Mage, Tank Atau Assassin? Cherith Bisa Jadi Ketiganya Sekaligus! – Guide Cherith

heroes-evolved-guide-cherith-featured

Pendahuluan

heroes-evolved-hero-cherith-portrait

Kalau biasanya setiap hero memiliki perannya masing-masing secara khusus, tapi bisa jadi ini tidak berlaku buat Cherith. Baru dirilis tanggal 7 Maret kemarin, Cherith bisa dibilang sebagai salah satu hero paling serba guna di barisan hero Heroes Evolved.

Sebagai hero tipe Strength, Cherith memiliki status health dan armor yang sangat mumpuni untuk menjadi hero tank. Di sisi lain, Cherith sangat berbeda dengan hero tank lainnya karena tidak memiliki skill khusus yang membuatnya lebih keras. Malah, seluruh skill Cherith lebih mirip hero mage karena bertipe magic dengan damage besar dan kemampuan disable yang luar biasa. Sebaliknya, cara bermain Cherith lebih mirip dengan hero assassin (menerjang dan membunuh musuh), sehingga Cherith sering kami sebut sebagai Magic Tank Assassin.

Guide ini akan lebih fokus untuk menyeimbangkan seluruh potensi yang dimiliki Cherith. Di awal permainan, Cherith akan cukup sakit untuk membunuh hero-hero lawan sebagai assassin. Menjelang fase tengah permainan, Cherith akan lebih banyak berperan sebagai tank dan membuka pertarungan. Sedangkan di fase akhir, Cherith lebih banyak fokus membantu tim dengan memberikan disable ke musuh-musuh yang mudah diserang.

Ini diharapkan akan memberikan gambaran dasar tentang Cherith sebagai hero. Ke depannya, kamu dapat mengembangkan build Cherith-mu sendiri tergantung situasi permainan (bisa fokus tank, disabler atau assassin).

Glyph dan Jewel

Fase awal adalah fase di mana Cherith memiliki kekuatan terbesar dan melakukan banyak ganking. Oleh sebab itu, perkembangan item di awal menjadi penting supaya Cherith lebih berkembang ketimbang hero lawan hingga fase selanjutnya. Glyph Miser (Kikir) dan Bounty Hunter (Pemburu Hadiah) akan amat membantu dalam aspek ini. Sedangkan untuk Glyph hijau, Back and Forth (Pulang Pergi) memudahkan Cherith untuk membantu anggota tim yang sedang kesulitan.

Build Item Cherith

  • Guardian Boots (Sepatu Penjaga)
    Sepatu ini akan berguna di awal permainan supaya Cherith sulit dibunuh.
  • Alchemist’s Orb (Orb Sihir)
    Mengingat semua skill Cherith adalah skill tipe magic dan area, aura pengurangan resistensi spell dari item ini buat skill-skill Cherith jadi lebih sakit. Apalagi, item ini murah sehingga mudah dibeli.
  • Quick Pulse (Denyut Cepat)
    Status item ini cocok buat Cherith makin keras. Selain itu, lifesteal magic-nya cocok dengan skill area Cherith. Belum lagi cooldown 20% yang buat skill 1 Cherith makin cepat digunakan.
  • Demonic Diadem (Mahkota Iblis)
    Menambah pengurangan cooldown 10%. Efek pasifnya juga buat serangan Cherith makin sakit dan cocok karena Cherith tipe yang sering memakai skill.
  • Frost Bite (Pelindung Beku)
    Item-item di fase akhir lebih mementingkan Cherith sebagai tank dan disabler. Item ini selain punya status yang cocok, juga punya efek aktif yang bisa slow hero lawan dan menambah kemampuan Cherith sebagai disabler.
  • Pharoah’s Shroud (Kain Kafan Firaun)
    Agar Cherith tidak cepat mati di fase akhir game, item ini cocok untuk membuat Cherith bertahan setelah mengeluarkan semua skill.

Rekomendasi Pembaca

oleh: Andy Pagat Dimana

Menurut Andy, Pharoah's Shroud kurang cocok dengan Cherith dan dapat digantikan Accursed Eye (Mata Pengusir Setan) sebagai penangkal disable musuh. Ini disebabkan kebebasan bergerak Cherith sangatlah penting untuk melaksanakan kombinasi skill-nya dengan baik. Jika kamu membeli ini, kamu juga bisa membeli ini sebagai item ke-5 sesuai situasi.

