Kekuatan Tersembunyi Lapina! Ledakan Besar di Balik Tubuh yang Kecil – Guide Lapina

heroes-evolved-hero-lapina-portrait

Pendahuluan

heroes-evolved-heroes-lapina-happy-bunny-skin

Lapina merupakan hero terbaru pertama Heroes Evolved di tahun 2018. Tapi hero yang satu ini tidak begitu mudah untuk digunakan. Ini disebabkan skill-skill milik Lapina yang sangat sulit dibidik. Meski begitu, di balik parasnya yang mungil ini, sebenarnya Lapina memiliki potensi yang besar dan dapat menjadi pembawa keberuntungan bagi seluruh anggota tim.

Pada dasarnya, Lapina memiliki 2 fungsi utama, yaitu sebagai hero hitter dan pusher. Melakukan push dengan Lapina bukanlah hal sulit, mengingat kebanyakan skill-nya adalah skill damage area. Maka dari itu, guide ini akan menulusuri kekuatan Lapina sebagai hitter. Dengan build item yang mempertimbangkan keseimbangan antara kecepatan serangan dan damage yang diberikan, serta cara memainkan yang tepat, Lapina tidak akan kalah dari hero-hero marksman yang sedang populer saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lapina

Kelebihan:

  • Skill 1 memberikan Lapina mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lincah. Ini sangat efektif terutama di area hutan.
  • Dapat melakukan push dan defend lane dengan baik menggunakan skill 2 dan skill Ultimate-nya (kedua skill merupakan skill damage area).
  • Skill-skill damage juga sangat bagus untuk membantu dalam pertrugan tim dari kejauhan.

Kekurangan:

  • Sangat tipis dan mudah mati sehingga harus dimainkan dengan hati-hati.
  • Memiliki jumlah mana yang sangat sedikit sehingga harus memperhatikan penggunaan skill.
  • Seluruh skill aktif yang dimiliki merupakan skill yang sangat sulit untuk dibidik sehingga mengendalikan hero ini menjadi agak sulit.

Glyph dan Jewel

Glyph

Lapina adalah hero yang akan sangat sulit dimainkan jika tertinggal dari awal permainan. Oleh karena itu, perkembangan di awal game sangatlah penting bagi hero satu ini. Untuk membantu hal ini, kamu dapat menggunakan glyph merah Miser (Kikir) yang memberikan Gold lebih agar dapat lebih mudah membeli item di awal game.

Tahap awal permainan adalah tahap yang sulit bagi Lapina. Lapina harus melakukan banyak farming baik di lane maupun hutan agar dapat membeli item dengan cepat. Lapina juga harus menghindari pertarungan di tahap ini karena tidak terlalu berguna sebelum memiliki build item yang mumpuni. Oleh sebab itu, pilihan glyph biru yang tepat adalah Oppressor (Penindas) yang memberikan ekstra damage saat menyerang troop dan ekstra gold saat membunuh creep jungle. Glyph ini sangat cocok untuk membantu perkembangan item Lapina di awal permainan, dan cocok jika Lapina ingin melakukan pushing secara cepat.

Terdapat dua pilihan yang cocok bagi Lapina untuk glyph hijau. Pilihan pertama adalah Devourer (Pelahap). Glyph ini cocok karena mana Lapina yang terbatas. Efek glyph ini akan memudahkan Lapina untuk memulihkan mana sambil membunuh creep jungle tanpa harus kembali ke markas. Pilihan kedua adalah Back and Forth (Pulang Pergi). Glpyh ini dapat memudahkan membantu anggota tim saat pertarungan, dan juga cocok jika Lapina-mu banyak melakukan splitpush.

Jewel

Seperti disebutkan sebelumnya, guide ini akan fokus terhadap peningkatan yang seimbang antara kecepatan serangan (attack speed) dan damage yang diberikan Lapina. Jewel yang digunakan pun akan disesuaikan dengan ini dimana pilihan jewel merah adalah kombinasi dari Thievery (Pencurian) dan Trickery (Muslihat), jewel biru Burst (Ledakan) dan Shiv (Brutal), serta jewel hijau Attack Speed (Kecepatan Serangan).

Build Item Lapina

Build item yang digunakan dalam guide ini memiliki fokus utama meningkatkan kecepatan serangan dan damage Lapina. Sebagai hitter, Lapina sangat bergantung pada skill pasif (skill 4) yang dimiliki. Skill ini akan mengalikan damage dalam jumlah tertentu setelah serangan keempat. Oleh karena itu, build item tidak secara ekstrim meningkatkan kecepatan serangan melainkan juga meningkatkan damage. Berikut susunan item yan sebaiknya dibeli Lapina.

Saat pertandingan baru dimulai, belilah item Attack Talons (Cakar Serangan) sebelum membeli Dash Boots (Sepatu Gesit). Ini disebabkan pada saat permainan baru dimulai, Lapina sebaiknya langsung membunuh creep jungle sesuai lane yang didapat. Setelah membunuh creep, baru kamu akan memiliki Gold yang cukup untuk membeli Dash Boots. Dash Boots pun adalah item yang sangat penting di awal permainan akal tidak kalah cepat dengan musuh. Kedua item ini juga merupakan persiapan untuk membuat item War Boots (Sepatu Perang).

