Arlequin Kamu Payah? Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemain Arlequin Pemula!

heroes-evolved-tips-arle-common-mistakes-featured

Pernah bertemu Arlequin lawan yang super jago? Belum sempat melakukan apapun, sudah ditembakki sampai mati dari jauh. Health masih setengah, tiba-tiba langsung mati kena Ultimate nyasar Arlequin. Giliran kamu gantian menggunakan dia di match selanjutnya, damagemu malah sama sekali gak sebanding. Jika begini, kemungkinan besar kamu bermain Arlequin dengan cara yang salah.

Arlequin memang tak diragukan lagi adalah salah satu hero adr yang paling hebat di seluruh Heroes Evolved. Jarak serangan jauh, cooldown rendah, mobilitas tinggi dan damage yang sakit; semua hal ini buat Arlequin cukup kuat bahkan dari fase awal permainan. Tapi di balik semua ini, Arlequin punya gaya bermain yang tidak biasa dibanding hero adr mainstream seperti Minerva, Solus atau Diana.

Banyak pemain baru Arlequin yang merasa hero ini  bisa dimainkan layaknya hero adr lainnya. Untuk itu, kami telah menyiapkan 5 kesalahan umum yang sering dilakukan pemain Arlequin. Apa kamu melakukan salah satunya?

Spam Skill Ultimate

Skill Ultimate Arlequin memiliki 3 charge dan cooldown 0.5 detik pada level maksimum. Ini berarti Arlequin bisa menggunakan skill Ultimate 3 kali secara beruntun dalam watu yang amat singkat. Banyak pemain Arlequin yang tergiur melihat kemampuan ini sehingga sering sekali menggunakan skill Ultimate untuk menyicil damage sebelum pertarungan tim dimulai. Sebenarnya, sembarang menggunakan skill Ultimate dari Arlequin adalah kesalahan besar. Dan inilah alasannya.

Seperti hero adr pada umumnya, Arlequin juga memiliki cadangan mana yang terbatas. Menggunakan skill Ultimate secara sembarangan akan membuang mana Arlequin secara percuma. Jika kamu sering melakukan ini, kamu akan kesulitan ketika Arlequin-mu diincar hero musuh dan kamu kehabisan mana untuk kabur dengan skill 2.

Selain menghabiskan mana, sebenarnya ada alasan lain yang lebih penting mengapa kamu sebaiknya tidak menembakkan skill Ultimate Arlequin terlalu cepat (sebelum pertarungan dimulai). Banyak pemain yang tidak menyadari bahwa damage skill Ultimate Arlequin memiliki damage 325 (pada level maksimum) ditambah 2% damage Arlequin SETIAP 3% health hero musuh yang hilang.

Ini berarti, semakin sekarat lawan yang terkena skill ini, semakin besar damage yang diberikan. Tentunya sembarangan menembakkan Ultimate ke hero musuh dengan health yang masih penuh tidak akan memebrikan damage optimal dari skill Arlequin satu ini. Di sisi lain, jika damage-mu sudah tinggi, menembak hero tank dengan setengah darah bisa LANGSUNG membunuhnya seketika.

Tidak Meningkatkan Skill 2

Melompat dan menambah jarak serangan berikutnya. Skill 2 adalah skill paling penting yang membuat Arlequin menjadi salah satu adr paling menyebalkan di Heroes Evolved. Skill ini  sangat cocok digunakan untuk menyerang ataupun bertahan; sangat serba guna dan penting sekali ditingkatkan agar Arlequin mencapai potensinya yang maksimal.

Namun, sayangnya banyak pemain Arlequin yang mengesampingkan skill ini dan malah meningkatkan skill lain terlebih dahulu. Jika dibaca sekilas, peningkatan level skill 2 semata-mata hanya mengurangi cooldown 1 detik setiap levelnya. Ini menyebabkan banyak pemain memilih meningkatkan skill 1 yang meningkatkan damage sekaligus mengurangi cooldown. Tapi percayalah, bahwa perbedaan 1 detik cooldown skill 2 Arlequin-mu akan seringkali jadi perbedaan antara hidup dan mati.

