Lu Bu Sang Panglima Perang yang Tak Terkalahkan! – Guide Lu Bu

Lu Bu Sang Panglima Perang yang Tak Terkalahkan! - Guide Lu Bu

Pendahuluan

lu-bu-portrait

Jika kamu mengenal kisah-kisah dari zaman Three Kingdoms, maka kamu pasti mengenal hero satu yang satu ini. Sebagai salah satu panglima perang yang paling iconic dari kisah Three Kingdoms, Lu Bu sering disebut sebagai petarung yang sangat hebat di medan perang. Karakter ini sudah sering kali diadaptasi ke berbagai media dan selalu memiliki ciri khas yang serupa: daya tahan dan kekuatan penghancur yang besar.

Di Heroes Evolved sendiri, penggambaran Lu Bu tidak jauh beda dari biasanya. Lu Bu merupakan hero yang sangat keras sekaligus dapat memberikan damage yang besar. Dengan menggunakan set item dan glyph yang tepat, Lu Bu akan dapat bertahan lama dalam pertempuran sambil mengobrak-abrik barisan pertahanan lawan.

Guide ini akan membantumu memahami cara menggunakan Lu Bu dengan baik. Build item, glyph dan jewel yang digunakan akan menitikberatkan pada peningkatan strength, damage dan health Lu Bu serta mengurangi cooldown skill-skill yang dimiliknya. Pada akhirnya, Lu Bu akan menjadi jelmaan ketakutan bagi musuh-musuhnya, sama seperti di dalam kisahnya yang melegenda.

Kelebihan dan Kekurangan Lu Bu

Kelebihan:

  • Skill-skill yang dimiliki dapat memberikan damage instan secara cepat.
  • Merupakan ganker yang baik karena memiliki skill 2 untuk menyerbu lawan sekaligus memberikan efek stun.
  • Merupakan salah satu hero carry hitter yang sangat keras dan sangat kuat dalam pertarungan 1 lawan 1.
  • Merupakan hero yang fleksibel dan dapat dijadikan carry atau tank sesuai kebutuhan tim.

Kekurangan:

  • Memiliki mana yang sangat terbatas.
  • Memiliki attack speed yang sangat pelan.
  • Sangat lemah melawan hero dengan status strength yang tinggi.

Glyph dan Jewel

Glyph

Pilihan glyph merah yang paling tepat untuk Lu Bu adalah Miser (Kikir). Glyph ini akan mempercepat perkembangan item Lu Bu yang sangat diperlukan sejak awal permainan.

Untuk pilihan glyph biru, Bounty Hunter (Pemburu Hadiah) yang menjadi pilihian terbaik. Di fase awal permainan, Lu Bu akan menghabiskan banyak waktu di area jungle sehingga Oppressor (Penindas) juga menjadi pilihan yang tepat. Namun, Lu Bu juga akan lebih banyak melakukan gank terhadap hero-hero lawan sehingga Bounty Hunter akan memiliki lebih banyak guna.

Gunakan glyph Devourer (Pelahap) sebagai pilihan glyph hijau Lu Bu. Mana yang dimiliki Lu Bu sangatlah terbatas sehingga glyph inilah yang menjadi pilihan glyph paling cocok.

Jewel

Pilihan jewel merah Strength akan meningkatkan status Strength Lu Bu dan menambah efektivitas skill Ultimate Lu Bu. Jewel biru dapat digunakan untuk meningkatkan damage yang dimiliki Lu Bu. Oleh karena itu, Burst (Ledakan) menjadi pilihan yang baik. Di sisi lain, jewel hijau dapat digunakan untuk meningkatkan health sehingga Racer (Pembalap) dapat digunakan.

Build Item Lu Bu

Salah satu kelebihan Lu Bu adalah fleksibilitasnya sebagai hero. Akibat status dan susunan skill yang dimilikinya, Lu Bu dapat digunakan sebagai carry (sekaligus semi-tank) atau sebagai full-tank. Guide ini akan memberikan kedua build item sehingga kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kondisi hero tim-mu dan lawan.

