Perang Vision! – Cara Menggunakan Ward Yang Baik

warding-map-clear

Menggunakan ward dengan baik adalah salah satu kunci dari memenangkan pertarungan di Heroes Evolved. Tim dengan map vision yang baik dapat menjalankan strategi yang mereka inginkan dengan lebih mudah dibandingkan tim dengan map vision yang buruk, karena tim dengan vision yang baik dapat melihat pergerakan musuhnya sehingga mereka dapat menjalankan tujuannya dengan aman.

Guide ini akan menjelaskan bagaimana caranya agar kamu dapat menggunakan ward dengan baik dan efektif, sehingga kamu dapat memenangkan pertarungan dengan lebih mudah!

Dasar -Dasar Warding

Setiap pemain akan medapatkan sebuah Observer Ward di awal permainan. Observer ward ini dpat kamu tempatkan di mana saja dan akan memberikan vision di sekitar tempat kamu menanamnya. Menanam observer ward dapat kamu lakukan dengan cara menekan tombol 'Observe' yang ada di bagian bawah layarmu.

Setelah ditanam, Observer ward akan bertahan selama 60 detik dan Observe akan memasuki masa cooldown selama 75 detik sebelum kamu dapat menggunakannya kembali.

Kamu juga dapat meng-upgrade Observer Ward milikmu menjadi Detection Gem dan True Sight Gem di shop. Detection Gem dan True Sight Gem membuatmu dapat melihat unit yang tembus pandang seperti hero musuh yang memiliki skill tembus pandang (seperti Wolfram dan Diana) serta ward milik tim musuh.

Untuk menggunakan Detection Gem dan True Sight Gem kamu harus membuka inventory kamu (lewat menu shop), memilih item gem tersebut pada item slot kamu dan kemudian pilih fungsi mana yang kamu inginkan seperti yang dapat kamu lihat pada gambar diatas.

Detection Gem dapat kamu taruh di tanah dan akan memberikan true sight pada area di sekitarnya selama beberapa detik. Taruh Detection Gem di area yang kira - kira terdapat ward musuh.

Sedangkan True Sight Gem akan memberikan true sight di area sekitar hero-mu selama beberapa detik. Dengan item ini, kamu dapat melihat unit tembus pandang di sekitar hero-mu.

Perlu diingat bahwa Detection Gem dan True Sight Gem berbagi cooldown dengan Observer Ward. Maka, rencanakan penggunaan kedua item ini secara hati - hati.

Selain itu, kedua item ini menggunakan slot item kamu (tidak seperti Observer Ward). Sehingga belilah item ini hanya pada hero support yang tidak memerlukan item sebanyak hero lainnya.

Kamu dapat melihat stat lengkap dari Observer Ward, Detection Gem, dan True Sight Gem disini

Strategi Penempatan Ward - Laning

Middle Lane

Tempatkan wardmu seperti gambar diatas agar kamu dapat melihat posisi hero musuh ketika mereka berada diluar jangkauan vision-mu. Selain dapat mengantisipasi pergerakan musuh, kamu juga dapat menembakkan skill-mu ke arah musuh yang biasanya dalam posisi tak terlihat. Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat hero musuh yang akan teleport ke arah tower mid ataupun datang dari jungle musuh.

Posisi lain yang memungkinkan adalah di tengah sungai sehingga kamu dapat melihat jika ada hero musuh yang akan melakukan gank dari arah kanan dan kiri.

Top Lane

Posisi ward ini sangat bagus karena kamu dapat melihat pergerakan musuh ketika mereka akan mengambil buff sehingga kamu dapat melakukan gank dan membunuh musuh atau mencuri buff yang akan mereka ambil.

Tidak hanya itu, dengan ward ini kamu juga dapat melihat musuh yang akan melakukan gank kepadamu dari arah sungai.

Satu lagi posisi yang bagus untuk menaruh ward di top lane. Dengan ward ini kamu dapat melihat pergerakan musuh di sekitar tower serta antisipasi gank dari arah jungle musuh, serta teleportasi ke arah tower musuh.

Bottom Lane

Posisi ward ini memungkinkan kamu untuk mengantisipasi gank musuh ke arah lane ataupun ketika kamu akan mengambil buff dan menghabisi jungle creep.

