Tinju Halilintar Bruce Lee! Guide Bruce Lee

hero-bruce-lee-portrait

Pendahuluan

heroes-evolved-news-bruce-lee-official-debut

Siapa yang tak kenal Bruce Lee? Setelah meninggalkan jejaknya di dunia kita, kini sang legenda melanjutkan kisahnya di Heroes Evolved. Bruce Lee sudah secara resmi hadir di Heroes Evolved sejak 18 Oktober lalu. Membawa seni bela dirinya yang khas, Jeet Kune Do, Bruce Lee sebenarnya adalah salah satu hero yang harus diwaspadai. Sayangnya, mengendalikan Bruce Lee untuk bergerak apik seperti yang terlihat di berbagai filmnya tidaklah mudah. Ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa Bruce Lee menjadi hero yang kurang populer di Heroes Evolved.

Tak jauh berbeda dari kisah sang legenda sendiri, untuk menguasai Bruce Lee di Heroes Evolved perlu ketekunan dan usaha lebih. Namun saat dapat menguasai Bruce Lee dengan sempurna, tinju dan tendangannya akan membuka jalan untuk meraih kemenangan. Guide ini akan membawamu memahami dan membuka potensi Bruce Lee sebagai hero di Heroes Evolved. Bruce Lee sendiri merupakan hero yang sangat serbaguna. Skill-skill yang dimilikinya dapat memberikan damage yang tinggi, membuka pertarungan, menjadi tank, melakukan gank dan juga sangat lincah.

Meski dapat menjadikan banyak hal, guide ini akan fokus pada build Bruce Lee sebagai tank yang lincah. Meski tidak akan sekeras hero tank murni, skill yang dimiliki Bruce Lee akan bisa menutupi kekurangan ini. Dengan kelincahan akibat skill miliknya, Bruce Lee dapat dengan mudah melarikan diri dari situasi genting sekalipun. Jika dimainkan tepat, Bruce Lee-mu akan hampir mustahil untuk dibunuh. Build item, glyph serta jewel ditujukan untuk memberikan damage yang signifikan, sekaligus membuat Bruce Lee menjadi keras dan sulit dibunuh. Dengan memiliki damage dan dapat bertahan lama, build ini akan menjadikan Bruce Lee tank, ganker sekaligus initiator yang baik.

Di akhir permainan, mungkin kamu tidak akan menemukan Bruce Lee sebagai MVP atau hero dengan kill terbanyak. Namun jika dimainkan dengan tepat, Bruce Lee akan menjadi hero yang sangat berguna dan menjadi penopang untuk kemenangan tim. Pada akhirnya, ini sesuai dengan kata-kata sang legenda sendiri, "kehidupan sesungguhnya adalah hidup untuk orang lain".

Kelebihan dan Kekurangan Bruce Lee

Kelebihan:

  • Sangat lincah akibat skill 4; lari dari kejaran Bruce Lee hampir mustahil; kelincahan Bruce Lee juga membuatnya sangat sulit dibunuh karena mudah untuk kabur.
  • Skill ultimate dapat menghancurkan formasi musuh, menbuat Bruce Lee dapat membuka pertarungan.
  • Serbaguna; dapat menjadi tank ataupun hitter.
  • Meski tidak digolongkan sebagai hero Durable, Bruce Lee tetap lumayan keras dan sulit dibunuh, terlebih lagi dengan bantuan skill 1 milikinya.

Kekurangan:

  • Bruce Lee termasuk hero yang sulit dikuasai; perlu upaya lebih dan latihan terus menerus sebelum terbiasa menggunakan Bruce Lee dengan sempurna.
  • Bruce Lee cenderung lemah di late game; oleh sebab itu gaya main yang agresif sangat disarankan bagi hero ini.
  • Untuk alasan yang sama, Bruce Lee juga (setidaknya sampai tingkat tertentu) bergantung pada rekan satu timnya, terlebih di late game.
  • Karena karakteristiknya yang cenderung menerjang ke garis depan, Bruce Lee lemah terhadap hero-hero disable yang dapat dengan mudah menghentikan gerakannya saat dia terlanjur di area musuh.

Glyph dan Jewel

Glyph

 

Bruce Lee merupakan hero yang tergolong kuat di fase awal sampai tengah permainan. Dengan memanfaatkan efek pasif dari skill 4-nya, Bruce Lee memiliki mobilitas yang tinggi untuk menjadi ganker yang baik. Oleh sebab itu, pilihan glyph merah yang cocok untuk Bruce Lee adalah Skill Master/Pakar Keahlian yang dikombinasikan dengan glyph hijau Back and Forth/Pulang Pergi. Kombinasi kedua glyph ini akan memudahkan Bruce Lee untuk melakukan gank ataupun membantu teman dengan cepat.