Build Carry - Damage Maksimum

Meskipun sebagai carry, Lu Bu tetap harus keras sampai tingkat tertentu agar efektif. Sehingga dalam build ini ada tiga hal yang diutamakan adalah: peningkatan damage sekaligus strength, health dan juga pengurangan cooldown. Kebanyakan item yang dibeli adalah item yang memberikan status damage sekaligus strength.

Mulailah dengan Stamina Boots (Sepatu Vitalitas). Sepatu ini akan memberikan Lu Bu health yang ia perlukan agar menjadi lebih sulit dibunuh. Tanpa sepatu ini, Lu Bu akan lebih mudah dibunuh saat menerjang lawan dan tidak dapat bertahan lama di pertarungan yang merupakan kelebihannya.

Jika memilih untuk bermain sebagai carry, maka belilah Executioner's Cut (Algojo) untuk item berikutnya. Item ini tidak hanya memberikan damage namun juga mengurangi cooldown skill Lu Bu sehingga bisa cepat digunakan. Item ini sangat penting di awal karena akan meningkatkan kegunaan Lu Bu sangat melakukan gank.

Selanjutnya, Death Claw (Cakar Dewa Kematian) adalah item yang cocok untuk Lu Bu. Item ini memberikan damage dan strength. Selain itu, efek pasifnya juga membuat skill Lu Bu semakin sakit dan juga menambahkan pengurangan cooldown. 

Bicolor Twin Sword (Pedang Kembar Dwi Warna) menjadi pilihan berikutnya karena item ini tergolong murah. Selain menambahkan strength, item ini juga menambahkan kecepatan gerakan dan serangan. Murahnya item ini menjadikannya lebih cepat terbeli sehingga Lu Bu terasa lebih sakit lebih cepat. Namun, item ini adalah item yang dapat diganti bergantung situasi permainan.

Dua item terakhir adalah Decimation Mace (Godam Kiamat) dan Demonic Cowl (Topi Iblis). Decimation Mace memberikan damage sekaligus strength sehingga masuk kriteria. Efek aktifnya juga membuat Lu Bu dapat memberikan damage langsung secara cepat setelah menggunakan skill 2. Sedangkan Demonic Cowl memberikan efek lifesteal besar yang dapat menyelematkan Lu Bu saat dia sekarat.

Build Tank - Full Tank dan Inisiator

Sebagai tank, build item yang digunakan Lu Bu akan berfokus pada peningkatan health dan strength secara besar. Gunakan build ini jika tim-mu lebih membutuhkan tank dibanding carry atau assassin. Jika bermain sebagai tank, Lu Bu juga akan dapat dengan lebih berani membuka pertarungan tim.

Sama seperti sebagai carry, belilah Stamina Boots terlebih dahulu. Setelahnya, dapatkanlah Searing Longsword (Kaisar Bersinar) secepat mungkin. Item ini bisa dibilang item standar bagi tank karena status yang diberikannya.

Setelah itu, kamu dapat membeli Summoning Armor (Dewa Pendendam). Selain memperkeras Lu Bu, item ini juga memiliki efek memantulkan damage lawan. Efek ini akan menyulitkan lawan saat Lu Bu membuka pertarungan dengan menggunakan skill 2 miliknya saat efek item sedang aktif.

Setelahnya Death Claw menjadi pilihan yang cukup baik. Ini akan menambahkan damage skill Lu Bu menjadi lebih signifikan.  Namun, item ini merupakan item situasional yang dapat diganti tergantung pilihan hero lawan.

Phoenix Heart (Jantung Titan) dan Demonic Cowl menjadi dua item terakhir. Item ini dipilih karena memberikan status health yang sangat besar. Kedua item ini akan membuat Lu Bu menjadi sangat keras dan sulit dibunuh.

Item Situasional - Accursed Eye

Item Situasional
Durable-4-Accursed-Eye
Accursed Eye
(Mata Pengusir Setan)
4850

Lu Bu akan lumayan kesulitan menghadapi mage yang dapat melakukan disable. Jika dihentikan saat tengah melakukan rentetan skill 2, Lu Bu akan berada di posisi yang sulit. Untuk mengatasi ini dapat dilakukan dengan membeli item Accursed Eye (Mata Pengusir Setan).

