Guide Memainkan Hero Carry di Heroes Evolved

GCUBE heroes-evolved-tips-memainkan-carry-di-heroes-evolved

Pendahuluan

Peran carry merupakan peran yang paling diperebutkan oleh para pemain MOBA karena inilah peran yang dianggap paling sanggup untuk membawa tim-nya menang.

Sayangnya, masih banyak yang belum terlalu paham cara memainkan hero carry dengan baik dan efisien. Hal ini mengakibatkan hero carry menjadi beban bagi tim, karena hero carry yang dimainkan dengan salah akan terasa jauh lebih lemah dibandingkan peran lainnya.

Guide ini akan membantu kalian untuk lebih mendalami cara bermain Heroes Evolved dengan menulusuri cara bermain hero-hero carry di Heroes Evolved dengan baik. Jika kamu adalah orang yang suka memakai jenis hero ini dan ingin meningkatkan performamu lebih tinggi lagi, maka kamu akan menemukan jawabannya di guide ini!

Memahami Hero Carry

Heroes-Evolved-Carry-Items
Item - item penambah damage serangan biasa adalah sumber kekuatan utama hero carry.

Hero carry adalah hero yang sangat bergantung pada item yang ia miliki. Hero carry akan bertumbuh jauh lebih kuat dengan semakin banyaknya item yang ia miliki jika dibandingkan dengan hero peran lainya. Hal ini disebabkan karena biasanya hero carry tidak memiliki utilitas tambahan diluar kemampuan memberikan damage yang tinggi (biasanya melalui autoattack).

Berbeda dengan hero peran tank atau support misalnya. Hero - hero tank dan support biasanya memiliki banyak kegunaan yang menguntungkan tim-nya seperti skill - skill yang dapat memperkuat hero teman maupun skill - skill yang dapat melemahkan hero musuh.

Keunggulan tersebut sangat berbeda dengan hero carry. Hero carry biasanya hanya memiliki skill - skill penambah damage dan penutup jarak (walaupun ada beberapa hero carry yang dapat memberikan efek slow atau stun, walaupun tak sebaik hero support dan tank). Hal inilah yang mengakibatkan kenapa hero carry akan sangat efektif jika sudah memiliki item yang tepat untuk mereka dibandingkan hero peran lain.

Ambil contohnya Pyrrhus dan bandingkan dengan Lunaria. Keduanya merupakan hero ranged dengan atribut Intelligence dan memiliki base damage yang hampir sama  (rata - rata base damage Pyrrhus pada level 1 merupakan 111 sedangkan Lunaria 116). Sekilas nampaknya jika keduanya melakukan serangan biasa pada target yang sama Lunaria akan lebih cepat menghabisi targetnya. Namun, Pyrrhus memiliki skill 4 yang akan memperkuat drastis serangan biasanya dan juga memiliki attack speed yang lebih baik dibanding Lunaria. Hasilnya tentu Pyrrhus adalah hero yang lebih baik dalam melakukan autoattack dan akan lebih kuat jika memiliki item penambah damage dibanding Lunaria.

Dapat disimpulkan jika Pyrrhus adalah hero carry yang lebih baik daripada Lunaria (yang lebih baik dibuild sebagai nuker).

Jenis - Jenis Hero Carry

Menurut Jenis Serangan

Menurut jenis serangannya, hero carry dapat dibagi menjadi melee dan ranged.

Hero - hero carry melee

Hero carry dengan serangan melee biasanya memiliki health atau armor yang cukup baik sehingga dapat bertahan di garis depan dan menyelinap menghabisi hero musuh yang ada di garis belakang. Contoh dari hero carry melee adalah Venom, Ares, Gideon, dan Nightshade.

Hero - hero carry ranged

Sedangkan hero carry ranged cenderung tipis namun serangannya sangat kuat dan dapat menghabisi hero lawan dari jarak yang cukup aman. Contoh dari hero carry ranged adalah Aiden, Vince, Freya, dan Minerva.

 

Menurut Puncak Kekuatan

Ada beberapa hero carry yang mencapai puncak kekuatannya pada tahap mid-game hanya dengan 3 atau 4 item saja, dan ada pula hero carry yang baru mencapai puncak kekuatannya pada tahap late-game setelah memiliki 5 sampai 6 item.

Hero carry mid-game biasanya akan lebih dibandingkan hero carry lainnya pada tahap late-game namun dapat menyelesaikan game lebih cepat. Contoh hero - hero carry mid-game adalah Freya, Pyrrhus, dan Ares.

Sedangkan hero carry late-game harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk farm item hingga mid-game. Namun, pada saat late-game, damage yang dapat mereka berikan tidak tertandingi oleh hero lainnya. Contoh hero - hero carry late-game adalah Aiden, Vince, Minerva, dan Sun Wukong.

Cara Memainkan Hero Carry

Pentingnya Farm

heroes-evolved-carry-guide-farm
Farming merupakan salah satu kunci dari bermain hero carry. Bermainlah secara aman dan usahakan jangan terjun ke pertarungan sebelum core item-mu selesai. Bandingkan perbedaan pendapatan antara carry yang melakukan farm dengan carry yang sering terjun ke pertarungan pada gambar diatas.

Kesalahan utama yang sering dilakukan pemain hero carry (terutama di rank yang lebih rendah) adalah seringkali pemain carry ingin cepat terjun ke pertarungan. Padahal seperti yang sudah kita ketahui, hero carry tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa item.