Untuk pilihan glyph biru, Bulldozer menjadi pilihan yang tepat untuk Bruce Lee. Dengan kelincahannya, Bruce Lee akan sering menerjang ke dalam area serangan tower untuk mengejar musuh. Efek pengurangan 15% damage tower dari glyph Bulldozer. Tentu saja, glyph-glyph ini akan bekerja maksimal saat menggunakan yang Major/Besar.

Jewel

Ada 2 jenis jewel yang dapat memaksimalkan kekuatan Bruce Lee sebagai hero.  Jenis pertama akan memaksimalkan damage Bruce Lee dan jenis kedua akan membuat Bruce Lee lebih keras.

Kombinasi jewel jenis pertama menggunakan jewel Puncture (Tusukan) sebagai jewel merah. Jewel ini akan memberikan damage menembus armor yang meningkatkan damage serangan setelah menggunakan skill 2. Untuk jewel biru, Burst (Ledakan) menjadi pilihan yang tepat. Damage dan peluang critical juga akan memberikan damage lebih saat setelah menggunakan skill 2. Penetration (Penetrasi) akan lebih jauh menambah damage dan tembus armor menjadi pilihan tepat untuk glyph hijau.

Jika lebih ingin membuat Bruce Lee menjadi tank, pilihan jewel akan lebih mementingkan peningkatan armor. Oleh karena itu, pilihan glyph merah adalah Armor. Pilihan jewel biru dan hijau yang direkomendasikan adalah Barrier (Penghalang) dan Speed Demon (Supercepat) yang menawarkan peningkatan armor.

Jenis jewel yang digunakan sebaiknya disesuaikan dengan gaya main dan situasi. Kamu juga dapat menggabungkan kedua jenis jewel yang telah disebutkan, seperti menggunakan 5 jewel jenis pertama dan 4 jewel jenis kedua.

Build Item Bruce Lee

Saat permainan baru saja dimulai, Bruce Lee sebaiknya membeli Platemail (Armor Tentara). Penambahan armor dari item ini akan sangat berguna di awal permainan, terlebih lagi Bruce Lee-mu mendapatkan kesempatan untuk mengambil buff dari jungle protector. Kemudian, setelah coin sudah cukup terkumpul, belilah Dash Boots (Sepatu Gesit) untuk persiapan membeli item Guardian Boots (Sepatu Penjaga).

Guardian Boots (Sepatu Penjaga) adalah pilihan sepatu yang tepat untuk Bruce Lee. Sepatu ini sangat esensial bagi ketahanan Bruce Lee di fase awal permainan. Item berikutnya yang harus dibeli adalah Heaven's Hammer (Godam Penghakiman). Item ini sangat cocok dengan build Bruce Lee yang ingin kita capai. Selain status yang akan membuat Bruce Lee semakin keras, efek bonus damage juga sangat sesuai jika digabungkan dengan skill 2 Bruce Lee.

Setelah memiliki Heaven's Hammer, item selanjutnya yang harus dibeli adalah Searing Longsword (Kaisar Bersinar). Status armor dan health yang diberikan oleh item ini akan sangat membantu Bruce Lee untuk bertahan lama dalam pertarungan. Terlebih lagi, mengingat karakteristik hero Bruce Lee yang cenderung menerjang ke garis depan, efek Burn dari item sangat cocok jika menggunakan build yang mengutamakan kekerasan. Namun jika build Bruce Lee-mu lebih fokus terhadap pemberian damage, maka item ini bisa kamu abaikan dan kamu boleh langsung membeli item selanjutnya.

Item core terakhir yang penting bagi Bruce Lee adalah Accursed Eye (Mata Pengusir Setan). Namun perlu diingat bahwa item ini adalah item yang sangat bergantung pada situasi. Accursed Eye sangatlah esensial bagi Bruce Lee saat satu atau lebih hero lawan memiliki skill disable. Mengingat kelemahan Bruce Lee atas disable, item ini tentunya dapat menutupi kekurangan yang dimilikinya itu. Tentu saja kamu boleh tidak membeli item ini kalau barisan hero lawan tidak memiliki skill disable yang bisa melumpuhkan Bruce Lee-mu.

Setelah memiliki seluruh item core, sebenarnya item-item berikutnya sudah lebih fleksibel dan bergantung pada cara main masing-masing. Mengingat guide ini bertujuan untuk menjadikan Bruce Lee tank yang lincah, pilihan item selanjutya adalah King's Armor (Armor Kaisar). Selain status yang cocok untuk tank, efek pengurang armor dari item ini juga akan membuat serangan Bruce Lee lebih mematikan. 