Setelah berhasil membeli War Boots, maka item selanjutnya yang harus kamu beli adalah Reaper Mask (Topeng Setan). Item ini memiliki efek lifesteal yang akan sangat berguna bagi Lapina (lifesteal membuat Lapina tidak perlu kembali ke markas saat sekarat dan dapat melakukan jungling untuk memulihkan Health). Bukan hanya itu, status +250 health dari item ini juga sangat baik dalam membuat Lapina tidak terlalu cepat mati dalam pertarungan.

Setelah Reaper Mask,  item selanjutnya yang harus segera dibeli Lapina adalah Mana Slicer (Pedang Ignios). Item merupakan item yang sangat baik terutama bagi hero marksman seperti Lapina. Selain meningkatkan kecepatan serangan, item ini juga memberikan penambahan damage dari statu dan efek pasif. Setelah memiliki item ini, Lapina sudah dapat mulai agresif dalam mengikuti pertarungan tim, meski masih harus menjaga jarak aman.

Setelah mendapat penambahan kecepatan serangan dari tiga item pertama, item-item selanjutnya adalah item-item damage. Item damage yang pertama adalah Corrosive Cleaver (Duri Neraka). Lapina akan melakukan banyak serangan kepada musuh untuk memberikan damage yang besar (mengingat skill 4 yang dimilikinya). Oleh karena itu, item Corrosive Cleaver sangat cocok digunakan karena memiliki efek pengurangan armor musuh di setiap serangan sebanyak 3 kali. Ini memungkinkan hero musuh mengalami pengurangan armor saat skill 4 Lapina aktif.

Item berikutnya adalah Ragnorak Cannon (Meriam Dewa) dan Metronome Staff (Tongkat Kayu Emas). Kedua item ini merupakan item penambah damage yang besar. Umumnya, kamu seharusnya membeli Ragnorak Cannon terlebih dahulu karena efek critical akan lebih berguna. Namun, jika musuhmu membeli item yang memberikan efek menghindar (dodge) seperti Delay Shield (Kekuatan Baja), maka kamu harus membeli Metronome Staff terlebih dahulu sebagai penangkal.

Item terakhir yang harus kamu beli adalah Butterfly Wings (Monarki Giok). Seiring game berjalan, musuh akan menjadi semakin keras dan semakin sulit dibunuh. Dengan item ini, kecepatan seranganmu akan ditambah secara besar-besaran sehingga kamu dapat lebih mudah melawan musuh yang sudah keras.

Build Skill Lapina

Di awal game, Lapina sebaiknya memburu creep jungle sesuai lane-nya. Untuk melakukan ini dengan lebih mudah, tingkatkan skill 2 terlebih dahulu. Setelah skill 2, skill 1 akan sangat berguna saat berada di lane, terutama untuk kabur dari musuh di fase awal permainan. Selanjutnya baru tingkatkan skill 4 dan skill Ultimate. Pastikan juga selalu meningkatkan skill Ultimate saat bisa.

Setelah memiliki semua skill, fokuslah meningkatkan skill 1 di level-level berikutnya. Skill 4 Lapina tidak akan begitu berguna di awal permainan karena damage yang dimiliki Lapina masih sangat kecil. Sebaliknya, meningkatkan skill 1 akan mempercepat cooldown sehingga dapat bermain secara lebih aman. Penambahan kecepatan serangan juga dibutuhkan untuk menjadi hitter. Meski tidak digunakan di fase awal permainan, meningkatkan skill 1 hingga penuh dari awal permainan akan membantu saat item damage Lapina telah terbentuk.

catatan: Jika meningkatkan skill 2 terlebih dahulu, akan terlambat bagi Lapina untuk meningkatkan skill 1 dan skill 4 saat item-nya mulai terbentuk.

Kamu boleh mulai meningkatkan skill 4 jika item damage pertamamu telah terbeli. Jika Lapina-mu agak tertinggal di awal permainan dan perkembangan item-nya cenderung pelan, maka kamu boleh meningkatkan skill 2 terlebih dahulu. Skill 2 akan sangat berguna untuk melakukan pushing sekaligus farming item.

Tips

Timing penggunaan skill akan sangat menentukan performa Lapina-mu. Berikut beberapa tips kapan waktu yang tepat menggunakan skill Lapina.

  • Skill 2 dan Ultimate biasanya digunakan dari kejauhan sebelum Lapina mulai melakukan gempuran serangan.
  • Skill Ultimate juga bisa digunakan untuk menutup jalan kabur lawan yang sekarat.
  • Skill 1 merupakan skill terpenting milik Lapina.  Skill ini biasanya digunakan saat Lapina sudah ingin memulai menyerang lawan. Penambahan kecepatan serangan sangatlah krusial bagi Lapina sebagai hero hitter. Selain itu, skill ini juga dapat memindahkan Lapina ke posisi aman (seperti di belakang dinding) untuk melakukan serangan secara aman.

