Hero Tanpa Tanda Jasa! Guide Hero Support di Heroes Evolved! – Part 1

heroes-evolved-guide-support-part1-featured

Memang tidak dapat disangkal bahwa mendapatkan kill terbanyak, godlike atau medali MVP terasa sangat menyenangkan saat bermain Heroes Evolved. Meski demikian, satu hal yang tetap menjadi yang paling penting sekaligus paling menyenangkan adalah menang. Untuk menang, keseimbangan hero dalam tim merupakan hal yang sangat penting. Dan di kala anggota tim lainnya memperebutkan siapa yang jadi adr, tank atau mage, ada satu role yang sering terlupakan: hero support.

Jika kamu bukan orang yang serakah dan suka membantu orang lain, maka mengambil peran support pasti sangat cocok untukmu. Di Heroes Evolved sendiri, ada beberapa hero support yang bisa kamu pilih dan tentunya masing-masing hero memiliki kelebihan dan cara mainnya masing-masing. Kalau sejauh ini kamu tertarik  untuk mempelajari hero support, maka guide ini akan jadi kelas pertamamu dalam menguasai jenis hero ini.

Apa itu Hero Support?

Hero support adalah hero yang fungsi utamanya adalah membantu anggota tim lain. Bukan memburu kill namun memastikan carry-mu tidak mati. Selalu berusaha membantu gank atau membantu teman untuk kabur dari gank. Sampai menjadi umpan atau bahkan mengorbankan diri selama tim bisa mendapatkan keuntungan. Itulah hero support.

Ada beberapa ciri khas yang dimiliki hero support. Biasanya, hero support memiliki banyak skill disable atau skill buff untuk diberikan kepada tim. Jenis hero ini juga biasa sangat kuat di tahap awal sampai tengah permainan. Di sisi lain, kebanyakan hero ini akan mudah mati di akhir permainan dan bergantung pada carry di fase ini.

Fungsi Utama Hero Support

Memainkan hero support memiliki mekanisme yang sangat dinamis jika dibandingkan dengan hero carry atau tank. Maksudnya, akan sangat berbeda memainkan hero support tergantung pada fase dan perkembangan permainan. Hero support harus bermain agresif di awal lalu semakin hati-hati menjelang akhir permainan. Oleh sebab itu, fungsi support akan dibagi berdasarkan fase permainan yang sedang berlangsung.

Early Game

Fase di mana hero support biasanya paling kuat dibanding hero lain. Fungsi utama support dalam fase ini adalah menjaga hero carry yang satu lane denganmu agar dapat  berkembang dengan baik hingga akhir permainan. Untuk melakukan ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan support.

  1. Membantu Carry Mendapat Last Hit

heroes-evolved-guide-support-part1-let-last-hit

Baik itu minion lawan, creep hutan atau hero sekalipun, kamu harus membiarkan hero carry-mu yang mendapatkan serangan terakhir kapanpun memungkinkan. Mendapat last hit akan memberikan Gold pada hero carry agar mereka menjadi lebih kuat lebih cepat. Terlebih lagi jika carry-mu menggunakan Glyph Bounty Hunter yang memberikan bonus Gold setiap mendapatkan kill. Berhasil melakukan ini akan memberimu banyak jumlah assist yang juga mempercepat pertumbuhan item-mu.

  1. Melindungi Carry dari Gank

heroes-evolved-guide-support-part1-protecting-from-gank

Cara paling ampuh melakukan ini adalah dengan mempelajari cara warding yang baik. Vision yang baik bisa membuatmu sadar saat lawan ingin melakukan gank dan kabur sebelum mereka sempat melakukannya.

Yang juga tak kalah penting adalah memperhatikan mini-map. Dan bukan hanya fokus kepada lane-mu, kamu  juga harus memperhatikan ketiga lane secara bersamaan dan secara terus-menerus. Apakah ada hero lane lain yang terlihat menghilang? Jika iya, kemungkinan besar dia sedang bersiap untuk melakukan gank.

  1. Melakukan Harrass kepada Hero Musuh

heroes-evolved-guide-support-part1-harrassing

Melakukan harassing (menyicil) hero musuh adalah hal yang sangat berguna untuk membantu hero carry-mu. Selain mengurangi Health mereka sedikit demi sedikit, kamu juga bisa menjauhkan mereka dari area mati creep sehingga mereka tidak mendapat Gold dan menghambat perkembangan item mereka. Jika lane-mu 2 lawan 2, maka kamu harus berlatih unutk menemukan jarak paling pas untuk melakukan ini. Namun jika musuhmu hanya 1 hero, kamu harus bermain super agresif. Tentu saja, tetap jangan mati dengan percuma.

Mid Game

heroes-evolved-guide-support-part1-mid

Fase ini berarti hero-hero, baik lawan maupun teman, sudah mulai berpencar dari lane-nya masing-masing. Pada tahap ini, hero carry harusnya sudah mulai mandiri dan tidak perlu dijaga. Tugasmu sekarang adalah tetap memperhatikan mini-map agar selalu mengetahui apa yang sedang terjadi. Ikuti push, defend, gank dan pertarungan tim sebisa mungkin untuk membantu hero-hero temanmu.

Late Game

Menjelang akhir permainan adalah fase yang paling sulit untuk memainkan hero support. Carry lawan maupun teman sudah menjadi semakin kuat di fase ini. Di sisi lain, kamu akan merasa semakin lemah (damage semakin kecil dan semakin mudah dibunuh). Oleh sebab itu, fase ini harus dimainkan sehati-hati mungkin. Pertarungan tim di fase ini bisa menentukan menang kalah dalam sekejap, jadi kamu harus menguasai jarak yang optimal agar membantu tim tanpa mati dengan cepat.