Selain itu, Heaven's Hammer (Godam Penghakiman) juga bisa menggantikan Demonic Diadem karena efek slow-nya akan sangat membantu.


 

Build Skill Cherith

Skill 1 menjadi skill paling penting Cherith mengingat skill ini memberikan damage area yang besar dengan cooldown yang rendah. Oleh karena itu skill 1 harus ditingkatkan pertama hingga penuh. Selanjutnya adalah skill 2 yang digunakan untuk menerjang lawan. Skill 2 dapat ditingkatkan bergantian dengan skill 4 karena keduanya sama penting.

Tips Menggunakan Skill Cherith

  • Skill 1
    Skill ini makin sakit jika digunakan terus menerus dalam waktu 5 detik (maks. 4 kali). Kamu bisa menggunakan skill ini sebelum menerjang hero musuh (untuk menumpuk damage) agar lebih sakit saat digunakan kepada hero musuh tersebut. Sebelum menggunakan pada hero musuh, pastikan skill 4 sudah digunakan agar musuh terkena efek Confused.
  • Skill 2
    Gunakan secara hati-hati karena cooldown lumayan lama. Dapat digunakan untuk menerjang atau kabur dari musuh. Setelah menerjang, health yang berkurang saat terjangan akan dipulihkan, jadi sesuaikan timing pada saat menggunakan untuk kabur.
  • Skill 3
    Skill ini paling cocok untuk membuka pertarungan. Gunakan skill ini dari jauh ke tempat hero musuh berkumpul. Kemudian gunakan skill 2 untuk masuk ke zona yang diciptakan skill 3 agar meledak dan memberi efek Confused pada semua musuh di dalamnya.
  • Skill 4
    Akan aktif otomatis saat menyerang jika stack sudah mencapai 4 (stack bertambah setiap kali menyerang atau menggunakan skill). Pastikan stack sudah 4 sebelum menerjang lawan agar serangan pertama setelah terjangan terpengaruh skill ini. Dapat menambah stack dengan spam skill 1 (karena cooldown sebentar dan biaya mana sedikit).

Cara Bermain Cherith

Early game – Ganker Assassin

heroes-evolved-guide-cherith-early

Di fase ini, Cherith masih memiliki damage yang sakit karena item hero lawan pun belum berkembang. Ini menyebabkan Cherith masih terasa keras dan memiliki damage tinggi sehingga paling cocok dimainkan sebagai Assassin yang sering melakukan ganking. Saat mencapai level 3 (sudah memiliki skill 1,2 dan 4), Cherith-mu sudah boleh mulai menerjang lawan untuk mendapatkan kill maupun assist di awal permainan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, gunakan skill 1 Cherith meski tidak ada musuh di sekitar untuk menambah stack/tumpukan skill 4 sebelum melakukan terjangan. Setelah menerjang, lakukan serangan biasa hingga skill 4 aktif, baru gunakan skill 1agar lawan terkena efek Confused. Ini akan sangat memudahkan membunuh hero lawan meski health mereka masih penuh, dengan catatan trdapat hero temanmu yang membantu memberikan damage (khususnya hero ranged).

Mid game – Tank Inisiator

heroes-evolved-guide-cherith-mid

Pada fase ini akan lebih sulit bagi Cherith untuk dapat membunuh hero-hero tank lawan. Di sisi lain, Cherith masih lumayan keras dan sulit dibunuh sementara hero carry lawan sudah mulai membangun damage. Sebab itulah pada fase ini, fungsi utama Cherith adalah membuka pertarungan dan berada di lini depan sebagai tank. Cherith juga sebaiknya mengincar hero-hero lawan yang berada di lini belakang karena akan lebih mudah dibunuh.