Kamu dapat membeli item ini jika tim musuh memiliki banyak hero mage yang membuatmu kesulitan. Sebagai carry, kamu dapat mengganti Bicolor Twin Sword sedangkan jika kamu sebagai tank, gantilah Death Claw dengan item ini.

Build Skill Lu Bu

Ambillah setiap skill di awal permainan dengan urutan skill 1, skill 2, skill 4 dan skill 3. Skill 1 akan sangat berguna saat permainan dimulai karena Lu Bu akan melakukan jungling. Damage area skill 1 akan mempercepat proses membunuh creep jungle.

Setelah mendapat semua skill, tingkatkanlah skill 1 dan skill 4 secara bergantian. Skill 1 dan skill 4 merupakan sumber damage yang dimiliki Lu Bu. Peningkatan skill 2 hanya meningkatkan damage jadi tidak masalah jika ditingkatkan setelah skill-skill lainnya.

Tips Menggunakan Skill Lu Bu

Gunakan skill 2 untuk menerjang barisan musuh. Jika bermain sebagai carry, incarlah bagian belakang musuh dimana hero mage atau hero marksman dapat kamu incar dengan mudah. Namun jika bermain sebagai tank, kamu harus menarik perhatian lawan agar memusatkan serangannya kepada Lu Bu.

Skill 1 dapat digunakan setelah skill 2 untuk memberikan damage kepada musuh. Skill ini juga sangat baik digunakan saat melakukan jungling.

Tidak perlu menunggu lawan sekarat sebelum menggunakan skill Ultimate. Sebaliknya, kamu dapat menggunakan skill Ultimate secepat mungkin. Gunakan skill 2 ke tengah musuh, lalu skill 1 dan kemudian lanjutkan skill 2 untuk mengincar satu target dan gunakan Ultimate. Skill Ultimate memiliki cooldown yang lumayan rendah (terlebih jika menggunakan build carry) sehingga semakin cepat digunakan, ada kemungkinan kamu dapat menggunakannya lagi dalam 1 pertempuran.

Cara Memainkan Lu Bu

Early Game

heroes-evolved-guide-lu-bu-gank

Lu Bu mencoba melakukan gank di awal permainan

Saat masih fase pemilihan hero, ada baiknya kamu memberitahukan tim-mu bahwa kamu akan melakukan jungling di awal permainan. Akan sedikit lebih sulit bagi Lu Bu jika perkembangan itemnya terhambat.

Lu Bu sendiri bukan hero yang mudah dimainkan di awal permainan. Ia sangat mudah di-harrass di lane sehingga pilihan yang lebih aman adalah melakukan jungling. Habiskan waktu melakukan farming dan jungling secara aman di fase awal permainan untuk membeli item dengan cepat.

Namun, ada kalanya kamu boleh melakukan ganking ke mid lane menggunakan stun skill 2. Kamu harus ingat untuk tidak terlalu bersemangat sehingga mati saat melakukan gank. Kembalilah jika tidak memungkinkan membunuh lawan. Mati di awal permainan akan sangat menghambat perkembangan item.

Mid Game

heroes-evolved-guide-lu-bu-dragon

Lu Bu melawan Dragon sendirian

Saat sudah memiliki item yang mumpuni (setidaknya 2 atau 3 item), kamu sudah bisa melakukan gank secara lebih agresif. Meski sebagai tank atau carry, telusurilah area pertarungan untuk mencari kesempatan-kesempatan melakukan gank. Usahakan mendapatkan kill atau assist di setiap gank agar perkembangan item lebih cepat.

Lakukan terus rotasi pada area map pada fase ini. Jika tidak ada kesempatan gank yang terlihat, kamu dapat bersiap-siap dengan terus membunuh creep jungle yang ada. Ketika hero lawan mulai terlihat, baru kamu segera menyerangnya.