Cara Memainkan Lapina

Early Game

heroes-evolved-guide-lapina-early

Lapina memburu creep jungle di awal permainan

Lapina merupakan hero yang bisa kamu tempatkan di lane manapun. Hal yang pertama harus dilakukan Lapina saat game dimulai adalah memburu creep jungle. Gunakan skill 2 untuk membunuh creep jungle secara cepat sebelum kembali ke lane. Saat di lane, lakukanlah farming sebaik mungkin. Jangan ragu menggunakan skill 2 untuk melakukan last hit dan melakukan harrasing.

Selalu kendalikan Lapina-mu dalam jarak aman. Jika hero musuh kelihatan akan menyerang, jangan ragu untuk menggunakan skill 1 untuk kembali membuka jarak. Selain itu, saat creep/troop lane-mu berhasil pushing hingga mendekati tower lawan, mundurlah dan lakukan farming di hutan. Bermainlah seaman mungkin di fase awal permainan.

Mid Game

heroes-evolved-guide-lapina-mid

Lapina menjaga jarak aman di tengah pertarungan.

Ketika Lapina telah memiliki damage item, Lapina boleh mulai bertarung dengan hero lawan. Perhatikan minimap untuk melihat kesempatan melakukan gank. Ingat bahwa Lapina masih harus menjaga jarak aman dalam pertarungan dengan hero lawan. Jika diincar hero lawan, berusahalah segera untuk kabur. Dengan sebisa mungkin menghindari kematian, Lapina akan lebih cepat membentuk item.

Dalam pertarungan, Lapina akan sangat bergantung pada hero teman (terutama tank). Saat pertarungan berlangsung, mulailah dengan melemparkan skill 2 dari kejauhan. Kamu juga dapat menggunakan skill Ultimate dari jarak aman untuk memberikan damage tambahan. Jika hero lawan sudah bertarung dengan hero temanmu, mulailah gunakan skill 1 untuk bonus kecepatan serangan dan serang musuh dengan tetap memperhatikan jarakmu. 

Late Game

Lapina melakukan push terpisah di fase akhir permainan.

Di fase akhir permainan, seharusnya item Lapina-mu sudah sepenuhnya terbentuk. Oleh karena itu, kamu sudah dapat mulai bermain secara lebih agresif lagi.

Seharusnya kamu tidak menemukan masalah besar jika kamu berada dalam kondisi menang. Kamu cukup berkumpul dengan anggota tim dan melakukan push bersama. Gunakan skill-skill Lapina untuk menghabisi troop lawan secara cepat. Kamu juga dapat menggunakan skill 1 untuk menyerang tower dengan lebih cepat. Namun selalu perhatikan keamanan situas.

Namun jika kamu berada dalam posisi seri atau tertekan, maka kamu dapat mencoba melakukan splitpush dengan Lapina. Cari lane kosong saat lawan sedang melakukan push dan push lane tersebut secara cepat sementara tim-mu sedang bertahan. Pastikan kamu memiliki teleport untuk dapat kembali dan membantu teman-temanmu jika situasinya sudah gawat.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
heroes-evolved-saya heroes-evolved-crystal
Saya Crystal

Cara bermain Lapina adalah melakukan serangan beruntun dari kejauhan dan posisi aman. Oleh sebab itu, mage seperti Saya dan Crystal menjadi lawan yang mudah baginya. Selain dapat menjauh seketika dengan skill 1-nya, Lapina juga dapat membunuh hero-hero ini dengan cepat karena health mereka yang rendah.

Hati - Hati terhadap
Heroes-Evolved-Nightshade heroes-evolved-sun-wukong heroes-evolved-electros Hero-Bruce-Lee
Nightshade Sun Wukong Electros Bruce Lee

Hero yang harus diwaspadai Lapina adalah hero yang dapat menerjang dengan cepat. Hero-hero ini akan dapat dengan mudah menutup jarak mereka dari Lapina yang lembek. Oleh sebab itu, Lapina akan mengalami kesulitan dalam menghadapi hero-hero seperti NightshadeSun WukongElectros ataupun Bruce Lee, terutama jika hero-hero ini mengincar Lapina secara khusus.

Cocok Dengan
heroes-evolved-rockman Heroes-Evolved-Minos
Rockman Minos

Agar dapat melakukan serangan secara aman, Lapina memerlukan bantuan dari hero-hero tank yang dapat bertahan di garis depan. Hero seperti Rockman atau Minos menjadi pasangan yang cocok bagi Lapina.

Penutup

Meski di awal akan terasa sulit menggunakan Lapina, tapi sebenarnya Lapina tidak lemah sama sekali. Dengan item dan yang lebih penting cara memainkan yang tepat, Lapina merupakan salah satu hero pesaing bagi hero-hero marksman lainnya di Heroes Evolved. Build item yang meningkatkan kecepatan serangan dan damage yang diberikan, serta cara main yang mementingkan jarak aman Lapina dan hero musuh, akan menjadi kunci kemenangan saat menggunakan hero ini. Tentunya, jangan lupa untuk berlatih dengan Lapina di match biasa berkali-kali sebelum mencobanya di match ranked.

heroes-evolved-guide-lapina-end

See you in matches!

BACA JUGA