Oleh karena itu, pada tahap early game sebisa mungkin hindarilah pertarungan dan fokus pada farming. Sebisa mungkin jangan ikut bertarung hingga kamu paling tidak memiliki 3 core item. Memaksakan diri terjun ke pertarungan tanpa item hanya membuatmu menjadi sasaran empuk bagi mage dan ganker lawan.

 

 Penggunaan Glyph

Glyph Untuk Hero Carry
red-glyphs-major-miser blue-glyphs-major-bounty-hunter green-glyphs-major-back-and-forth green-glyphs-major-devourer
Miser (Major) Bounty Hunter (Major) Back and Forth (Major) Devourer (Major)

Untuk mempermudah proses farming sesuaikanlah glyph yang kamu gunakan sebelum pertandingan dimulai. Kebanyakan hero carry cocok menggunakan glyph Back and Forth (Pulang Pergi) untuk mempermudah pindah ke lokasi yang aman untuk farming. Namun beberapa hero carry yang haus mana dan memiliki mobilitas yang cukup baik (seperti Freya dan Arlequin) dapat juga menggunakan glyph Devourer (Pelahap) untuk menjaga tingkat mana mereka.

Gunakan Juga glyph Miser (Kikir) dan Bunty Hunter (Pemburu Hadiah) untuk slot glyph merah dan biru. Kedua glyph ini akan meningkatkan pendapatanmu dengan drastis.

 

Setelah Mendapatkan Core Item

heroes-evolved-carry-guide-core-item-timing
Targetkan untuk menyelesaikan core item-mu selambatnya pada menit ke-10. Semakin cepat kamu menyelesaikan core item, semakin cepat pula kamu dapat berkontribusi bagi tim.

Selesai mendapatkan core item untuk hero-mu, kamu dapat mulai membantu tim dalam melakukan push maupun teamfight.

Beberapa hero carry sangat andal dalam melakukan push karena skill yang dimiliki bersinergi baik dengan ilusi (Menggunakan item Shapeshifter's Axe) atau memiliki skill yang dapat menghabisi rombongan minion dengan cepat. Contoh hero carry yang bagus dalam melakukan push adalah Nightshade, Venom, Aiden, dan Pengwing.

Sedangkan beberapa hero carry lainnya memiliki skill - skill yang dapat membantu teamfight. Skill - skill seperti damage super tinggi dari tombak Freya, pengurangan armor yang dapat diberikan Gideon, serta kemampuan mengejar dan stun area milik Lu Bu sangat cocok untuk dikerahkan dalam teamfight.

 

Dalam Teamfight

heroes-evolved-carry-guide-teamfight
Posisikan dirimu dengan baik dalam teamfight. Berdirilah pada posisi yang aman dan biarkan hero tank tim-mu yang menerima serangan dari hero musuh.

Ingatlah bahwa hero carry merupakan sumber damage utama tim namun biasanya cendrung memiliki daya tahan yang kurang baik. Berhati - hatilah dalam positioning serta perhatikan terus tingkat health-mu dalam teamfight. Apalagi jika kamu memainkan hero carry ranged. Sebisa mungkin, selalu posisikan dirimu dibelakang hero tank tim kamu dan jangan memulai teamfight bila tim kamu tidak berada disekitarmu. Bahkan dengan 6 item sekalipun, kamu tetap menjadi sasaran yang mudah dibunuh oleh tim lawan.

heroes-evolved-carry-guide-efficiency
Ketika terjadi fight yang tidak menguntungkan seperti yang terlihat di map, ambil objective lain seperti membunuh Dragon.

Kunci bermain carry adalah kesabaran dan kewaspadaan. Jangan paksakan memulai pertarungan yang tidak bisa kamu menangkan dan cari terus kesempatan untuk menghancurkan tower lawan atau mengambil objective lain seperti Dragon dan Zakar. Pastikan kamu selalu melihat pergerakan musuh di map untuk mengetahui area mana yang aman.

Tips dan Trik Memainkan Hero Carry

Setelah mengetahui dasar - dasar memainkan hero carry, berikut beberapa tips dan trik tambahan agar kamu dapat memainkan hero carry dengan lebih baik:

  • Sebisa mungkin mulalilah dari bottom lane yang memberikan akses yang lebih mudah kepada buff. Selain itu, lane ini juga lebih aman dari gank musuh karena musuh harus mengitari jungle towermu untuk melakukan gank.
  • Pilihlah item yang tepat dengan hero-mu. Hero carry adalah hero yang paling bergantung pada item. Kesalahan memilih item dapat menyebabkan hero-mu menjadi jauh lebih tidak efektif daripada seharusnya. Contohnya, Pengwing dan Shapeshifter's Axe. Walaupun Pengwing dapat melakukan push dengan baik, namun kemampuan push-nya berasal dari skill - skillnya tidak akan terbantu oleh Shapeshifter Axe karena ilusi dari item ini tidak dapat menggunakan skill - skill Pengwing.
  • Dalam teamfight, pastikan agar tim-mu unggul. Jangan sampai kamu mati hanya untuk membunuh hero support atau tank lawan. Kamu akan ketinggalan coin dan experience dari hero carry lawan jika kamu bermain seperti ini. Jika kelihatannya tim-mu tidak dapat memenangkan teamfight, lebih baik kamu kabur dan melakukan farming di tempat yang aman.
  • Jangan sampai tim-mu memiliki lebih dari 2 hero carry! Terlalu banyak hero carry mengakibatkan tim-mu berebut farm yang terbatas. Selain itu tim-mu juga akan kekurangan utilitas seperti stun, slow, silence, atau root.
BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published.