Selain itu, Lu Bu juga merupakan hero yang kuat. Ini berarti Lu Bu dapat melawan Dragon meski sendirian. Terus perhatikan situasi pertarungan dan bunuhlah Dragon jika tidak dapat melakukan gank dan saat situasi memungkinkan.

Late Game

heroes-evolved-guide-lu-bu-late

Lu Bu (sebagai tank) harus berada di barisan depan

Tidak banyak yang bisa dilakukan di fase akhir permainan selain berkumpul dengan anggota tim. Ingatlah untuk membunuh Dragon ataupun Zakar kapanpun memungkinkan untuk memberi keuntungan pada tim. Selain itu, kamu dapat berkumpul dengan tim dan menyerang ataupun bertahan sesuai kondisi tim-mu saat itu.

Jika Lu Bu yang kamu gunakan adalah seorang carry, maka jangan bertarung di barisan depan. Tunggulah hero tank memulai pertarungan dan incar hero-hero musuh yang lembek. Gunakan skill-skill secara cepat untuk mengalahkan mereka.

Di sisi lain, jika menggunakan Lu Bu sebagai tank, alihkan perhatian musuh kepada Lu Bu untuk memberi kesempatan hero teman untuk menyerang. Gunakan skill 2 untuk membuka pertarungan dan memberi stun kepada hero-hero penting lawan. Bertarunglah di barisan depan dan cobalah bertahan selama mungkin.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
heroes-evolved-solus Heroes-Evolved-Minerva Heroes-Evolved-Flavia
Solus Minerva Flavia

Lu Bu secara umum sangat kuat melawan hero dengan status strength yang rendah. Terlebih lagi hero-hero dengan mobilitas rendah akan sulit sekali untuk kabur dari serangan Lu Bu. Oleh karena itu, mage dan marksman lembek tanpa skill kabur merupakan mangsa utama dari Lu Bu.

Hati - Hati Terhadap
Heroes-Evolved-Grom Heroes-Evolved-Gideon heroes-evolved-zhang-fei
Grom Gideon Zhang Fei

Sebaliknya, Lu Bu sangat lemah melawan hero dengan strength tinggi. Skill Ultimate-nya akan memiliki sedikit kegunaan melawan mereka. Selain itu, damage Lu Bu juga tidak setinggi damage hero carry lain sehingga akan sulit melawan hero-hero tank seperti ini. Grom, khususnya akan sangat sulit dilawan karena skill pasifnnya yang memberikan status strength secara permanen.

Cocok Dengan
heroes-evolved-una heroes-evolved-crystal Heroes-Evolved-Lotus
Una Crystal Lotus

Sebagai partner, Lu Bu sangat baik disandingkan dengan mage yang memiliki kemampuan slow atau confuse. Ini akan memudahkan Lu Bu untuk mengejar lawan dengan menggunakan skill 2 yang dimilikinya. Selain itu, hero support seperti Lotus, yang memiliki kemampuan disable sekaligus dapat meningkatkan kecepatan gerakan juga sangat cocok dipasangkan dengan Lu Bu.

Penutup

Salah satu kelebihan paling penting yang dimiliki Lu Bu adalah kemampuannya untuk dijadikan carry atau tank sesuai situasi. Itulah keuntungan menguasai hero satu ini. Kamu dapat memilihnya tanpa ragu dan mengubah build-nya sesuai yang dibutuhkan tim-mu. Selain itu, meski dijadikan carry ataupun tank, Lu Bu akan tetap dapat mengacak-acak barisan pertahanan lawan dan membuat mereka lari ketakutan. Pada akhirnya, tidak aneh jika kamu menemukan Lu Bu mendapatkan medali MVP dan sacrifical lamb bersamaan.

Demikianlah guide Lu Bu beserta build item dan cara memainkannya. Tinggalkan pendapatmu menurut guide ini di kolom komentar di bawah. Jika kamu memilki build lain yang lebih baik, kamu juga dapat membagikannya di komentar atau tulis guide-mu untuk dipasang di GCube.

See you in matches!