Buff Stealing, Cara Nomor Satu Membuat Lawanmu Jengkel di Heroes Evolved

heroes-evolved-tips-buff-stealing-featured-image

Mendapatkan buff dari creep jungle protector merupakan di awal permainan merupakan salah satu taktik dasar dalam bermain Heroes Evolved. Hero yang berhasil mendapatkan buff tentunya akan mendapat keunggulan dari lawan satu lane-nya. Creep jungle protector sendiri terletak di hutan safe lane (lane bawah) sehingga hero di lane ini cenderung lebih mudah untuk memperoleh buff jungle protector. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil bagi hero hard lane (lane atas) untuk mendapat buff area jungle protector lawan. Salah satu teknik paling aman untuk melakukan ini adalah buff stealing (mencuri buff).

Seperti yang dikesankan namanya, buff stealing merupakan aksi dimana hero kita mencuri buff jungle protector dari hero lawan. Ini dilakukan dengan cara bersembunyi dan menunggu lawan menyerang creep jungle protector hingga sekarat, lalu mencuri last hit sehingga hero kitalah yang akan mendapatkan buff. Buff stealing sangatlah menguntungkan jika berhasil dilakukan, karena keunggulan dari buff didapatkan tanpa mengurangi health sedikit pun. Dan lagi, ada kemungkinan lawan akan menjadi kesal dan gegabah yang akan menguntungkanmu lebih jauh.

Langkah-Langkah Buff Stealing

Aksi buff stealing tentunya lebih cocok dilakukan hero-hero yang memiliki serangan jarak jauh. Jika menggunakan hero melee, pastikan hero tersebut memiliki skill serangan jarak jauh (atau setidaknya skill rush/skill menerjang). Akan lebih sulit bagi hero melee untuk melakukan buff stealing dengan serangan biasa. Jika tidak memiliki skill-skill jenis tersebut, strategi lainnya adalah mengajak teman satu lane untuk membantumu.

Berikut rincian langkah-langkah untuk melakukan buff stealing:

  1. Sebelum melakukan buff stealing, pastikan setting mode serangan-mu bukan pilihan yang pertama (akan sulit menarget creep jika menggunakan settingan ini).
    heroes-evolved-tips-buff-stealing-step-1
  2. Ambil skill yang dibutuhkan untuk melakukan buff stealing.
    Jika memungkinkan, beli item penambah damage (seperti Attack Talons) agar memudahkan last hit.
  3. Segera lakukan teleport ke lane atas tanpa membuang waktu.
    Kecepatan sangatlah penting dalam melakukan buff stealing. Lakukan teleport sesegera mungkin tanpa membuang banyak waktu di markas. Jika lawan melakukan teleport lebih dulu dan memasang ward, gerakanmu akan lebih terbatas sehingga mempersulit buff stealing.
  4. Pasang ward di area jungle protector milik lawan.
    heroes-evolved-tips-buff-stealing-step-4
    Pastikan ward memberikan vision yang jelas terhadap posisi creep dan hero musuh yang akan melakukan creeping. Lakukan ini tanpa terdeteksi lawan.
  5. Bersembunyilah di tempat Dragon/Zakar dan tunggu hero lawan mulai menyerang jungle protector.
    heroes-evolved-tips-buff-stealing-step-5
  6. Jika lawan sudah mulai bertarung dengan creep, bergegaslah ke dekatnya (tanpa terdeteksi) dan siapkan skill atau seranganmu.
    heroes-evolved-tips-buff-stealing-step-6
  7. Tunggu hingga creep jungle protector memiliki sisa health yang sangat sedikit dan curi last hit dari lawan.
  8. Kembalilah ke lane, kecuali hero lawan sekarat dan kamu yakin dapat membunuhnya.

Tips dan Trik Buff Stealing

Memang sangat menguntungkan bila dari awal permainan kamu sudah berhasil melakukan buff stealing. Tapi bukan berarti aksi ini adalah tanpa resiko. Tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan buff stealing.

Berikut beberapa tips dan trik dalam melakukan buff stealing agar lebih efektif:

  • Lakukan persiapan sesegera mungkin! - Lakukan teleport dan pemasangan ward langsung setelah game dimulai. Jika lawan terlanjur memasang ward untuk mendeteksi gerakanmu, melakukan buff stealing akan menjadi 10 kali lebih sulit.
  • Perhatikan posisi ward! - Pastikan ward yang kamu pasang di area lawan memberi vision kepada creep dan hero musuh. Vision juga sebaiknya menjangkau tempat jika creep ditarik oleh hero musuh.
  • Waspadalah terhadap spawn time! - Buff stealing bukan hanya dapat dilakukan di awal permainan. Creep jungle protector akan spawn setiap 100 detik sejak kematiannya. Selalu waspada akan waktu spawn creep akan membuatmu lebih mengerti kapan harus melakukan buff stealing.
  • Ketahuilah kapan harus menyerah! - Ingatlah bahwa buff stealing bukan segalanya. Jika situasi memang tidak memungkinkan untuk melakukan buff stealing, segeralah kembali ke lane. Memaksakan melakukan buff stealing di situasi sulit bisa berujung pada first blood untuk musuh.

Cara Mengatasi Buff Stealing

Buff stealing memang merupakan strategi dasar yang baik di Heroes Evolved. Oleh sebab itu, tidak kecil pula kemungkinan lawanmu akan menggunakan taktik ini saat melawanmu. Berikut beberapa langkah dari cara mengatasi buff stealing:

  1. Pasang ward di sungai.
    Ward di sungai akan memberikan vision yang akan memberi keunggulan. Usahakan memasang ward sesegera mungkin. Pastikan ward berada di depan area Zakar/Dragon (bukan di dalam).heroes-evolved-tips-buff-stealing-prevent-1
  2. Perhatikan mini-map untuk tanda-tanda hero lawan yang sedang bersiap-siap melakukan buff stealing.
    Jika semua hero lawan sudah muncul di lane, maka lawan tidak berniat melakukan buff stealing. Jika di lane-mu kekurangan satu hero lawan, kemungkinan besar dia berencana melakukan buff stealing.
  3. Jangan langsung menyerang creep jungle protector! Buatlah lawan menunggu selama mungkin. Ini akan memberikan dia kerugian waktu farming di awal permainan.
    Sembari menunggu, kamu dapat melakukan farming di jungle creep kecil.
    heroes-evolved-tips-buff-stealing-prevent-3
  4. Ketika lawan sudah terlalu lama menunggu dan menyerah, mulailah menyerang jungle protector.
  5. Untuk lebih aman, tariklah jungle protector ke belakang sebelum membunuhnya.
  6. (tambahan) Jika setelah menunggu, hero lawan mencoba membunuh creep jungle protector-mu sendirian, panggilah rekan satu lane untuk melakukan gank.

Buff stealing memang merupakan strategi yang sederhana, namun strategi ini akan cukup efektif terutama jika kamu baru memulai permainan dan tidak berada di rank yang terlalu tinggi. Seakan rank-mu meningkat, melakukan buff stealing akan menjadi lebih sulit. Teruslah berlatih melakukan strategi ini dan kamu akan lebih mengerti berbagai variasi dalam melakukannya!

See you in matches!

BACA JUGA