Untuk membuka pertarungan dengan Cherith, paling baik dimulai dengan melemparkan skill Ultimate-nya (sebaiknya di lini belakang musuh tempat para mage dan ranged). Gunakan skill 2 ke tempat tersebut agar Ultimate meledak dan memberi efek Confused bagi para musuh. Lanjutkan dengan serangan biasa (skill 4) dan skill 1 agar musuh tetap Confused sembari memberi damage. Dengan begini lini belakang musuh akan kebingungan dan pertarungan tim pasti lebih menguntungan bagi tim-mu.

Late Game – Disabler

heroes-evolved-guide-cherith-late

Jika game berlangsung hingga mencapai fase ini, maka memainkan Cherith akan menjadi jauh lebih tricky. Sebab pada fase akhir permainan hero lawan (terutama hero carry) sudah memiliki damage yang besar. Di sisi lain, Cherith dengan build yang bukan fokus mejadi tank akan kesulitan bertahan dalam pertarungan tim melawan serangan lawan. Hero lawan, baik ranged maupun mage pun sudah menjadi keras dana damage Cherith sendiri tak lagi cukup untuk membunuh mereka.

Maka dari itulah Cherith lebih cocok dimainkan sebagai disabler yang fokus membantu tim pada fase ini. Ini sulit dilakukan sebab Cherith tidak hanya timing yang luar biasa baik agar fungsinya maksimal, namun juga perlu kerja sama tim yang baik dari para anggota tim.

Contohnya adalah saat membuka pertarungan di fase ini. Tidak cukup penempatan dan timing skill Ultimate yang pas, namun setelahnya follow-up dari tim juga harus cepat dilakukan. Jika tidak, maka sudah hampir pasti Cherith akan dibunuh lawan dengan cepat. Situasi alternatif adalah memancing lawan untuk membuka pertarungan terlalu cepat dan menyerang balik saat mereka lengah. Bagaimana pun, fase ini tetaplah sulit dan kamu harus fokus untuk membantu tim sekarang dan tidak lagi memburu kill.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
Heroes-Evolved-Minerva heroes-evolved-solus heroes-evolved-pyrrhus
Minerva Solus Pyrrhus

Seperti kebanyakan Assassin, Cherith sangat cocok melawan hero-hero tipis. Hebatnya, Cherith memiliki skill disable yang bisa di-spam sehingga hero musuh lebih susah mengelak. Minerva, Solus dan Pyrrhus jadi mangsa empuk buat Cherith, apalagi di fase awal permainan.

Hati - Hati terhadap
Hero-Bruce-Lee heroes-evolved-electros heroes-evolved-hero-e-stein
Bruce Lee Electros E-stein

Untuk melakukan disable dengan baik, Cherith harus menggunakan urutan skill dengan tepat. Selain itu, mobilitas Cherith juga amat bergantung pada skill 2. Sulit untuk mengejar atau kabur dari hero yang berhasil lolos setelah Cherith menggunakan skill 2. Maka dari itu, Cherith harus ekstra hati-hati melawan hero yang dapat melakukan knockback seperti Bruce Lee, Electros dan E-stein. Sebab ini akan mengganggu urutan penggunaan skill Cherith hingga tidak menjadi maksimal.

Cocok Dengan
heroes-evolved-crystal Heroes-Evolved-Lunaria heroes-evolved-una
Crystal Lunaria Una

Cherith akan sangat baik jika dipasangkan dengan hero mage yang memiliki kemampuan slow dan damage area. Efek slow akan memudahkan Cherith menerjang lawan, sedangkan damage area akan menjadi lebih sakit karena dikombinasikan dengan item Alchemist's Orb yang merupakan salah satu build item Cherith. Itulah mengapa hero seperti Crystal, Lunaria dan Una yang menjadi partner yang cocok buat Cherith.

Penutup

Tidak seperti hero pada umumnya, Cherith adalah hero serba guna yang bisa mengisi 3 peran sekaligus. Meski tidak akan sebaik hero dengan peran dan build yang khusus, keseimbangan milik Cherith pada guide ini bisa jadi triple threat yang membingungkan musuh. Tentunya, kamu harus pandai beradaptasi dengan situasi dan  tangkas dalam merubah cara bermain Cherith. Juga jangan lupa untuk membuat build-mu sendiri yang menurutmu lebih cocok dengan gaya mainmu, dan bagikan dengan kami di kolom komentar!

See you in matches!

BACA JUGA