Skill 1 memang akan jadi sangat menyebalkan jika ditingkatkan di awal permainan. Meskipun begitu, bertahan hidup tetap menjadi prioritas bagi Arlequin. Apalagi jika mengikuti gaya bermain Arlequin dari guide kami, kamu sebaiknya meningkatkan skill 2 dan skill 4 sebelum skill 1.

Gegabah Menggunakan Skill 2

Meski sudah meningkatkan skill 2 hingga penuh, kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan beranggapan karena skill 2 memiliki cooldown yang rendah, kamu bisa menggunakannya sesuka hati. Kesalahan paling fatal dalam menggunakan skill 2 adalah melompat ke barisan depan saat pertarungan baru saja dimulai.

Dengan melompat ke depan, kamu akan membuat Arlequin-mu mudah diserang.Jika tim hero lawan memiliki disabler (Burninator, Estrath), kamu sudah pasti langsung diincar. Oleh karena itu, jangan pernah gunakan skill 2 untuk melompat ke depan kecuali lawan sudah kewalahan dan mulai kabur.

Cara paling baik menggunakan skill 2 adalah melompat ke samping jika tidak sedang dikejar. Ini akan memperluas jarak tembakmu dan mengaktifkan skill 4. Jika sudah mulai dikejar, gunakan skill 2 untuk kembali menambah jarak. Jika digunakan dengan tepat, Arlequin akan jadi hero yang sulit sekali mati. Poin berikutnya juga menjadi pertimbangan dalam menggunakan skill 2 Arlequin.

Mengambil Posisi yang Buruk

Kalau yang ini, bukan hanya berlaku pada Arlequin, namun juga berlaku untuk semua hero adr yang ada. Mengambil posisi yang baik adalah salah satu dasar dalam memainkan hero jenis ini. Untuk Arlequin sendiri, posisi yang baik menjadi hal yang penting untuk memaksimalkan pergerakan skill 2.

Tentu saja, Arlequin harus mengambil posisi di barisan belakang dalam pertarungan tim. Kamu harus berada dalam posisi di luar jangkauan serangan lawan, namun tetap berada di dalam jarak menembak Arlequin. Ini menjadi tidak sulit karena jarak tembak Arlequin bisa diperluas jika secara terus menerus menggunakan skill 2.

Namun selain berada di belakang, ada juga posisi yang sangat baik diambil Arlequin. Posisi itu adalah di dekat dinding yang menuju area lain (dari lane ke hutan atau sebaliknya). Dalam pertempuran tim, Arlequin-mu sebaiknya menembak dari posisi atau setidaknya berada di dekatnya. Ini untuk mengantisipasi kondisi saat lawan mengincarmu (khususnya Electros, Mulan). Dengan berada di posisi ini, kamu bisa langsung melompati dinding dengan skill 2, membuat kabur dari situasi ini jauh lebih mudah.

heroes-evolved-guide-arlequin-sideline

Bermain Sendirian dan Farming Selamanya

Sebab jarak menyerangnya yang jauh, Arlequin adalah hero yang cenderung sulit untuk dibunuh dalam pertempuran. Oleh sebab itu, Arlequin adalah hero yang cocok untuk selalu terlibat dalam pertempuran. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari kelebihan hero ini dan memainkannya seperti hero adr lain pada umumnya dengan melalukan farming tanpa memperdulikan keadaan tim demi membangun item.

Item memanglah hal yang penting bagi hero jenis adr, tidak terkecuali Arlequin. Namun, Arlequin bukanlah hero yang cocok untuk membentuk item dengan cara mengasingkan diri. Gold Arlequin-mu seharusnya berasal dari kill dan assist yang kamu dapatkan sepanjang permainan (dari fase awal) dibantu dengan bantuan Glyph Biru Bounty Hunter. Farming sendirian sampai akhir permainan hanya akan merugikanmu dan tim-mu.

Itu dia 5 kesalahan umum yang sering dibuat pemain Arlequin pemula. Berhenti lakukan kesalahan-kesalahan ini, dan kamu akan mulai merasakan kekuatan hero adr terkuat yang ada di Heroes Evolved. Tentu saja, yang paling penting tetaplah: latihan dan latihan!

See you in matches!