Item terakhir yang dapat kamu beli adalah Phoenix Heart (Jantung Titan). Item ini akan memberikan health dan regenerasi health yang sangat berfungsi di fase akhir permainan. Ini juga menjadi pilihan yang cocok karena pada fase ini damage dari hero-hero lawan biasanya sudah tinggi. Karena itu, item yang dibeli lebih cocok untuk memberikan ketahanan pada Bruce Lee dalam pertarungan tim. Regenerasi health yang diberikan juga sangat berguna di fase akhir saat ingin melakukan pushing setelah pertarungan. Ini disebabkan item ini membuat Bruce Lee dapat memulihkan diri tanpa harus kembali ke markas.

Build Skill Bruce Lee

Skill pertama yang harus ditingkatkan adalah skill 1. Skill ini sangat penting di awal permainan karena efek shield/pelindung yang ditawarkannya. Efek ini amat berguna untuk melakukan farming di awal permainan, baik di lane maupun di jungle/hutan. Setelah itu ambilah skill secara berurutan (skill 2, skill 4 dan skill Ultimate). Skill 2 dan 4 akan sangat baik untuk melarikan di saat genting, juga untuk mengejar musuh yang sedang sekarat. Inilah urutan skill untuk fase awal permainan.

Di fase tengah permainan, tingkatkanlah skill 1 dan skill 2 secara bergantian. Kapasitas perisai skill 1 akan meningkat dan membuat Bruce Lee sulit dibunuh. Sedangkan bonus damage dari skill 2 akan sangat baik di awal permainan untuk menerjang dan memberikan damage, terutama pada hero-hero tipis yang berada di barisan belakang lawan. Jangan lupa meningkatkan skill Ultimate kapanpun memungkinkan. Skill Ultimate akan sangat berguna sebagai alat pembuka pertarungan. Gunakan skill 2 untuk menerjang ke area musuh dan gunakan ultimate untuk menendang mereka ke area hero teman.

Cara Memainkan Bruce Lee

heroes-evolved-guide-bruce-lee-early-game

Lawan jungle protector dengan menggunakan skill 1 agar tidak menerima damage.

Bruce Lee merupakan hero yang fleksibel, jadi kamu dapat memilih lane kosong sesuai dengan pilihan hero rekan satu tim-mu. Jika kamu mendapatkan safe lane/lane bawah, kamu dapat segera mendapatkan buff dari jungle protector. Gunakan skill 1 agar tidak menerima banyak damage. Di fase ini, fokuslah melakukan farming untuk mengembangkan barang dan meningkatkan level. Jika lawan satu lane-mu adalah 2 hero ranged, maka kamu akan mengalami sedikit kesulitan melakukan farming. Dalam situasi seperti ini, jangan ragu-ragu untuk menggunakan skill 2 untuk menerjang dan memberi beberapa damage. Namun pastikan kamu memiliki skill 1 untuk digunakan sebagai perisai untuk lari. Selain itu, jangan lupa melakukan farming di jungle di saat-saat memungkinkan. Tetap ingat untuk memakai skill 1 agar tidak menerima banyak damage.

heroes-evolved-guide-bruce-lee-mid-game

Lakukan banyak gank di fase ini

Saat item milikmu sudah mulai terbentuk, mulailah lakukan roaming untuk melakukan gank terhadap musuh. Gank merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan Bruce Lee. Ini disebabkan dalam fase ini Bruce Lee masih dapat melawan hero-hero musuh dengan baik. Oleh karena itu kamu harus memanfaatkan kesempatan ini dan membantu teman satu tim-mu, terutama hero carry, untuk mendapatkan coin agar kamu dapat mengandalkannya di akhir permainan. Gunakan skill 2 untuk menghampiri lawan secara cepat. Jika telah memiliki item Heaven's Hammer, seranganmu berikutnya akan memberikan damage yang signifikan. Gunakan skill Ultimate setelah itu untuk menendang hero ke arah teman agar dapat menyerangnya bersama.

Jika pada tahap memang tidak ada kesempatan untuk melakukan gank, kamu dapat membantu tim-mu dengan melakukan push. Dengan bonus damage dari skill 2 dan item Heaven's Hammer, serangan Bruce Lee dapat membunuh berbagai creep dalam satu wave dengan cepat, ini sangat membantu dalam melakukan pushing. Selain itu, kelincahan dari skill Bruce Lee memudahkannya untuk kabur sehingga tidak perlu khawatir dengan serangan mendadak lawan.

heroes-evolved-guide-bruce-lee-late-game

Berkumpulah dengan teman satu tim saat fase akhir

Fase akhir permainan biasanya dipenuhi oleh pertarungan tim dan saling melakukan push terakhir. Di tahap ini, Bruce Lee harus lebih fokus untuk membantu tim. Perhatikan pergerakkan hero temanmu dan pergilah ke tempat yang mereka butuhkan. Saat ada hero teman yang terkena gank musuh, pergi dan bantuhlah dia. Ingat bahwa skill Ultimate Bruce Lee juga bisa membantu teman saat melarikan diri, dengan menendang hero lawan ke belakang. Saat tim sedang berkumpul dan ingin melakukan push bersama, pastikan Bruce Lee-mu juga siap bersama mereka.