Item Hero Support

Tidak seperti hero lainnya, build item untuk support lebih situasional dan bergantung pada kebutuhan tim. Heroes Evolved sendiri memiliki beberapa item support yang gunanya membantu tim, dari memberikan buff ke teman atau debuff dan disable ke musuh. Berikut adalah item-item di Heroes Evolved yang sangat cocok untuk melakukan support pada tim

Mercy Guards

Boots-4-Mercy-Guards

Sepatu yang paling cocok untuk support. Item ini dapat memulihkan darah dan mana hero teman di sekitar serta memberikan bonus armor. Dalam pertarungan tim, item ini akan bisa jadi penyelamat teman-temanmu.

Cocok digunakan semua hero support.

Berserk Locket

Durable-3-Berserk-Locket

Mungkin banyak dari kamu yang hanya mengetahui item ini sebagai item untuk membuat Dancer’s Greaves. Namun, sebenarnya, item ini sendiri adalah item yang sangat baik. Selain mengurangi cooldown 15%, item ini juga dapat memberi buff berupa bonus kecepatan gerakan dan serangan pada hero teman di sekitar. Tidak hanya itu, hal terbaik dari item ini adalah harganya yang murah sehingga mudah dibeli di awal permainan.

Cocok digunakan support yang berposisi di belakang saat pertarungan. Buff akan sangat bagus jika diberikan kepada hero ranged.

Forcefield Jewel

Durable-4-Forcefield-Jewel

Item ini jarang ditemukan di rekomendasi item awal sehingga mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai ini. Dengan harga yang juga lumayan murah, item ini memiliki efek yang baik di situasi yang tepat. Forcefield Jewel dapat memberi buff berupa resistensi spell kepada semua hero teman yang berada di sekitar.

Sangat cocok digunakan bila berhadapan dengan banyak hero mage dengan skill area.

Alchemist’s Orb

Magical-4-Alchemist's-Orb

Item lain yang memiliki harga murah dan mudah didapat di fase awal permainan. Jika digunakan hero yang tepat, item ini akan sangat berguna untuk membunuh hero carry lawan di awal permainan. Alchemist’s Orb dapat mengurangi resistensi spell semua musuh yang berada di dalam radius. Ini akan membuat damage hero mage di tim-mu menjadi lebih sakit.

Cocok digunakan hero support yang berada di barisan depan (menerjang musuh atau menjadi umpan). Pastikan ada hero mage di tim-mu dengan damage area agar fungsi item ini lebih maksimal.

Pharoah’s Shroud

Magical-4-Pharaoh's-Shroud

Pharoah’s Shroud adalah item yang cocok untuk fase akhir permainan bagi hero support. Di fase akhir dimana hero support sudah menjadi lebih mudah mati, item ini bisa menyelematkan hero-mu. Selain itu, item ini juga memberi debuff pengurangan kecepatan serangan untuk musuh dan menjadi item yang sangat baik untuk mengumpan musuh.

Cocok digunakan  hero support yang memiliki banyak skill disable. Bertahan hidup hingga dapat menggunakan skill-nya berkali-kali adalah hal paling penting hero support dengan banyak skill disable. Itulah mengapa item ini jadi sangat penting.

Frozen Shard

Magical-5-Frozen-Shard

Item disable yang sangat baik di akhir permainan jika kamu bingung harus membeli item apa. Efek beku yang dimiliki item ini sangat bagus untuk menghentikan pergerakan hero kunci lawan. Item ini cocok digunakan hero support manapun

Catatan

Semua item harus dibeli tergantung situasi pertandingan. Dan kamu harus selalu ingat hanya boleh membeli maksimal 3 item efek aktif.

Kesimpulan

Bermain support tidak akan memberikanmu kill terbanyak, ataupun medali MVP. Namun saat kamu benar-benar menguasainya, bermain support akan mulai terasa memuaskan dengan sendirinya. Momen-momen saat kamu berhasil menyelamatkan nyawa carry-mu, atau menggunakan ultimate di saat yang tepat dan membalikan keadaan dalam sekejap bisa membuatmu kecanduan bermain support.

heroes-evolved-guide-support-part1-record

Ingat bahwa sebagai support kamu harus benar-benar menjadi pemain tim. Kamu harus terlibat dalam semua hal-hal besar yang dialami tim, baik itu pushing, defending, ganking ataupun pertempuran tim. Seiring waktu, rekan satu tim-mu akan sadar betapa pentingnya peran ini dan mulai memberikan apresiasi pada permainan support-mu.

Apa Selanjutnya?

Guide ini telah memberitahukan seluruh dasar yang harus kamu ketahui sebelum ingin memainkan support. Namun tetap saja, masing-masing hero memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan inilah yang harus kamu pelajari selanjutnya agar dapat mengetahui hero support mana yang harus dipick dalam situasi-situasi tertentu. Guide mengenai seluruh hero support di Heroes Evolved akan segera bisa kamu baca hanya di GCube!

 

Bukan hero dengan Gold terbanyak, bukan hero dengan damage tertinggi ataupun hero yang paling disegani lawan. Namun keberadaan hero support, seringkali menjadi perbedaan tipis antara kemenangan dan kekalahan.

heroes-evolved-guide-support-part1-victory

See you in matches!