Berhenti Pick Freya Sekarang! Ini Alasannya Kenapa Freya Hero yang Sangat Overrated!

GCUBE heroes-evolved-freya-overrated-featured

Di minggu keempat bulan Februari 2018, Freya lagi-lagi merebut mahkota hero paling populer di Server Angkor (Asia). Meski sempat digantikan oleh E-stein, dan Minerva, namun nampaknya Freya akan kembali mendominasi peringkat 1 dengan persentase dipilih sebesar 5.1% (lebih 0.5% dari peringkat 2).

heroes-evolved-freya-most-popular

Amat mengherankan melihat ini mengingat jarang sekali Freya dipilih sebagai marksman tim di pertandingan ranked yang high-tier (tingkat tinggi). Meski begitu, Freya tetap populer di kalangan low-tier (rank rendah) dan kemungkinan besar karena alasan yang salah.

Jika kamu adalah salah satu pengguna rutin Freya, maka tulisan ini mudah-mudahan dapat membuka matamu lebar-lebar. Inilah beberapa alasan mengapa Freya sebenarnya tidak begitu kuat, namun sangat overrated!

Mengapa Freya Sangat Populer?

Sebelum membahas alasan mengapa kamu sebaiknya berhenti menggunakan Freya, ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang membuat Freya populer terlebih dahulu. Inilah alasan kenapa Freya sangat populer hingga sekarang dan yang akan membuatmu sadar kalau Freya sangat overrated.

Freya Luar Biasa Kuat Waktu Rilis

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa saat Freya pertama kali dirilis, dia adalah hero yang amat OP (over-powered). Damage dari skill 2-nya benar-benar tidak masuk akal dan tak heran waktu itu Freya langsung melesat dan digunakan banyak orang. Sangat jarang waktu itu menemukan pertandingan tanpa pengguna Freya di dalamnya.

heroes-evolved-freya-new-hero

Pihak developer Heroes Evolved pun mengakui bahwa Freya terlalu kuat sehingga harus melakukan balancing ulang pada skill-skillnya pada patch 18 Oktober lalu. Setelah update, Freya kehilangan kekuatannya dan bahkan menjadi hero yang lemah jika dibandingkan hero ranged lainnya. Sayangnya, entah karena kurang sadar akan update atau mungkin hanya keras kepala saja, banyak pemain yang justru gagal move on dari Freya hingga sekarang.

Ini membawa kita ke alasan nomor 2.

Opini Mayoritas Publik

heroes-evolved-freya-history-match

Sebab banyak yang gagal move on dari Freya, maka masih banyak yang menggunakan hero satu ini. Pemain-pemain ini tentu saja sudah menghabiskan banyak waktu menggunakan Freya, sehingga dapat membantai pemain baru yang belum tahu cara counter Freya (meski sebenarnya amat mudah bagi kebanyakan pengguna Freya). Banyaknya kasus seperti ini akan membuat opini, khususnya bagi para pemain baru bahwa Freya adalah hero ranged paling kuat, meski sebenarnya tidak demikian.

Malas Belajar Hero Baru

heroes-evolved-freya-most-played

Masih membahas para pemain yang sulit move on, banyak dari pengguna Freya telah menghabiskan banyak waktu untuk menguasai hero satu ini. Merasa menguasai Freya, banyak dari mereka justru malas mempelajari hero ranged lainnya dan terus menggunakan Freya dalam pertandingan.

Kamu harus sadar bahwa menguasai Freya tidak akan dapat membuatmu menang mudah, apalagi di rank-rank tinggi. Luangkanlah waktu untuk mempelajari hero ranged lainnya, karena sejujurnya banyak hero ranged lainnya yang lebih mematikan daripada Freya (contohnya Arlequin). Mempelajari hero-hero ranged ini banyak membantumu memenangkan pertandingan di tingkat rank yang tinggi.

Mengapa Harus Berhenti Menggunakan Freya?

Alasan-alasan di atas tidak terdengar begitu bagus, bukan?