Kamu juga dapat melihat rotasi hero musuh yang akan melakukan gank ke arah lane lain ataupun musuh yang akan melakukan gank dari arah jungle kamu.

Sedangkan dengan ward pada posisi ini, kamu dapat melihat hero musuh yang akan teleport ke tower serta pergerakan musuh di sekitar ujung sungai. Antisipasi seluruh pergerakan tersebut untuk fase laning yang aman!

Strategi Penempatan Ward - Mid Game

Ward di Lane

Ketika tahap laning selesai dan tim-mu mulai menghancurkan tower dan mulai melakukan push, jangan lupa taruh ward di sekitar lane. Ward ini contohnya, akan sangat membantu melihat jika ada hero musuh yang akan melakukan gank terhadapmu ketika kamu sedang pushing.

 

Ward Area Zakar dan Dragon

Menaruh ward di sekitar atau didalam sarang Zakar dan Dragon adalah ide yang bagus. Kamu dapat melihat area sungai sekitar Zakar dan Dragon sehingga kamu dapat tahu kapan momen yang tepat untuk menyerang Zakar dan Dragon, serta pergerakan musuh di sekitar area tersebut.

Menaruh ward didalam sarang Zakar dan Dragon juga memungkinkan tim kamu untuk mengetahui apabila tim musuh sedang menyerang Zakar atau Dragon.

Jika tim-mu sedang menyerang Zakar atau Dragon jangan lupa untuk menaruh ward di belakan dan di seberang sarang mereka untuk mengantisipasi apabila musuh akan menyerang tim-mu.

Strategi Penempatan Ward - Late Game

Posisi Menang

Dalam posisi menang, kamu dapat menaruh ward di sekitar tower musuh. Posisi ward ini memudahkan tim-mu untuk mengetahui berapa hero musuh yang sedang melindungi towernya. Selain itu, ward ini juga memungkinkan hero - hero mage di tim-mu untuk menyerang musuh di belakang tower dengan skill jarak jauh.

 

Posisi Tertinggal

Dalam posisi tertinggal, tentu tim-mu akan banyak menghabiskan waktu untuk menghabisi rombongan minion musuh di masing - masing lane. Situasi ini membuat hero - hero di tim-mu amat rentan terhadap gank. Oleh karena itu, menaruh ward di sekitar jungle-mu yang berada dekat tower terakhir akan sangat berguna untuk melihat pergerakan gank musuh.

Jika tower lapis terakhir-mu sudah dihancurkan, pertimbangkanlah untuk menaruh ward di tempat tower tadi pernah berdiri. Penempatan ini sangat berguna untuk memberikan vision diluar markasmu.

Tips dan Trik Warding

Setelah memahami strategi - strategi warding diatas, kamu akan dapat mulai melakukan warding dengan baik. Sebagai tambahan, berikut adalah tips dan trik yang dapat kamu lakukan agar warding-mu lebih efektif:

  • Komunikasikan kepada tim-mu kapan dan dimana kamu akan menaruh ward. Pastikan kamu dan teman setim-mu tidak menaruh 2 ward di posisi yang sama
  • Kenali tempat kamu menaruh ward. Ada kalanya ketika ward-mu tidak memberikan vision yang kamu inginkan akibat terhalang tembok.
  • Jika menaruh ward di dekat tower, pastikan agar ward-mu tidak berada dalam jangkauan tower. Jika ward-mu berada dalam jangkauan tower, hero musuh dapat melihat ward-mu dan menghancurkannya.
  • Perhatikan cooldown dan sisa durasi ward. Ada jeda 15 detik antara habisnya durasi ward-mu hingga kamu dapat menaruh ward atau menggunakan gem lagi. Optimalkan waktu penempatan ward-mu dengan penempatan ward teman setim-mu agar tim-mu selalu memiliki vision di map.
  • Durasi penggunaan gem sangat singkat dengan cooldown yang panjang. Pastikan kamu yakin akan menemukan ward musuh ketika kamu menggunakan gem. Ingatlah di area mana musuh dengan mudah melakukan gank kepadamu atau teman setim-mu. Ada kemungkinan besar musuh menaruh ward di area itu.

Jangan lupa untuk terus membiasakan diri untuk menggunakan ward dan melatih cara menempatkannya dengan baik. Terus bermain dan jangan lupa untuk menikmati permainanmu!