Freya Sang Dominator – Guide Freya

freya-guide-feat-image

Pendahuluan

freya-guide-banner

Freya adalah salah satu hero carry yang kuat di setiap tahap permainan jika dimainkan dengan benar. Dengan skill - skillnya Freya dapat mendominasi lane dan memaksa musuh untuk bermain dengan sangat aman atau bahkan meninggalkan lane yang mereka jaga.

Namun, jangan berpikir bahwa dominasi Freya hanya pada saat laning saja. Jika menggunakan build yang tepat dan dimainkan dengan tepat, Freya bahkan dapat mendominasi seluruh permainan.

Guide ini akan membantumu untuk memainkan Freya pada potensi terpenuhnya. Dominasi permainan dan sebarkan rasa takut pada musuhmu!

Kelebihan dan Kekurangan Freya

Kelebihan:

• Dapat memberikan damage yang sangat tinggi lewat skill - skillnya. Hal ini memungkinkan Freya untuk melakukan gank dan membantu teamfight lebih cepat dibandingkan hero carry lainnya.

• Cukup fleksibel dalam build itemnya. Memungkinkan Freya untuk merubah item yang ia beli untuk mengahdapi komposisi musuh tertentu tanpa mengorbankan kekuatannya.

Kekurangan:

• Sangat tipis dan skill mobilitasnya memiliki cooldown yang cukup lama. Dapat diatasi dengan memperhatikan positioning dan pergerakan hero musuh di minimap.

• Boros mana karena gaya mainnya mengharuskan Freya untuk terus - menerus menggunakan skill - skillnya.

Glyph dan Jewel

Glyph merah yang terbaik untuk Freya adalah Miser (Kikir) yang akan memungkinkan Freya membeli item awal dengan cukup cepat. Keunggulan item awal akan memungkinkan Freya untuk mendominasi lane dengan mudah. Sedangkan untuk jewel merahnya Gunakan Thievery (Pencurian) untuk tambahan damage yang lumayan di awal permainan serta sedikit lifesteal untuk memastikan kamu bisa terus farming.

Untuk glyph biru, gunakan Bounty Hunter (Pemburu Hadiah). Karena Freya adalah hero yang aktif untuk memburu hero lawan, bonus coin yang didapat dari Bounty Hunter akan sangat menguntungkan bagi Freya untuk memperlebar jarak pendapatan dengan hero carry musuh. Sedangkan jewel biru yang terbaik untuk Freya adalah Burst (Ledakan). Tambahan damage dan kesempatan critical dari jewel ini akan mempermudah tugas Freya untuk menghabisi hero musuh dengan cepat.

Freya dapat memilih 2 glyph hijau yang cocok untuknya, Devourer (Pelahap) atau Back and Forth (Pulang Pergi). Devourer akan membantu masalah mana Freya yang selalu ingin untuk menggunakan skill 2nya. Sedangkan Back and Forth sangat membantu mobilitas Freya untuk melakukan gank di lokasi yang jauh maupun bergabung membantu teamfight dengan cepat. Untuk jewel hijaunya, jewel Racer (Pembalap) merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan Freya.

Build Item Freya

Ketika memulai permainan belilah 2 buah Attack Talons. Selain memudahkanmu untuk melakukan last hit, Attack Talons juga akan meningkatkan damage skill 2 mu yang merupakan cara terbaik untuk memberikan damage yang tinggi pada lawan.

Jangan khawatir tentang mobilitas di awal karena Freya dapat melukai musuh dari jarak aman dan menggunakan skill 1 untuk meningkatkan kecepatan jika perlu melarikan diri atau mengejar musuh.

Core item yang harus didapatkan Freya untuk membuka potensi bertarungnya adalah War Boots, Reaper Mask, dan Mana Slicer.

War Boots dan Reaper Mask sangat membantu Freya untuk memberikan damage yang lumayan besar di awal serta meningkatkan kemampuan bertahan hidupnya. Terutama Reaper Mask yang memberikan stat yang cukup baik serta kemampuan lifesteal yang sangat berguna.

Ketika kamu telah memiliki 2 item tersebut segera buat Mana Slicer. Selain efek pasifnya yang dapat menghabisi mana musuh, stat yang diberikan juga sangat berguna untuk Freya untuk melepaskan damage yang tinggi. Selain itu, skill aktif yang diberikan item ini juga berguna untuk menghabisi musuh yang sekarat dan akan melarikan diri dari seranganmu.

