Lari, Lompat dan Tembak! Satu Peluru, Setengah Darah!! Cara Terbaik Memainkan Arlequin – Guide Arlequin

heroes-evolved-guide-arlequin-featured

Kamu adalah seorang hero tank. Dengan berani bertarung di barisan depan; menerima damage dari para hero lawan. Hanya setengah darah tersisa, namun kamu puas dengan hasil pertarungan dan segera bergerak balik ke markas. Musuh sudah hampir tak terlihat dan kamu sudah merasa aman… hingga sebuah peluru terlontar ke arahmu dan seketika merenggut nyawamu. Di balik asap dan kabut medan pertempuran, berdiri satu hero yang bisa melakukan ini: Arlequin.

Kalau bicara peran hero di Heroes Evolved, sudah bukan berita baru kalau hero adr (attack, damage, ranged) adalah jenis hero paling populer di Asia. Bagi hero jenis ini, 3 hal yang menjadi pertimbangan penting adalah: jarak serangan, tingkat damage dan mobilitas. Sebagai salah satu hero adr terkuat di Heroes Evolved, Arlequin adalah hero yang memiliki keunggulan di ketiganya.

Di guide ini, Arlequin akan fokus kepada pertarungan dari jarak jauh. Build item yang digunakan menitikberatkan pada peningkatan damage satu tembakan (bukan menembak berkali-kali seperti kebanyakan adr). Dengan gerakan lincah, damage yang tinggi dari jarak yang jauh, Arlequin-mu akan dengan mudah membunuh lawan-lawanmu, bahkan sebelum mereka sempat melihatmu.

Build Skill Arlequin

Lv
1 - 5
heroes-evolved-hero-arlequin-skill1 heroes-evolved-hero-arlequin-skill2 heroes-evolved-hero-arlequin-skill1 hero-arlequin-skill3 hero-arlequin-skill4
Skill 1 Skill 2 Skill 1 Skill 3 Skill 4
Lv
6 - 10
heroes-evolved-hero-arlequin-skill2 heroes-evolved-hero-arlequin-skill2 hero-arlequin-skill3 heroes-evolved-hero-arlequin-skill2 hero-arlequin-skill4
Skill 2 Skill 2 Skill 3 Skill 2 Skill 4
Lv
11 - 15
hero-arlequin-skill4 hero-arlequin-skill3 hero-arlequin-skill4 heroes-evolved-hero-arlequin-skill1 heroes-evolved-hero-arlequin-skill1
Skill 4 Skill 3 Skill 4 Skill 1 Skill 1

Mengikuti build item di guide ini, Arlequin sangat bertumpu pada skill 2 dan 4 miliknya. Oleh sebab itu, skill 2 dan 4 menjadi prioritas dibandingkan skill 1. Pengurangan cooldown dari skill 2 yang terutama sangat penting untuk menjalankan gaya main yang sesuai.

Tips Positioning Arlequin

Skill 2 adalah skill yang paling penting milik Arlequin. Untuk memanfaatkan skill ini sebaik mungkin, kamu harus mengetahui cara memposisikan Arlequin-mu secara tepat. Posisi paling baik bagi Arlequin dalam pertarungan tim adalah posisi yang di luar jangkauan serangan musuh. Untuk meraih posisi ini, kamu bisa selalu berada di dekat tembok arah hutan. Dengan begini, kamu bisa menggunakan skill 2 untuk segera keluar dari jangkauan serangan musuh dan langsung menyerang dari belakang tembok.

Seperti pada gambar di bawah ini.

heroes-evolved-guide-arlequin-sideline

Build Item Arlequin

Build item yang Arlequin pada guide ini fokus dalam meningkatkan satu hal: damage serangan Arlequin setelah skill 2 (dan terpengaruh efek skill 4). Ini juga berarti mengurangi cooldown skill 2 agar bisa cepat digunakan.

Sepatu
Boots-2-War-Boots
War Boots
(Sepatu Perang)

Sama seperti hero adr pada umumnya, jenis sepatu yang paling cocok digunakan Arlequin adalah War Boots. Penambahan kecepatan serangan dan damage dari item ini sangatlah penting dari awal hingga akhir permainan menggunakan Arlequin.

Item Inti
Durable-5-Heaven's-Hammer Physical-5-Corrosive-Cleaver Physical-5-Shattering-Spike Physical-5-Ragnorak-Cannon
Heaven's Hammer
(Godam Penghakiman)
Corrosive Cleaver
(Duri Neraka)
Shattering Spike
(Tombak Peluluh Lantak)
Ragnorak Cannon
(Meriam Dewa)

Di guide ini, yang diutamakan adalah serangan Arlequin setelah menggunakan skill 2. Oleh karena itu, item inti yang harus dimiliki adalah jenis-jenis item yang bisa berguna dalam hal ini.

  • Heaven’s Hammer: selain mengurangi cooldown skill 2, item ini juga aktif setiap kali Arlequin menggunakan skill. Ditambah efek pasif skill 4, serangan Arlequin setelah skill 2 akan semakin sakit.
  • Corrosive Cleaver: item ini juga mengurangi cooldown skill Arlequin. Tapi selain itu, pengurangan armor yang diberikan akan berguna sekali, dan bukan hanya bagi Arlequin namun juga bagi seluruh tim.
  • Shattering Spike: item ini membuat efek skill 4 Arlequin menjadi damage pure sehingga lebih mematikan.
  • Ragnorak Cannon: dengan item, jika kamu beruntung, saat setelah menggunakan skill 2, seranganmu akan ditambah efek pasif skill 4, efek item Heaven’s Hammer DAN mendapatkan efek critical.