Juga yang tidak kalah penting bagi Bruce Lee di fase ini adalah membuka pertarungan. Pertarungan tim yang terjadi di fase akhir permainan sering menjadi penentu menang kalahnya pertandingan, dan harus dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu, kedua tim cenderung berhati-hati sebelum melakukan pertarungan di fase ini. Bruce Lee memiliki kemampuan untuk memecahkan kebuntuan ini. Di saat yang tepat, Bruce Lee dapat menerjang dan menendang salah satu hero lawan untuk dibunuh terlebih dulu agar memberikan keuntungan. Namun hal ini tidak tanpa resiko, karena jika mengincar hero yang salah, Bruce Lee justru memberikan kesempatan pada lawan untuk mendominasi pertarungan. Karena itu untuk menggunakan Bruce Lee secara lihai memang butuh latihan keras.

Kombinasi Hero

Kuat Melawan
heroes-evolved-aiden Heroes-Evolved-Minerva heroes-evolved-solus Heroes-Evolved-Freya
Aiden Minerva Solus Freya

Secara umum, Bruce Lee aka sangat kuat berhadapan dengan hero tipis dengan mobilitas rendah (meskipun memiliki damage tinggi). Hero-hero yang masuk dalam kategori ini biasanya adalah hero carry ranged. Hero-hero seperti Aiden, Minerva, bahkan Solus dan Freya merupakan mangsa mudah bagi Bruce Lee di fase awal sampai tengah permainan. Meskipun Solus dan Freya memiliki sedikit metode kabur, namun akan sulit sekali untuk lari dari Bruce Lee yang super lincah. Namun tentu saja ada kemungkinan Bruce Lee dikalahkan hero-hero ini saat sudah memasukki tahap akhir permainan dan perkembangan item dan level mereka sudah tinggi.

Hati - Hati terhadap
heroes-evolved-pandora Heroes-Evolved-Lotus Heroes-Evolved-yuki
Pandora Lotus Yuki

Hero-hero yang memiliki banyak skill untuk disable memiliki keunggulan atas Bruce Lee. Pandora, contohnya, yang memiliki 2 skill untuk stun akan dapat mengacaukan gerakan Bruce Lee secara mudah. Begitu pun Lotus, skill Ultimate-nya dapat dengan mudah digunakan saat setelah Bruce Lee melakukan terjangan. Selain itu, disable confuse yang dimiliki Yuki juga dapat menjadi halangan yang menyebalkan untuk Bruce Lee.

Cocok Dengan
Heroes-Evolved-Minos Heroes-Evolved-Estrath Heroes-Evolved-Flavia heroes-evolved-una
Minos Estrath Flavia Una

Bruce Lee paling cocok dengan hero-hero yang memiliki skill damage area. Ini disebabkan skill jenis ini dapat dikombinasikan dengan skill Ultimate Bruce Lee. Bruce Lee dapat menendang lawan ke arah area serangan hero tersebut. Salah satu kombinasi paling baik untuk Bruce Lee adalah dengan Minos dan Estrath. Bruce Lee dapat menggunakan skill Ultimate-nya untuk menendang lawan agar dapat ditarik Minos dan diserang Estrath. Flavia dan Una juga merupakan pilihan teman yang tepat untuk Bruce Lee karena Bruce Lee dapat menendang lawan ke arah skill Ultimate mereka.

Penutup

heroes-evolved-guide-bruce-lee-penutup

Seperti berlatih bela diri, menguasai Bruce Lee di Heroes Evolved hanya dapat dicapai dengan upaya lebih secara terus-menerus. Pada awalnya mungkin kamu menemukan kelincahan yang dimiliki Bruce Lee sangat sulit untuk dikendalikan. Namun setelah mahir, ini akan dapat kamu gunakan sebagai senjata yang mematikan. Setelah Bruce Lee-mu dapat mendominasi lawan, saat itulah latihan yang kamu lakukan berkali-kali akan terbayar.

See you in matches!

"Knowing is not enough, we must apply. Willing is not enough, we must do."
- Bruce Lee -