Jika setelah membaca alasan di atas dan kamu masih tidak berpikir bahwa Freya overrated, maka berikut poin-poin tambahan untuk meyakinkanmu untuk berhenti menggunakan Freya.

Sekali lagi, Freya sudah di-NERF

Memang sudah disebutkan di atas, namun ini adalah poin yang sangat penting yang diabaikan banyak orang. Balancing skill 18 Oktober lalu benar-benar memperlemah Freya. Ayo kita bahas rinciannya!

heroes-evolved-freya-nerf-note

Skill yang membuat Freya sangat sakit adalah skill 2-nya yang dapat dilempar dari jarak yang sangat jauh. Namun setelah update, damage maksimum skill 2 pada level tertinggi diubah dari 540 menjadi 400. Penurunan damage yang dialami hampir mencapai 25%. Mana yang dibutuhkan juga meningkat per level dan Freya adalah hero yang amat minim mana. Tidak hanya itu, cooldown dari skill juga ditambah menjadi 6 detik.

Dan bukan hanya skill 2 yang diubah. Jika kalian baca gambar di atas, skill 1 dan 4 juga mengalami perubahan yang melemahkan Freya sebagai hero. Jadi, skill mana lagi yang membuat Freya kuat?

Sangat Mudah Di-counter

heroes-evolved-freya-killed

Pada dasarnya, Freya adalah hero yang sangat mudah di-counter. Freya memiliki health yang tipis dan tidak memiliki skill mobilitas untuk kabur dari lawan. Jarak serangan Freya juga tidak terlalu jauh (tidak seperti Aiden, Vince atau Arlequin) membuatnya sulit menembak dari tempat aman. Atas dasar ini, Freya adalah hero yang amat rentan dibunuh baik oleh hero Assassin dengan mobilitas tinggi (Mikio, Estrath, Lu Bu, dll.) maupun oleh mage yang dapat menyerang dari jarak jauh (Cleopatra, Lunaria, Arborus).

Kesimpulan

Sebenarnya, Freya sendiri bukanlah hero yang sangat lemah dan tidak berguna di Heroes Evolved. Namun, popularitas yang dimiliki Freya saat ini jika dibandingkan dengan kekuatannya amatlah tidak sebanding, membuatnya menjadi hero yang overrated.

Sebagai kesimpulan, berikut 3 tips yang sebaiknya diingat bagi kamu para pemain Freya:

Freya adalah hero situasional

Berdasarkan set skill yang dimilikinya, Freya adalah hero yang cocok untuk melawan hero-hero tank. Skill 2 dan skill 4 miliknya sangat cocok untuk mengurus hero tank yang sulit dibunuh rekan tim lainnya. Freya dapat menggunakan skill 2 dan menyerang dari kejauhan, serta menggunakan Ultimate-nya saat diincar tank lawan.

Jangan langsung pick Freya

Ini adalah kebiasaan yang harus dihindari. Sebelum memilih Freya, pastikan dulu tim kamu memiliki susunan yang cocok bagi Freya. Freya di tim yang kekurangan tank akan menjadi tak berguna. Selain itu, hero untuk counter Freya juga sangatlah banyak dan mudah di-pick lawan, terutama jika kamu buru-buru memilih Freya.

Telusuri build dan cara bermain Freya

Jangan terpaku pada cara bermain dan build yang sudah kamu ketahui. Terus telusuri cara bermain dan build yang baru yang dapat digunakan Freya. Selain itu, kamu juga harus mengikuti update-update Heroes Evolved terutama saat terjadi balancing hero. Informasi ini akan sangat berguna dalam menentukan build baru yang dapat dicoba, bukan hanya bagi Freya, namun seluruh hero yang ada.

Kamu juga bisa mengikuti berita update terbaru Heroes Evolved di GCube.

Itulah mengapa Freya kami anggap sebagai hero yang overrated di Heroes Evolved. Apakah kamu masih sering menggunakan Freya? Bagaimana menurutmu? Beritahu kami pendapatmu di kolom komentar di bawah ini!

BACA JUGA