Setelah core item-mu lengkap, mulalilah membeli item - item yang akan meningkatkan output damage Freya. Item pertama yang harus kamu beli adalah Butterfly Wings. Selain menambah damage dengan cukup signifikan, efek pasif dari item ini sangat cocok dengan gaya main Freya. Efek menghindar memungkinkan Freya untuk terjun lebih agresif ke pertarungan. Sementara efek lainnya yaitu menambah kecepatan sangat berguna untuk mengejar dan melakukan gank.

Selanjutnya kamu dapat memilih antara Ragnorak Cannon atau Shattering Spike. Ragnorak Cannon memiliki efek tambahan critical yang cocok dengan jewel yang Freya gunakan. Tambahan damagenya juga sangat tinggi memudahkan Freya untuk menghabisi musuh dengan cepat. Sedangkan Shattering Spike akan memudahkan Freya menghadapi hero musuh yang lebih tebal karena item ini memberikan pure damage yang tidak bisa ditahan armor.

Untuk slot item terakhir kamu memiliki 2 pilihan yang bergantung pada situasi pertarungan. Dalam keadaan memerlukan lebih banyak damage untuk menghabisi hero musuh, belilah Metronome Staff. Selain tambahan damage yang tinggi, skill pasif dari item ini memiliki sinergi yang sangat baik dengan skill pasif Freya yaitu sama - sama menambah damage berdasarkan persentase health musuh.

Jika kamu merasa damage-mu sudah cukup tinggi atau ketika tim musuh memiliki banyak disable maka belilah Accursed Eye. Selain efek aktifnya melindungi Freya dari skill musuh, tambahan health dan mana dari item ini juga sangat berguna untuk Freya.

Build Skill Freya

Fokuslah meningkatkan skill 2 terlebih dahulu. Skill ini adalah sumber damage utama Freya hingga mid-game. Dengan kombinasi item yang tepat skill ini dapat mengurangi health musuh hingga setengahnya!

Setelah itu kamu dapat fokus meningkatkan skill 4 agar damage auto attack Freya menjadi sangat tinggi. Dengan damage persentase HP dari skill 4 kamu dapat dengan mudah membunuh hero tank sekalipun.

Skill terakhir yang kamu tingkatkan adalah skill 1. Kamu hanya butuh 1 poin saja dari skill ini untuk tambahan kecepatanmu dan supaya skill 2 mu dapat menembus musuh. Meningkatkan skill ini hanya akan mengurangi cooldownnya saja. Akan lebih berguna jika kamu meningkatkan skill lain terlebih dahulu.

Sedangkan untuk skill 3 (ulti) sebaiknya kamu tingkatkan terus ketika bisa ditingkatkan.

Cara Memainkan Freya

Early Game

Pada tahap laning Freya dapat dimainkan di mid atau bottom. Keunggulan bermain di mid adalah banyaknya EXP yang bisa didapat Freya dan akses mudah ke lane lain untuk melakukan gank. Sedangkan bermain di bottom lane memungkinkan Freya untuk farming lebih aman dan akses ke monster yang memberikan buff.

Mainkan Freya dengan agresif di mid. Serang musuhmu dengan skill 2

Bermain Freya di mid mengharuskanmu untuk lebih agresif dari awal. Selain mencoba melakukan lasthit kepada minion, gunakan terus skill 2 Freya ke arah hero mid lawan. Terutama di awal permainan, skill ini sangat kuat. 2 - 3 kali terkena pada jarak maksimumnya dapat mengakibatkan lawan sekarat dengan cepat. Jangan takut untuk bertukar serangan dengan hero musuh karena biasanya pada tahap ini Freya-lah yang akan menang.

Namun, perhatikan juga penggunaan mana-mu. Pastikan spell Heal selalu siap jika dibutuhkan, atau habisi jungle creep di dekat mid lane untuk regen mana jika kamu menggunakan glyph Devourer (Pelahap).

Kesuksesanmu bermain di mid tidak harus dihitung dari kill yang kamu dapat. Memaksa lawanmu untuk kembali ke base sehingga mereka harus kehilangan EXP dan coin yang cukup banyak juga sudah cukup.