Tips Membeli Item Inti

Urutan pembelian item inti bergantung pada lawan yang kamu hadapi. Kamu bisa membeli Shattering Spike atau Ragnorak Cannon terlebih dahulu tergantung situasi. Heaven’s Hammer dan Corrosive Cleaver tetap sebaiknya dibeli sebelumnya karena efek pengurangan cooldonwn.

Jika kamu berada dalam situasi sangat unggul dan memiliki banyak Gold, maka kamu bisa membeli item dasar dari semua item inti tanpa harus meng-upgrade-nya hingga maksimal. Karena yang dibutuhkan adalah efeknya, maka item dasar sudah cukup di awal. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas.


Item Situasional
Physical-5-Metronome-Staff Physical-4-Shapeshifter's-Axe
Metronome Staff
(Tongkat Kayu Emas)
Shapeshifter's Axe
(Kapak Pengubah Wujud)

Umumnya, Metronome Staff menjadi pilihan paling cocok bagi Arlequin. Ini memberikan damage yang lebih yang akan sangat berguna untuk skill 4 dan skill Ultimate Arlequin. Apalagi jika lawan memiliki item dengan efek menghindar, maka item ini menjadi sebuah keharusan.

Di sisi lain, jika situasi mengharuskan Arlequin-mu untuk menghancurkan tower dengan cepat, maka mungkin kamu lebih baik membeli Shapeshifter’s Axe. Ilusi dari item ini akan sangat berguna jika ingin melakukan push dengan cepat.

Glyph dan Jewel

Kamu dapat melihat rekomendasi glyph berdasarkan jenis hero di sini.

Glyph dan Jewel Arlequin
Red Glyph Blue Glyph Green Glyph
red-glyphs-major-miser blue-glyphs-major-bounty-hunter green-glyphs-major-back-and-forth
Miser (Major)
Kikir (Besar)
Bounty Hunter (Major)
Pemburu Hadiah (Besar)
Devourer (Major)
Pelahap (Besar)
Red Jewels Blue Jewels Green Jewels
Thievery (Pencurian)
x 9
Mana
x 9
Racer
(Pembalap)
x 9

Arlequin merupakan hero yang dimainkan secara aktif sejak awal permainan. Oleh karena itu, susunan glyph paling cocok adalah susunan glyph untuk hero Early Carry.

Cara Memainkan Arlequin

Early Game – Farm dan Harrass

Di awal permainan, sebaiknya Arlequin lebih banyak menghabiskan waktu di lane-nya dan melakukan farming. Namun, skill milik Arlequin juga sangat cocok digunakan untuk melakukan harassing kepada hero musuh. Kamu dapat menggunakan skill 1 untuk langsung menyicil damage kepada lawan. Skill 2 juga sangat baik karena dapat menambah jarak serangan sehingga Arlequin bisa menembak dari jarak aman. Tapi kamu tetap harus ingat jangan terlalu gegabah saat skill 2 sehingga mudah diserang musuh.

 Mid & Late Game – Memburu Kill

Setelah mendapat level dan item yang sudah memadai, maka tugas utama Arlequin adalah memburu kill dalam pertarungan tim. Saat fase tengah permainan dimana masih banyak anggota tim kamu dan musuh yang tersebar, kamu harus memerhatikan mini-map dan mencari kesempatan melakukan gank. Saat memasuki fase akhir, sebaiknya kamu tetap berada bersama tim dan sebisa mungkin ikut dalam pertarungan tim.

Gaya Main Arlequin

heroes-evolved-guide-arlequin-shoot

Dalam memainkan Arlequin, jarak tembak menjadi hal yang paling penting yang harus kamu perhatikan. Kelebihan Arlequin adalah kemampuannya untuk menembakki lawan dari jarak yang sulit mereka jangkau. Gabungan skill 2 dan skill 4, serta skill Ultimate Arlequin akan sangat mematikan jika kamu menggunkannya secara tepat. Terlebih lagi jika kamu menggunakan build ini.

Dengan build item dalam guide ini, skill 2 Arlequin hanya memiliki cooldown kurang dari 3 detik. Ini berarti kamu akan bisa bergerak secara lincah. Menggunakan skill 2 juga akan mengaktifkan skill 4 dan efek item Heaven’s Hammer, membuat seranganmu setelahya menjadi sakit.

Gaya main Arlequin pada guide ini sangatlah bertumpu pada skill 2 untuk menambah jarak dan damage serangan. Kemudian, saat hero musuh memiliki kurang dari setengah health, segera arahkan skill Ultimate-mu ke hero tersebut dan hancurkan mereka. Jangan gunakan skill Ultimate secara sembarangan karena mana Arlequin sangat dibutuhkan untuk menggunakan skill 2.

Catatan

Perlu kamu ingat bahwa dengan build ini Arlequin tidak dimainkan sebagai hitter biasa (karena serangan biasanya tidak akan sebanding dengan hero adr pada umumnya), namun dengan semua efek dari item dan skill, serangan Arlequin bisa jadi lebih mematikan jika dimainkan secara tepat.

Kesimpulan

Arlequin memang salah satu hero adr terkuat yang ada di Heroes Evolved saat ini. Kekuatannya terletak pada mobilitas bergerak dan jarak tembak yang jauh dari skill 2 miliknya. Dengan mengikuti guide ini, kamu akan bisa memanfaatkan dengan maksimal penggunaan skill 2.  Kamu akan dapat lari, lompat, dan tembak lawanmu, hingga kamu membunuhnya sebelum mereka bsia melihatmu!

See you in matches!

BACA JUGA