya jadi jika setelah menggunakan habis skill-skill nya dia masih tidak mampu membunuh lawan, maka kegunaan Mikio akan berkurang.

Lotus juga merupakan lawan yang sulit bagi Mikio. Penyebab utama nya adalah skill Ultimate Lotus yang membuatnya tidak dapat diserang. Ini dapat dengan mudah melawan skill Ultimate dari Mikio.

Cocok Dengan
Heroes-Evolved-Hero-Burninator Heroes-Evolved-Lotus Heroes-Evolved-Minerva heroes-evolved-una
Burninator Lotus Minerva Una

Untuk pendamping Mikio, hero-hero yang dapat melakukan stun merupakan pilihan yang baik. Hero seperti Burninator atau Lotus yang dapat mengurung lawan di tempat akan membantu Mikio untuk membidik tempat paling efektif untuk melakukan skill Ultimate. Selain itu Lotus juga akan sangat membantu menutupi kekurangan mana miliki Mikio (biasanya build sepatu Lotus adalah sepatu pemulih mana).

Selain itu, juga sangat penting untuk memiliki rekan yang dapat melakukan push atau defend. Ini disebabkan karena fungsi utama Mikio adalah sebagai ganker yang membunuh hero-hero lawan. Berapapun kill yang didapat Mikio, tidak akan ada gunanya jika tidak dapat menghancurkan bangunan lawan hingga lawan berkembang sampai sulit dibunuh. Oleh sebab itu, hero marksman pusher seperti Minerva atau mage dengan burst damage tinggi seperti Una menjadi rekan yang baik untuk Mikio.

Penutup

Meski pada awalnya mungkin akan terasa sulit menyesuaikan diri memainkan Mikio, namun perjuanganmu tidak akan sia-sia dan pasti akan terbalas. Kuncinya adalah kerja keras dan pantang menyerah! Walaupun game-game pertamamu dengan Mikio berakhir tidak baik, teruslah berlatih dan berkembang. Lambat atau cepat kamu akan dapat memahami Mikio lebih dalam dan mengendalikannya lebih baik.

Selain itu, jangan terpaku pada guide ini atau guide manapun yang kamu baca. Terus pelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Kembangkan build Mikio-mu sendiri berdasarkan pengalaman dan cara mainmu. Dengan cukup ketekunan dan kretifitas, Mikio-mu pasti dapat menjadi pembunuh hero terbaik di Heroes Evovled!

See you in matches!

BACA JUGA