Ambillah buff sesering mungkin ketika bermain di bottom lane

Sedangkan jika dimainkan di bottom lane, Freya tidak jauh berbeda dengan hero carry lainnya. Lakukan farming hingga kamu memiliki 1 atau 2 core item sebelum kamu melakukan roam. Dengan skill 1 dan skill 2 seharusnya kamu tidak akan menghadapi banyak masalah dalam laning.

Jangan lupa untuk mengambil buff karena Freya adalah salah satu hero yang memiliki sinergi yang baik dengan hampir semua macam buff. Buff attack meningkatkan damage Freya (termasuk damage skill 2), speed memungkinkan Freya memposisikan diri dengan baik dan mengejar hero musuh yang kabur (sinergi dengan skill 1), dan buff gold akan mempercepat perkembangan item Freya.

Mid Game

Gank hero musuh! Terutama mage tanpa mobilitas seperti Saya

Disinilah ketika Freya sedang kuat - kuatnya dibanding hero lain (jika fase laning berjalan dengan baik). Manfaatkan mobilitas Freya untuk melakukan gank ke lane yang lain. Terutama jika ada hero - hero musuh yang tipis dan tidak memiliki kemampuan untuk melarikan diri.

Banyaknya gank yang sukses akan memperlebar jarak pendapatan Freya dengan hero lain sehingga Freya dapat menyelesaikan permainan dengan cepat. Ingat untuk selalu menghabisi jungle creep di dekat lokasi gank jika kamu memerlukan mana. Kekurangan mana sedikit saja dapat mengakibatkan gank yang kamu lakukan gagal, bahkan bisa jadi kamu akan di-gank balik oleh hero - hero musuh yang kini sudah mengetahui posisimu.

Late Game

Damage yang ditimbulkan skill 2 Freya ketika sudah mendapat semua item yang ia perlukan dan mendapat buff attack

Memasuki late game, bukan hanya damage skill 2 Freya saja yang tinggi. Damage serangan biasanya juga akan menjadi sangat menakutkan. Ini memungkinkanmu untuk bermain lebih agresif daripada sebelumnya! Bahkan hero tank pun akan meleleh terkena damage-mu ditambah efek dari skill pasif.

Tekan terus tower terakhir lawan dan push terus hingga aegis hancur. Fokus bermain bersama tim-mu dan jangan ragu mengejar hero musuh yang melarikan diri dari teamfight agar mereka tidak dapat mempertahankan markasnya.

Jika perlu, kalahkan Zakar sendirian sementara teman setim-mu melakukan push. Freya dapat dengan mudah menghabisi Zakar di late game.

Namun, jangan terlalu ceroboh dan menyerahkan keunggulan yang sudah kamu kuasai kembali kepada lawan. Bermainlah dengan agresif namun hati - hati dengan melihat posisi tim lawan serta tingkat health-mu.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
heroes-evolved-rockman Heroes-Evolved-yuki Heroes-Evolved-Magicka
Rockman Yuki Magicka

Freya kuat menghadapi hero tank dengan mobilitas rendah seperti Rockman. Dengan kombinasi skill 1 dan 4, Freya dapat menghabisi hero ini dengan cepat.

Selain itu Freya juga kuat dalam melakukan gank terhadap mage dengan mobilitas rendah yang tidak memiliki disable seperti Yuki dan Magicka. Hero seperti mereka biasanya akan mati terlebih dahulu sebelum bisa melakukan serangan balasan.

Hati - Hati terhadap
Heroes-Evolved-Estrath heroes-evolved-sun-wukong
Estrath Sun Wukong

Freya harus waspada menghadapi hero yang dapat menutup jarak dengan sangat cepat dan menghambat mobilitas Freya seperti Estrath dan Sun Wukong. Jika kamu dalam posisi sendirian dan mendapat gank dari kedua hero ini, hampir mustahil kamu dapat melarikan diri dari mereka.

Cocok Dengan
Heroes-Evolved-Hero-Burninator Heroes-Evolved-Lotus Heroes-Evolved-Flavia heroes-evolved-venom
Burninator Lotus Flavia Venom

Freya cocok dimainkan dengan komposisi tim yang dapat menghancurkan formasi musuh dalam teamfight. Burninator, Lotus, Flavia, dan Venom dapat merusak kekompakan musuh dengan skill - skill crowd control yang mereka miliki. Ketika formasi musuh sudah pecah, Freya dapat dengan mudah menghabisi hero lawan yang terisolasi satu persatu.